Tan Kah Kee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tan Kah Kee
Patung Tan Kah Kee di Universitas Xiamen, Fujian, Tiongkok.
Nama asalHanzi sederhana: 陈嘉庚; Hanzi tradisional: 陳嘉庚; Pinyin: Chén Jiāgēng; Jyutping: Can4 Gaa1-gang1; Pe̍h-ōe-jī: Tân Kah-kiⁿ
Lahir(1874-10-21)21 Oktober 1874
Jimei, Kaunti Tong'an, Xiamen, Fujian, Kekaisaran Qing
Meninggal12 Agustus 1961(1961-08-12) (umur 86)
Beijing, Tiongkok
Nama lainChen Jiageng
PekerjaanPengusaha
Dikenal atas
  • Dermawan
  • Pendiri berbagai sekolah di Tiongkok dan Asia Tenggara
  • Penggalang dana untuk mendukung Tiongkok pada peristiwa penting pada abad ke-20
Suami/istri4
Anak17
Orang tuaTan Kee Peck (ayah)
KerabatTan Keng Hian (adik laki-laki)
Lee Kong Chian (menantu)
Tan Kah Kee
Hanzi tradisional: 陳嘉庚
Hanzi sederhana: 陈嘉庚
Min Nan POJ: Tân Kah-kiⁿ

Tan Kah Kee (21 Oktober 1874 – 12 Agustus 1961), juga dikenal sebagai Chen Jiageng, adalah seorang pengusaha, pemimpin komunitas, dan dermawan Tionghoa yang aktif di Asia Tenggara, Hong Kong, dan kota-kota Tiongkok lainnya, seperti Shanghai, Xiamen, dan Guangzhou. Tan adalah seorang figur yang menonjol dalam komunitas Tionghoa perantauan di Asia Tenggara pada abad ke-20. Dia bertanggung jawab dalam menggalang berbagai dukungan komunitas untuk membantu Tiongkok dalam peristiwa-peristiwa penting, seperti Revolusi Xinhai (1911), Ekspedisi Utara (1926–28), dan Perang Tiongkok-Jepang Kedua (1937–45). Selain menyumbang sebagian besar aset dan pendapatannya untuk mendukung Tiongkok dalam peristiwa-peristiwa tersebut, Tan mendirikan dana di Asia Tenggara dan Hong Hong, dan juga berkontribusi dalam pendiran berbagai sekolah di Asia Tenggara dan Fujian (termasuk Universitas Xiamen).

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Tan Kah Kee lahir di Xiamen, Provinsi Fujian pada 1874, pada masa Dinasti Qing. Pada 1890, ketika berusia 16 tahun, dia pindah ke Singapura di bawah pemerintahan Negeri-Negeri Selat untuk membantu ayahnya, yang memiliki usaha dagang beras di sana. Pada 1903, ketika usaha ayahnya bangkrut, Tan memulai perusahaannya sendiri dan membangun sebuah perusahaan konglomerat. Perusahannya mencakup perkebunan karet, manufaktur, penggergajian, pengalengan, perumahan, broker impor dan ekspor, transportasi laut, dan perdagangan beras.

Tan memiliki peran penting di antara 110 pendiri Sekolah Tao Nan di Singapura.[1] Pada tahun 1918, dia mendirikan Univestitas Jimei di Xiamen; dan selanjutnya pada tahun 1919, dia mendirikan Sekolah Tinggi Tionghoa di Singapura, yang sekarang menjadi Institusi Hwa Chong. Pada tahun 1921, dia mendirikan Universitas Xiamen dan memberi dukungan finansial sampai Pemerintahan Nasionalis Republik Tiongkok mengabil alih pada tahun 1937. Tan juga berperan penting dalam menyumbang dana untuk mendirkan Sekolah Menengah Anglo-Tionghoa di Cairnhill pada tahun 1928.[2]

Pada tahun 1920, Tan mengatur pernikahan antara anak perempuannya, Tan Ai Leh dengan Lee Kong Chian, anak didiknya yang kemudian menjadi seorang pengusaha dan dermawan terkenal.


Warisan[sunting | sunting sumber]

Berbagai tempat dan organisasi di Tiongkok dan Asia Tenggara dinamai atau dibangun untuk mengenang kontribusi Tan selama hidupnya. Tempat dan organisasi tersebut termasuk Museum Memorial Tan Kah Kee di Jimei; Tan Kah Kee Foundation yang membagikan beasiswa pascasarjana; stasiun MRT Tan Kah Kee di Jalur Pusat Kota Singapura.

Wisma-wisma di Sekolah Anglo-Tionghoa juga diberikan namanya untuk Tan.

Asteroid 2963 Chen Jiageng dinamai untuk Tan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brief history of Nan Chiau Diarsipkan 8 December 2015 di Wayback Machine., The Herencia, Retrieved 12 December 2015
  2. ^ Tan Kah Kee House (TKK), Anglo-Chinese School (Independent), url=https://www.acsindep.moe.edu.sg/student-development/houses/tkk-house/

Referensi umum[sunting | sunting sumber]

  • Jiageng Chen; A. H. C. Ward; Raymond W. Chu; Janet W. Salaff (1994). The Memoirs of Tan Kah Kee. Singapore: Singapore University Press. hlm. 366. 
  • Yong Chin Fatt (1989). Tan Kah Kee: The Making of an Overseas Chinese Legend. Singapore: Oxford University Press. 
  • Tan Kah Kee (1996). The Memoirs of an Overseas Chinese of the South Seas (dalam bahasa Tionghoa). Taiyuan: Shanxi Guji chuban she. 
  • Bonny Tan (22 January 1999). "Tan Kah Kee". Singapore Infopedia. Singapore National Library Board. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 July 2010. Diakses tanggal 30 July 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]