Dolar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dolar adalah nama mata uang resmi di beberapa negara, tanah jajahan dan daerah lain (lihat daftar di bawah). Biasanya dolar dilambangkan dengan simbol $.

Nama ini berhubungan dengan mata uang bersejarah, Tolar, di Bohemia, Thaler di Jerman, Daalder di Belanda, dan Daler di Swedia dan Denmark. Nama thaler (dari thal, "lembah") semula berasal dari Bahasa Jerman Guldengroschen ("gulden agung", berupa perak tetapi sama nilainya dengan gulden emas) koin dilebur dari perak dari pertambangan kaya di Joachimsthal (Lembah St. Joachim) di Bohemia (selanjutnya merupakan bagian dari Kekaisaran Habsburg). Nama dolar Spanyol dahulu digunakan untuk koin perak Spanyol, peso, koin delapan-sejati, yang beredar dengan luas selama abad ke-18 di koloni Spanyol dalam Dunia Baru. Penggunaan dolar Spanyol dan thaler Maria Theresa sebagai alat tukar sah pada masa awal Amerika Serikat merupakan alasan untuk nama mata uang negara tersebut. Kata dolar dahulu digunakan dalam Bahasa Inggris untuk thaler selama kira-kira 200 tahun sebelum Revolusi Amerika. Dolar Spanyol, atau "keping delapan" sebagaimana mereka disebut, dahulu diedarkan di 13 koloni yang menjadi Amerika Serikat dan merupakan alat tukar sah di Virginia.

Dolar juga digunakan di Skotlandia selama abad ke-17, dan ada tuntutan bahwa dolar diciptakan di Universitas St Andrews.

Lambang Dolar[sunting | sunting sumber]

Evolusi lambang dolar modern.

Cikal bakal simbol "$" telah banyak dicatat. Mungkin penjelasan yang paling dikenal, menurut U.S. Bureau of Engraving and Printing (Biro Pahatan dan Cetakan AS), adalah bahwa itu merupakan hasil dari evolusi Bahasa Meksiko atau Spanyol "Ps" untuk peso, atau piastres, atau keping delapan (juga ada teori terpisah bahwa lambang dolar bercabang dari angka 8). Teori ini, bercabang dari pembelajaran naskah kuno, menjelaskan bahwa "S" mengambang lambat laun menjadi dituliskan di atas "P," mengembangkan ekivalen di bagian atas seperti tanda berbeda "$". Selanjutnya, torehan menurun di tengah pada tempatnya di huruf "P" menjadi hanya satu-satunya yang penting dalam bentuk penulisannya. Lambang ini telah banyak digunakan sebelum pengadopsian dolar Amerika Serikat tahun 1785.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]