Tanda shekel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dua cara menulis notasi simbol Shekel: Simbol "₪" di kiri, dan singkatan "ש״ח" di kanan dapat digunakan secara bergantian.

Tanda Shekel () adalah tanda mata uang yang digunakan pada Shekel baru Israel, yang merupakan mata uang resmi Israel.

Shekel baru Israel (1986–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Shekel baru Israel dilambangkan dalam Ibrani: שקל חדש (šéqel ħadáš, IPA: [ˈʃekel χaˈdaʃ], arti harfiah: "Shekel baru") atau dengan akronim: Ibrani: ש״ח ([ʃaχ]). Simbol tersebut diumumkan secara resmi pada 22 September 1985, ketika uang koin dan kertas baru diperkenalkan.[1] Simbol ini dibentuk dengan menggabungkan dua aksara Ibrani yang merupakan bentuk akronim (huruf pertama dari masing-masing dua kata, Ibrani ditulis dari kanan ke kiri): "ש" dan "ח". Terkadang, simbol "₪" (Unicode 20AA) digunakan setelah nomor Ibrani: ש״ח.

Simbol jalan tol dengan tanda Shekel.

Simbol Shekel, seperti tanda dolar ("$"), biasanya ditempatkan di kiri nomor (contoh "₪12,000", bukan "12,000₪"), tetapi karena bahasa Ibrani ditulis dari kanan ke kiri, secara umum tanda mata uang sebenarnya ditulis setelah nomor. Simbol tersebut tidak dipisahkan spasi dari nomor sebelumnya, atau hanya dipisahkan oleh spasi tipis.

Tidak seperti tanda dolar, tanda Shekel baru tidak sering digunakan saat menulis jumlah uang.

Tanda jalan yang mengumumkan gerbang masuk ke jalan-jalan tol Israel, merupakan simbol Shekel dengan latar belakang jalan.

Unicode dan input[sunting | sunting sumber]

Simbol Shekel memiliki Unicode U+20AA new sheqel sign (8362decimal, HTML: ₪). Simbol ini resmi diperkenalkan di Unicode sejak Juni 1993, versi 1.1.0.

Menurut keyboard Ibrani standar (SI 1452), simbol itu harus diketik sebagai AltGr+A (abjad ש muncul di tombol yang sama dalam mode Ibrani biasa). Simbiol ini dapat diketik di Microsoft Windows pada tata letak keyboard Ibrani standar dengan menekan AltGr dan 4 (Shift-4 memunculkan tanda Dolar). Namun, tanda Shekel tidak digambar pada kebanyakan papan ketik yang dijual di Israel dan tanda itu jarang digunakan dalam pengetikan sehari-hari. Pada sistem operasi Ubuntu, simbol itu dapat dimasukkan dengan cara menekan dan menahan tombol Ctrl+Shift+u, dan mengetik titik kode Unicode spasi 20aa. Di Mac OS X, simbol itu dapat diketik dengan menekan tahan Shift+7, saat sistem diatur ke tata letak papan ketik Ibrani.

Shekel Israel lama (1980–1985)[sunting | sunting sumber]

Shekel Israel lama, "", yang beredar pada tahun 1980 sampai 1985, memiliki simbol yang berbeda, yang secara resmi diperkenalkan pada 18 Maret 1980.[2] Simbol itu digambarkan dengan abjad Syin yang berbentuk seperti buaian (yaitu bulat dan terbuka ke atas). Sebelum Shekel lama diperkenalkan pada tahun 1980, tidak ada simbol khusus untuk mata uang Israel. Simbol ini muncul pada cek yang diterbitkan oleh bank-bank Israel antara 1980 dan 1985. Pengutipan harga dalam Shekel baru dimulai secara resmi pada 1 Januari 1986, dan cek Shekel lama yang tidak terpakai harus dicap dengan simbol Shekel baru di atas simbol lama.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Reshumot - Yalkut Pirsumin (Israeli official gazette, collection of miscellaneous announcements), Collection No. 3254, 14 Tishrei 5746, 29 September 1986, p. 430, ISSN 0334-2980 (in Hebrew).
  2. ^ Reshumot - Yalkut Pirsumin (Israeli official gazette, collection of miscellaneous announcements), Collection No. 2619, 27 Nisan 5740, 13 April 1980, p. 1423, ISSN 0334-2980 (in Hebrew).