Onomichi, Hiroshima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Onomichi)
Lokasi kota Onomichi di Prefektur Hiroshima
Pemandangan kota Onomichi dari kuil Senkōji

Onomichi (尾道市, Onomichi-shi) adalah kota pelabuhan di Jepang yang terletak di bagian tenggara Prefektur Hiroshima. Kota Onomichi terkenal jalan setapak dari batu menuju beberapa kuil agama Buddha yang terletak di atas bukit menghadap ke laut.

Taman Senkōji terkenal sebagai salah satu dari 100 tempat terbaik di Jepang untuk melihat bunga Sakura dan bisa dicapai dengan kereta gantung dari pusat kota Onomichi.

Garis besar[sunting | sunting sumber]

Selat sempit bernama Onomichi suido memisahkan kota Onomichi dengan pulau Mukaishima yang mempunyai garis pantai dengan Laut Pedalaman Seto. Onomichi sejak dulu sudah merupakan jalur transportasi laut yang ramai sekaligus pusat pengumpulan dan distribusi hasil-hasil laut. Sampai awal pertengahan tahun 1960-an, kota Onomichi merupakan kota perdagangan yang ramai di daerah Bingo (bagian timur Prefektur Hiroshima).

Sejak pertengahan tahun 1960-an, kota Fukuyama yang bertetangga dengan Onomichi juga berkembang pesat sebagai kota industri. Onomichi sekarang ini tetap menjadi salah satu kota terbesar di daerah Bingo walaupun perannya sebagai kota perdagangan nomor satu sudah diambil alih kota Fukuyama.

Kota Onomichi terkenal di seluruh Jepang sebagai lokasi iklan televisi, acara variety show dan berbagai judul film. Film klasik produksi tahun 1953 berjudul Tokyo Story oleh sutradara Ozu Yasujirō mengambil lokasi di Onomichi. Kota ini juga terkenal di kalangan generasi yang lebih muda berkat dua buah trilogi (6 judul film) oleh sutradara kelahiran Onomichi bernama Ōbayashi Nobuhiko yang semuanya mengambil lokasi di Onomichi.

Manga dan anime berjudul Kamichu! yang disiarkan televisi di Jepang pada tahun 2005 mengambil tempat-tempat menarik di Onomichi sebagai lokasi cerita.

Onomichi juga disebut kota sastrawan karena pada zaman dulu merupakan tempat tinggal para sastrawan ternama.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk sebanyak 116.833 orang dengan kepadatan penduduk 550 orang per km². Luas wilayah 212,33 km².

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam sejarah perkembangannya, kota Onomichi menjadi semakin besar dengan bergabungnya beberapa kota kecil yang berada di sekitarnya.

Tempat pariwisata[sunting | sunting sumber]

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]