Suku Doria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung hoplite dari abad ke-5 SM, kemungkinan adalah patung Leonidas, raja Sparta yang merupakan orang Doria.

Suku Doria (bahasa Yunani: Δωριεῖς, Dōrieis, tunggal Δωριεύς, Dōrieus) adalah satu dari empat suku bangsa utama yang menjadi leluhur bangsa Yunani kuno.[1]

Nama Doria digunakan oleh Homeros dalam karyanya, Odisseia,[2] dan disebutkan bahwa mereka menghuni pulau Kreta. Sementara Herodotos menyebut mereka dengan nama ethnos[3] yang merupakan asal usul kata etnis. Suku Doria adalah orang-orang yang termasuk dalam suku bangsa Hellenes. Mereka memiliki beragam cara hidup dan organisasi sosial. Kehidupan mereka bervariasi mulai dari pusat perdagangan padat di kota Korinthos, yang terkenal atas seni dan arsitekturnya, sampai negara militer yang tertutup seperti Lakedaimon atau Sparta.

Suku Doria kemudian terbagi-bagi lagi menjadi sejumlah kelompok etnis yang terpisah dan kadang saling bermusuhan. Biasanya nama kelompok etnisnya berasal dari tempat mereka tinggal.

Dalam perang, suatu negara Doria biasanya sering meminta bantuan pada negara Doria lainnya. Suku Doria menggunakan dialek tersendiri yang disebut dialek Yunani Doria. Selain itu ciri sosial dan tradisi sejarah mereka juga berbeda dari suku-suku Yunani lainnya.

Ada beragam versi mengenai asal usul mereka. Satu teori yang banyak dipercaya pada masa kuno, namun belum terbukti, adalah bahwa suku Dorria berasal dari daerah pegunungan di timur laut Yunani, Makedonia kuno, dan Epiros. Mereka kemudian bermigrasi ke Peloponnesos, ke pulau-pulau Aigea tertentu, Yunani Besar, Lapithos dan Kreta. Teori lainnya adalah bahwa suku Doria berasal dari Asia Kecil, dan mereka kemungkinan bermigrasi melalui Yunani timur laut dan bermukim di Yunani selatan atau bermigrasi dari pesisir barat Asia Kecil dan berpindah ke pulau-pulau Aigea dan ke Yunani selatan.

Dalam mitologi Yunani, leluhur dan pendiri suku Doria adalah Doros, putra Hellen.

Pada abad ke-5 SM, suku Doria dan suku Ionia merupakan dua kelompok etnis yang paling berpengaruh. Perseturuan kedua suku itu berujung pada Perang Peloponnesos.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Apollodoros, Bibliotheka I
  2. ^ Homeros, Odysseia, Buku XIX baris 177.
  3. ^ Herodotos, Buku VII, bagian 73.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • The Dorians, University of Minnesota Ancient Greek Civilizations site
  • Myres, John Linton (1910-19-11). "Dorians". The Encyclopedia Britannica: a Dictionary of Arts, Sciences, Literature and General Information 8 (ed. 11). Cambridge, England and New York (printed): Cambridge University Press, Online Encyclopedia. hlm. Pages 425–428. Diakses 2008-01-04.  Note that the online edition omits the critical bibliography, which features works only in German, and includes Müller but not Kretschmer. Also the online version runs paragraphs and section headings together. The paragraph division is not the one of the article.
  • S.W.J. Lamberts, The ethnicity of the sea peoples
  • George Hinge, Scythian and Spartan Analogies in Herodotos’ Representation
  • "Makedonia". Pan-Macedonian Network. Pan-Macedonian Association. Diakses 29-12-2007.