Sukarti Wakiman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sukarti Wakiman
PMN SPDK
Sekretaris Negeri Sabah
Mulai menjabat
3 Juli 2007
GubernurAhmadshah Abdullah
Juhar Mahiruddin
Sebelum
Pendahulu
KY Mustafa
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir9 Januari 1954 (umur 70)
Labuan, Borneo Utara
KebangsaanMalaysia
Partai politikIndependen
Suami/istriHairani Hussaini
Tempat tinggalBerungis, Tuaran, Sabah, Malaysia
Alma materUniversitas Malaya
PekerjaanPegawai negeri
Situs webSitus resmi
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Yang Berhormat Tan Sri Sukarti bin Wakiman adalah Sekretaris Negeri Sabah yang ke-8, diangkat oleh Yang Di Pertua Negeri Ahmadshah Abdullah pada tanggal 3 Juli 2007.

Educational background[sunting | sunting sumber]

Putera pendatang asal Jawa ini memulai pendidikan di Kerupang Primary School, Labuan pada tahun 1961, lalu melanjutkan pendidikan awalnya di Sabak Bernam Secondary School, Selangor pada tahun 1967, dan Sekolah Alam Shah, Kuala Lumpur, pada tahun 1970.

Pada tahun 1974, ia melanjukan pendidikannya di Universitas Malaya, dan mendapatkan gelar sarjana dalam sosiologi dan antropologi 3 tahun kemudian.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ia bergabung dengan pelayanan publik Sabah pada tanggal 15 Juli 1977 sebagai petugas tenaga kerja di Kementerian Tenaga Kerja dan Pembangunan Lingkungan Sabah, sebelum akhirnya naik menjadi senior di tempat yang sama. Pada tahun 1980, ia diangkat sebagai petugas administratif di kementerian Sabah.

Pada tanggal 25 September 1981, ia naik sebagai petugas di Divisi Seremonial dan Protokol, Departemen Ketua Menteri, sebelum dipindahkan ke Departemen Pembangunan Negeri sebagai petugas koordinasi administratif senior pada tanggal 1 September 1984.

Setelah 23 hari, ia dipilih untuk memegang jabatan sekretaris pribadi Gubernur Sabah, Salleh Said Keruak hingga tanggal 6 Mei 1994. Setelah itu, ia naik jabatan sebagai sekretaris tetap di Kementerian Perikanan dan Pertanian Sabah (esok harinya) dan di Kementerian Pembangunan Desa Negeri (pada tanggal 16 Mei 1996). Pada tanggal 23 Maret 1998, ia diangkat sebagai direktur Dinas Pelayanan Publik dan sekali lagi diangkat kembali di jabatan yang sama pada tanggal 24 April 2000. Sebelumnya, pada tanggal 13 Januari 2000, ia diangkat sebagai sekretaris tetap Pembangunan Prasarana.

Pada tanggal 3 Juli 2007, ia diambil sumpah sebagai Sekretaris Negeri Sabah ke-8,[1] menggantikan KY. Mustafa.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pemerintah Sabah menganugerahinya tanda jasa. Ia menerima Sijil Kehormat (SK) pada tahun 1980, penghargaan komandan Ordo Kinabalu (PGDK) pada tahun 1994 dan penghargaan komandan besar Ordo Kinabalu (SPDK) pada tanggal 1 Oktober 2011.

Pada tahun 2003, ia menerima penghargaan rekan Darjah Johan Setia Mahkota Malaysia (JSM).

Pada tahun 2012, ia dianugerahi penghargaan komandan Ordo Mahkota Malaysia (PSM).

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia menikah dengan Hairani Hussaini.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "YB Datuk Seri Panglima Sukarti bin Wakiman" (dalam bahasa Malay). Sabah State Secretary's Office. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-01. Diakses tanggal 3 Januari 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]