Tarulaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Warna musim gugur di Westonbirt Arboretum, Gloucestershire, Inggris

Tarulaya atau Arboretum ( pl. : arboreta ) adalah koleksi tumbuhan yang secara eksklusif terdiri dari pepohonan dari berbagai spesies. Awalnya sebagian besar dibuat sebagai bagian di taman yang lebih besar atau taman untuk spesimen yang sebagian besar spesies non-lokal, banyak arboreta modern berada di kebun raya sebagai koleksi tanaman berkayu yang hidup dan setidaknya sebagian dimaksudkan untuk studi ilmiah.

Bagian pinetum di RHS Wisley

Tarulaya yang khusus menanam tumbuhan runjung dikenal sebagai pinetum . Tarulaya spesialis lainnya termasuk saliceta ( dedalu ), populeta ( hawar ), dan querceta ( pohon pasang ). Koleksi terkait termasuk fruticetum, dari bahasa Latin frutex, yang berarti semak, lebih sering berupa semak, dan viticetum (dari bahasa Latin vitis, yang berarti pokok anggur, khususnya mengacu pada pokok anggur ). Rumah palem adalah rumah kaca besar untuk palem dan pohon lunak lainnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Firaun Mesir menanam pohon-pohon eksotik dan merawatnya; mereka membawa kayu eboni dari Sudan, serta tusam dan aras dari Suriah. [ <span title="This claim needs references to reliable sources. (March 2020)">kutipan diperlukan</span> ] Ekspedisi Hatshepsut ke Punt kembali membawa tiga puluh satu pohon kemenyan hidup, yang akarnya disimpan dengan hati-hati di keranjang selama perjalanan; ini adalah upaya pertama yang tercatat untuk mentransplantasikan pohon asing. Dilaporkan bahwa Hatshepsut menanam pohon-pohon ini di halaman kompleks kuil kamar mayat Deir el Bahri miliknya.[1]

Marco Polo menggambarkan bagaimana Kubilai Khan mengumpulkan spesimen pohon cemara yang ia kagumi dari sekitar Kekaisaran Mongol pada akhir abad ke-13, dan membawanya dengan gajah ke ibu kota musim dinginnya di Khanbaliq ( Beijing modern), di mana pohon-pohon tersebut ditanam di sebuah taman buatan yang besar. gundukan, "tingginya seratus langkah dan lingkarnya lebih dari satu mil", yang dikenal sebagai "Gundukan Hijau", dengan istana atau paviliun di puncaknya. Tanah gundukan itu juga ditutupi pecahan batu hijau.[2]

Di tarulaya dibudidayakan berbagai macam pohon dan semak . Biasanya masing-masing pohon diberi label untuk identifikasi. Pepohonan juga dapat diatur sedemikian rupa untuk membantu pembelajaran atau pertumbuhannya.

Banyak koleksi pohon yang diklaim sebagai tarulaya modern pertama, dengan istilah ini diterapkan secara retrospektif karena mungkin tidak digunakan secara lisan hingga akhir abad kedelapan belas, atau setelahnya. Mungkin pendukung awal tarulaya yang paling penting di dunia transatlantik berbahasa Inggris adalah tukang kebun dan penulis lanskap yang produktif, John Claudius Loudon (1783–1843) yang melakukan banyak komisi berkebun dan menerbitkan Majalah Gardener, Ensiklopedia Berkebun, dan karya besar lainnya. . Arboretum et Fruticetum Britannicum Loudon, 8 jilid. , (1838) mungkin merupakan karya paling signifikan mengenai subjek ini dalam sejarah Inggris dan mencakup penjelasan tentang semua pohon dan semak yang tahan terhadap iklim Inggris, sejarah internasional budidaya arbori, penilaian terhadap nilai budaya, ekonomi, dan industri dari pohon dan empat volume piring.

Loudon mendesak agar tarulaya nasional dibuat dan menyerukan agar tarulaya dan koleksi sistematis lainnya didirikan di taman umum, taman pribadi, kawasan pedesaan, dan tempat lain. Dia menganggap Derby Arboretum (1840) sebagai komisi berkebun lanskap terpenting di akhir karirnya karena ini menunjukkan manfaat tarulaya publik (untuk lebih jelasnya lihat di bawah). Mengomentari arboretum Hackney Botanic Garden milik keluarga Loddiges yang terkenal, dimulai pada tahun 1816, yang merupakan pembibitan komersial yang kemudian dibuka gratis untuk umum, untuk kepentingan pendidikan, setiap hari Minggu, Loudon menulis: "Tarulaya terlihat lebih baik musim ini daripada sebelumnya. sejak ditanam... Pohon-pohon yang lebih tinggi menderita akibat angin kencang, tapi tidak secara material. Kami berjalan mengitari dua spiral terluar dari gulungan pohon dan semak ini; yaitu dari Acer ke Quercus . Tidak ada pemandangan taman di sekitar London sangat menarik". Denah arboretum Loddiges dimasukkan dalam The Encyclopaedia of Gardening, edisi 1834. Daun dari arboretum Loddiges dan dalam beberapa contoh seluruh pohon, digambar dengan cermat untuk mengilustrasikan buku ensiklopedis Loudon Arboretum et Fruticetum Britannicum yang juga menggabungkan gambar dari kebun raya dan taman awal lainnya di seluruh Inggris .[3]

Salah satu contoh koleksi pohon Eropa awal adalah Trsteno Arboretum, dekat Dubrovnik di Kroasia . Tanggal pendiriannya tidak diketahui, tetapi sudah ada pada tahun 1492, ketika tahun 15 m (49 ft) saluran air bentang untuk mengairi tarulaya dibangun; saluran air ini masih digunakan. Taman ini dibuat oleh keluarga Gučetić/Gozze lokal terkemuka. Ia mengalami dua bencana besar pada tahun 1990an namun dua Pesawat Oriental yang unik dan kuno tetap berdiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gardner, Helen; Kleiner, Fred; Mamiya, Christin J. (2008). Gardner's Art Through the Ages: A Global History. Cengage Learning EMEA. hlm. 67. ISBN 978-0-495-41058-4. 
  2. ^ Marco Polo, Travels, quoted in Robinson, pp. 32-33
  3. ^ Paul A. Elliott, Charles Watkins and Stephen Daniels, The British Arboretum: Trees, Science and Culture in the Nineteenth Century (London; Pickering and Chatto, 2011; Paul A. Elliott, Charles Watkins and Stephen Daniels Eds., 'Cultural and Historical Geographies of the Arboretum', special issue of Garden History (2007) )