Teguh Wardoyo (diplomat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Teguh Wardoyo
KebangsaanIndonesia
PekerjaanDuta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Kerajaan Yordania Hasyimiah merangkap Negara Palestina

Teguh Wardoyo dikenal sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk kerajaan Yordania Hasyimiah merangkap otoritas nasional Palestina yang berkedudukan di Amman. Beliau dilantik pada tanggal 14 November 2012 oleh Presiden Republik Indonesia pada saat itu, Susilo Bambang Yudoyono.[1] Sebelumnya ia menjabat Konsul Jenderal Republik Indonesia Hong Kong dan Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Perusakan Mobil di Kalandia[sunting | sunting sumber]

Teguh sempat mengalami kejadian yang hampir merenggut nyawanya, tepatnya di Daerah Kalandia yang merupakan sebuah desa di Tepi Barat, Palestina, terletak antara Palestina dan Yerusalem. Tepatnya di sebelah barat kota perbatasan Yerusalem. Di sana terdapat pos pemeriksaan perbatasan. Kawasan itu merupakan daerah C, atau daerah tanpa kekuasaan Otoritas Palestina. Dalam perjalanan ke Ramallah, Teguh didampingi staf dari Kedutaan Besar republik Indonesia Amman dan pejabat Palestina, lengkap dengan sopir dan pengawal dari protokol Palestina. Mereka mengendarai dua mobil dengan lambang negara Palestina. Masalah pertama muncul di perbatasan. Saat akan masuk dari Yordania ke wilayah Tepi Barat, Palestina, rombongan ditahan hampir tiga jam di Allenby Bridge, yang juga dikenal sebagai Jembatan Raja Hussein. Perbatasan antara Yordania dan Palestina yang dikuasai Israel. Ternyata ketika masuk check point di Kalandia, tiba-tiba begitu banyak massa yang berdemonstrasi, Massa berubah beringas ketika melihat kedua mobil yang dikendarai Dubes Teguh bersama rombongan.[2] Beruntung Teguh selamat dari insiden tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jabatan diplomatik
Didahului oleh:
Zainulbahar Noor
Duta Besar Indonesia untuk Yordania
2013–2017
Diteruskan oleh:
Andy Rachmianto