Snitch (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Snitch
Snitch Poster.jpg
Poster bioskop
Sutradara Ric Roman Waugh
Produser Dwayne Johnson
Nigel Sinclair
Matt Jackson
Jonathan King
Dany Garcia
Alex Brunner
Tobin Armbrust
Penulis Justin Haythe
Ric Roman Waugh
Pemeran Dwayne Johnson
Barry Pepper
Susan Sarandon
Benjamin Bratt
Jon Bernthal
Michael Kenneth Williams
Musik Antonio Pinto
Sinematografi Dana Gonzales
Penyunting Jonathan Chibnall
Studio Exclusive Media
Participant Media
Image Nation
Distributor Summit Entertainment
Tanggal rilis
Durasi 112 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Pendapatan kotor $51.583.909[1]

Snitch adalah film drama kejahatan yang disutradarai Ric Roman Waugh dan dibintangi Dwayne Johnson. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 Februari 2013. Film ini juga dibintangi Barry Pepper, Susan Sarandon, Jon Bernthal, Benjamin Bratt, dan Michael Kenneth Williams.

Alur[sunting | sunting sumber]

John Matthews (Dwayne Johnson), pemilik perusahaan konstruksi, ditelepon oleh mantan istrinya Sylvie Collins. Anaknya, Jason (Rafi Gavron), dituduh mengedarkan narkotika. Meski Jason sebenarnya bukan pengedar, temannya menjebaknya dalam operasi palsu untuk mengurangi masa hukumannya setelah tertangkap. Jason menjalani penahanan minimal selama 10 tahun penjara. John merasa bertanggun jawab karena ia tidak mengurus anaknya dan putus asa setelah menyadari Jason bisa saja terbunuh sebelum menyelesaikan masa tahanannya.

Memanfaatkan beberapa temannya, John berhasil bertemu Jaksa Penuntut AS Joanne Keeghan (Susan Sarandon) yang sedang agresif menjalankan kampanye anti-narkotika untuk memuluskan jalannya ke Kongres. Joanne setuju mengurangi masa tahanan Jason jika John dapat menangkap seorang pengedar narkoba, tetapi ia mendapat sedikit bantuan dan semua risiko ditanggung sendiri. Agen Cooper (Barry Pepper) memimpin satuan tugas yang akan memonitor kesepakatan apapun yang bisa John jadikan bukti untuk penangkapan. John memeriksa catatan karyawannya dan menemukan satu karyawan yang pernah dua kali tertangkap karena mengedarkan narkoba. Daniel James (Jon Bernthal) sekarang mengawali kehidupan baru yang bersih untuk menghindari penangkapan ketiga kalinya dan harus mengurus istri dan anaknya. John menawarkan dua puluh ribu dolar jika Daniel mau memperkenalkannya kepada seorang pengedar. Daniel awalnya menolak, lalu setuju agar ia bisa pindah ke apartemen yang lebih aman bagi anaknya. Daniel belum tahu bahwa John adalah informan.

Daniel memperkenalkan John ke Malik, seorang pengedar obat-obatan lokal yang sangat berbahaya, yang sudah dua kali ditahan. Setelah menjelaskan bahwa bisnisnya tidak dapat bertahan dalam ekonomi yang sedang kacau, John menawarkan agar mereka memanfaatkan truk barangnya untuk mengangkut obat-obatan sebanyak mungkin dengan risiko sesedikit mungkin. Karena bisnisnya sah, truk John mustahil dicurigai dan angkutannya terlalu banyak untuk digeledah. Malik setuju dengan syarat John dan Daniel menjalankan pengiriman pertama.

John dan Agen Cooper memanfaatkan beberapa penyadap untuk merekam transaksi tersebut. John berangkat ke tempat pengambilan barang dekat perbatasan Meksiko. Saat transaksi terjadi, geng musuh menyerbu mereka, tetapi John berhasil kabur dan membuat bos kartel Juan Carlos "El Topo" Pintera (Benjamin Bratt) terkesima. John berhasil menyelesaikan kesepakatan tersebut, lalu mengirimkan barangnya ke Malik di bawah pengawasan Agen Cooper. Malik menyebutkan pertemuan dengan anggota kartel yang lebih tinggi daripada dirinya: Cooper, karena ingin menangkap target yang lebih penting, menolak menahan Malik saat kesepakatan terjadi. Keeghan mengklaim Cooper melakukan hal yang benar dan menolak meringankan masa tahanan Jason kecuali John bekerja sama dalam pertemuan kedua. John setuju jika Jason langsung dilepaskan setelah keterlibatannya selesai. Daniel kemudian mengetahui kesepakatan antara John dan kepolisian. Ia memperingatkan bahwa kartel tersebut akan membunuh John, Daniel, dan keluarga mereka jika kesepakatan ini bocor. John dan Daniel meminta keluarga mereka bersembunyi.

John bertemu Juan Carlos Pintera dengan keamanan kartel yang lebih ketat daripada sebelumnya. Juan meminta John mengirim hasil penjualan obat-obatan sebesar $100 juta ke Meksiko, tepatnya ke pusat operasi kartel, dan memberikan John keanggotaan kartel inti jika berhasil. John melaporkan hal ini kepada Keeghan dan Cooper. Keeghan bersemangat karena mendapatkan target sebesar itu, tetapi Cooper punya niat lain dan meminta John tidak melakukannya karena bisa jadi kartel akan membunuhnya setelah pengiriman tersebut.

John membuat rencana untuk membebaskan dirinya dan Daniel dari agen pemerintah dan kartel. Sepanjang perjalanan, John berhasil kabur dari pantauan Cooper. Pada saat itu pula, Daniel menyerbu rumah Malik, membunuh para penjaga dan melukai Malik. Sebelum meninggal, Malik memberikan nomor telepon Juan Carlos kepada Daniel. John menghubungi Cooper dan memintanya melacak nomor miliknya dan Juan Carlos, sehingga Cooper bisa menyita uangnya sekaligus menangkap "raja"-nya. Setelah mengetahui John adalah informan, John dikejar dan ditembaki anggota kartel di jalan tol, namun ia berhasil kabur. Para anggota kartel beserta uangnya ditangkap oleh anak buah Cooper. Juan Carlos juga ditangkap. Ia tidak berniat melawan polisi karena ia sedang bersama anaknya.

Jason dibebaskan keesokan harinya. John dan keluarganya mengikuti program perlindungan saksi. Daniel menolak masuk program tersebut, karena ia dan keluarganya punya cara sendiri untuk sembunyi. Karena Daniel kehilangan pekerjaannya, John memberikan Daniel cek hadiah besar yang seharusnya diterima John karena menangkap Juan Carlos. Film berakhir dengan menampilkan statistik bahwa pelaku yang pertama kali menyalahgunakan obat-obatan rata-rata ditahan lebih lama daripada pelaku pemerkosaan atau pembunuhan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Snitch dirilis pada tanggal 22 Februari 2013 di Amerika Serikat dan Kanada. Film ini didistribusikan oleh anak perusahaan Lionsgate, Summit Entertainment.[3]

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapatkan berbagai tanggapan dari kritikus. Snitch mendapatkan nilai positif sebesar 56% di Rotten Tomatoes berdasarkan 103 ulasan. Banyak kritikus memuji Dwayne Johnson dalam memerankan peran utama, tetapi merasa eksekusi pesan filmnya agak kabur.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]