Takehara, Hiroshima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Takehara
竹原市
Lokasi kota Takehara
Takehara di Hiroshima, Jepang
Lokasi
Negara Jepang
Wilayah Chugoku
Prefektur Hiroshima
Geografi
Luas 18,30 km²
Populasi (data 1 Desember 2007)
     Penduduk 29.824
     Kepadatan 252/km²
Koordinat 34°20′LU 132°54′BT / 34,333°LU 132,9°BT / 34.333; 132.900
Lambang
Pohon Bambu
Bunga Ume
Pemerintah kota Takehara
Wali kota Masashi Kosaka
Situs resmi: kota Takehara

Takehara (竹原市 Takehara-shi?) adalah kota yang terletak di bagian selatan dari Prefektur Hiroshima, Jepang. Kota ini didirikan pada 3 November 1958.

Ōkunoshima, pulau dimana ada pabrik gas berbahaya milik Tentara Kekaisaran Jepang, terletak di Takehara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kota Takehara memiliki arti literal kota padang bambu, yang mewakili hutan bambu besar di bagian luar dari kota ini. Sebagaimana Onomichi, Takehara berkembang sebagai kota penting dalam lalu lintas perairan Laut Pedalaman Seto. Sejak Era Muromachi (1336-1573) hingga Era Edo (1603-1868), industri garam berkembang pesat di daerah ini. Sekarang, Takehara berubah menjadi kota kecil yang menghadap perairan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Takehara berbatasan dengan Higashihiroshima di utara dan barat, Mihara di timur, dan menghadap Laut Pedalaman Seto yang berbatasan dengan Distrik Toyota di selatan. Meski bagian selatan merupakan dataran rendah yang menghadap ke laut, bagian utara dari kota ini adalah pegunungan.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Stasiun Takehara merupakan stasiun kereta api utama di kota ini, selain merupakan pusat transportasi untuk seluruh kota. Stasiun Takehara dihubungkan dengan Jalur Kure yang menuju ke Kota Hiroshima dan ke Mihara. Kereta wisata yang melintasi Jalur Kure, Setouchi Marine View, berhenti di Stasiun Takehara.

Bus merupakan transportasi umum yang menjangkau hampir seluruh kota, meski hanya sedikit bus yang beroperasi karena sedikitnya penumpang. Hampir seluruh bus di Takehara dioperasikan oleh Perusahaan bus Geiyo, dan memiliki rute menuju Akitsu, Mihara, Higashihiroshima, dan Kota Hiroshima, selain sebuah minibus menuju Bandara Hiroshima. Terminal bus berada di depan Stasiun Takehara. Selain bus, taksi juga menjadi pilihan untuk moda transportasi umum, meski sebagian besar taksi hanya bisa ditemukan di sekitar Stasiun Takehara.

Takehara juga memiliki beberapa pelabuhan feri, antara lain feri yang menuju Osakikamijima dan Imabari di Prefektur Ehime.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Takehara dikenal dengan Kyoto kecil karena pelestarian bangunan kunonya. Tempat wisata yang terkenal adalah Takehara Machinami Hozon Chiku, sebuah wilayah preservasi budaya yang mempertahankan bangunan bangunan tradisional.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]