Higashihiroshima, Hiroshima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Higashihiroshima
東広島市
Lokasi kota Higashihiroshima
Higashihiroshima di Hiroshima, Jepang
Lokasi
Negara Jepang
Wilayah Chugoku
Prefektur Hiroshima
Geografi
Luas 635,32 km²
Populasi (data 1 Desember 2007)
     Penduduk 187.736
     Kepadatan 295/km²
Koordinat 34°25′36″LU,132°44′38″BT
Lambang
Pohon Pinus
Bunga Azalea
Pemerintah kota Higashihiroshima
Wali kota Kurata Yoshio
Situs resmi: kota Higashihiroshima

Higashihiroshima (東広島市 Higashihiroshima-shi?, secara harfiah berarti Hiroshima Timur) adalah sebuah kota yang terletak di bagian tengah dari Prefektur Hiroshima, Jepang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Higashihiroshima berdiri pada tanggal 20 April 1974 sebagai kota ke 12 di Prefektur Hiroshima. Kota ini merupakan hasil penggabungan dari 4 buah kota, yaitu Saijo, Hachihonmatsu, Shiwa, dan Takaya, yang termasuk di dalamnya Kamo-gun.

Pada saat itu, untuk mencapai tujuan "kota pendidikan dengan harmonisasi antara manusia dan alam," penambahan infrastruktur sosial dan industri telah dilakukan melalui dua proyek pembangunan, yaitu pembangunan Kota Pendidikan Kamo dan Hiroshima Central Technopolis. Higashihiroshima memulai lagi sebuah tujuan yang lebih panjang untuk pembangunan pada 7 Februari 2005, dengan bergabungnya kota kecil Kurose, kota kecil Fukutomi, kota kecil Kouchi, dan kota kecil Akitsu.

Kota hasil penggabungan memiliki populasi sekitar 178.000 jiwa, dengan luas wilayah sekitar 635 km2. Kota ini adalah kota penting di bagian tengah dari Prefektur Hiroshima, dengan luas wilayah mencapai 7,5% dari luas wilayah seluruh prefektur.

Dengan perencanaan konstruksi kota yang baru, sebagai dasar renovasi kota, kesan sebagai kota metropolitan sedang dikembangkan dalam pembentukan "sebuah kota internasional untuk pendidikan dan penelitian yang sedang melebarkan sayapnya ke masa depan."

Lambang kota[sunting | sunting sumber]

Higashihiroshima memiliki lambang berupa dua buah bentuk sayap burung yang juga berbentuk karakter "hi" pada huruf hiragana. Hal ini mengekspresikan harapan untuk kota pendidikan, dikelilingi oleh hijaunya alam, untuk penerbangan Higashihiroshima yang tak terbatas dan pembangunan.

"Dua ekor burung" tersebut juga pemersatu yang membawa penduduk kota saling memiliki hubungan yang dekat satu sama lain. Ujung yang tajam, yang mana posisinya menimbulkan kesan dada burung, merepresentasikan ujung pena yang merupakan simbol dari pelajar peneliti belajar di kota pendidikan Higashihiroshima.

Bunga resmi Higashihiroshima adalah bunga azalea, dan pohon resminya adalah pohon pinus, yang merupakan 90% dari hutan pegunungan di kota tersebut.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kampus utama dari Universitas Hiroshima, universitas negeri terbesar di Wilayah Chugoku, berada di Higashihiroshima.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]