Tarsisius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santo Tarsisius
Alexandre Falguière, Tarcisius, Christian martyr, 1868, musée d'Orsay.
Martyr
Wafat Abad ke-3
Dihormati di Gereja Katolik Roma
Tempat ziarah utama San Silvestro di Capite, Roma
Hari peringatan 15 Agustus (Martirologi Roma)
Pelindung putra altar dan penerima komuni pertama

Santo Tarsisius (bahasa Inggris: St. Tarcisius atau Tarsicius; bahasa Italia dan bahasa Spanyol: San Tarsicio atau Tarcisio) adalah seorang martir awal Gereja Kristen yang hidup pada abad ke-3. Sedikit yang diketahui tentang dirinya berasal dari prasasti metrikal oleh Paus Damasus I, yang adalah Paus setidaknya seabad kemudian.

Ia memilih mati di tangan massa daripada memberikan kepada mereka Sakramen Mahakudus yang dibawanya. Sebagaimana Damasus membandingkan dia dengan Santo Stefanus, yang dilempari batu sampai meninggal, hal ini mungkin menjadi cara Tarsisius menemukan ajalnya. Ceritanya diperluas oleh Kardinal Nicholas Wiseman, yang menggambarkan dia sebagai alkolit muda dalam novelnya, Fabiola, or the Church in the Catacombs.

Dia awalnya dimakamkan di katakomba San Callisto, tetapi kini sisa peninggalannya berada di Gereja San Silvestro di Capite di Roma. Hari Pestanya dirayakan pada tanggal 15 Agustus, tetapi, sejak hari itu juga merupakan Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, ia tidak disebutkan dalam Kalender Romawi Umum, tetapi hanya dalam Martirologi Romawi.

Ia merupakan pelindung putra altar dan penerima komuni pertama. Kotamadya Saint-Tharcisius di Quebec, Kanada dinamakan untuk menghormatinya,[1] demikian pula dengan sebuah lonceng seberat 35 kilogram (77 lb) di Stephansdom, Wina, Austria. Beato José Sánchez del Río juga dikenal dengan nama pendek "Tarcisius".

Teks puisi karya Damasus[sunting | sunting sumber]

Sebuah puisi dalam bahasa Latin, diciptakan oleh Damasus, menjadi satu-satunya bukti positif akan adanya Santo Tarsisius ini.

Par meritum, quicumque legis, cognosce duorum,
quis Damasus rector titulos post praemia reddit.
Iudaicus populus Stephanum meliora monentem
perculerat saxis, tulerat qui ex hoste tropaeum,
martyrium primus rapuit levita fidelis.
Tarsicium sanctum Christi sacramenta gerentem
cum male sana manus premeret vulgare profanis,
ipse animam potius voluit dimittere caesus''
prodere quam canibus rabidis caelestia membra.
Damasi Epigrammata, Maximilian Ihm, 1895, n. 14

Terjemahan:[2]

"Ketika sebuah kelompok jahat fanatik melempari diri Tarsisius yang membawa Ekaristi, ingin Sakramen itu tak dicemarkan, anak laki-laki itu lebih suka memberikan nyawanya daripada memberikan Tubuh Kristus kepada para anjing liar."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Saint-Tharcisius (Municipalité de paroisse)" (dalam bahasa French). Commission de toponymie du Québec. Diakses 2012-01-27. 
  2. ^ "SINAKSARION (Kisah Orang Kudus): St. Tarcisius, Sang Akolit (Putera Altar) dan Martir-Anak dari Ekaristi". terangdaritimur.blogspot.com. 2011-5-15. Diakses 2012-8-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]