Surah Ta Ha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Surat Thoha)
Langsung ke: navigasi, cari
Ta Ha
Taha.png
Ta-Ha.png
Informasi
Arti Ta Ha
Klasifikasi Makkiyah
Surah ke 20
Juz Juz 16
Statistik
Jumlah ayat 135 ayat
Kaligrafi Ta Ha

Surah Ta Ha (Arab: طه , Tā-Hā, "Ta Ha") adalah surah ke-20 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 135 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah. Surah ini dinamai Ta Ha, diambil ayat pertama surah ini. Sebagaimana juga yang lazim terdapat pada surah-surah yang memakai huruf-huruf abjad pada permulaannya, di mana huruf tersebut seakan-akan merupakan pemberitahuan Allah kepada orang-orang yang membacanya, bahwa sesudah huruf itu akan dikemukakan hal-hal yang sangat penting diketahui, maka demikian pula halnya dengan ayat-ayat yang terdapat sesudah huruf Ta Ha dalam surah ini. Allah menerangkan bahwa Al-Quran merupakan peringatan bagi manusia, wahyu dari Allah, Pencipta semesta alam. Kemudian Allah menerangkan kisah beberapa orang nabi; akibat-akibat yang telah ada akan dialami oleh orang-orang yang percaya kepada Allah dan orang-orang yang mengingkari-Nya, baik di dunia maupun di akhirat.

Pokok-pokok isi[sunting | sunting sumber]

  1. Keimanan: Al Quran adalah peringatan bagi manusia terutama bagi orang-orang yang bertakwa; Musa AS langsung menerima wahyu dari Allah, tanpa perantaraan Jibril; Allah bersmayam di 'Arsy, mengetahui sesuatu yang samar dan yang lebih samar; keadaan orang berdosa dihimpunkan di hari kiamat; syafa'at tidak bermanfaat di hari kiamat, kecuali syafa'at dari orang-orang yang dapat izin dari Allah.
  2. Hukum-hukum: Perintah mengerjakan salat dan keutamaan waktu-waktunya; kewajiban menyuruh keluarga melakukan salat.
  3. Kisah-kisah: Kisah Musa AS dan Harun AS dalam menghadapi Fir'aun dan Bani Israil, kisah Nabi Adam AS dan iblis.
  4. Dan lain-lain: Perintah Allah kepada Nabi Muhammad SAW supaya dia meminta tambahan ilmu kepada Allah sekalipun sudah menjadi rosul; Allah tidak akan mengazab sesuatu kaum sebelum diutus rosul kepada mereka; jangan terpengaruh oleh kesenangan kehidupan dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Mukaddimah Al Qur'an versi terjemahan Departemen Agama Republik Indonesia

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]


Surah Sebelumnya:
Surah Maryam
Al-Qur'an Surah Berikutnya:
Surah Al-Anbiya'
Surah 20