Sinmun dari Silla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sinmun dari Silla
Hangeul 신문왕
Hanja 神文王
Alih Aksara yang Disempurnakan Sinmun Wang
McCune–Reischauer Sinmun Wang
Nama lahir
Hangeul 정명 atau 일초
Hanja 政明 atau 日ʈ
Alih Aksara yang Disempurnakan Jeong Myeong atau Ilcho
McCune–Reischauer Chŏng Myŏng atau Ilch'o

Sinmun dari Silla (bertahta pada tahun 681692) merupakan raja ke-31 Silla, negara di Korea yang aslinya dari barat daya Semenanjung Korea dan berlanjut untuk mempersatukan semenanjung dibawah pimpinannya pada abad ke-7. Ia merupakan putra tertua raja Silla Bersatu, Munmu dengan Ratu Ja-eui 慈儀. Pemerintahan Sinmun boleh dikarakterisasikan oleh upayanya untuk mengkukuhkan wewenang kerajaan diikuti dengan unifikasi dan sistemasi aparat pemerintahan dari negara berkembang Silla.

Sinmun ditunjuk sebagai putra mahkota oleh Munmu pada tahun 665. Ia berkuasa pada saat munculnya unifikasi Silla di semenanjung diikuti dengan kekalahan saingan Baekje dan Goguryeo dengan bantuan militer dari Tang, Cina, dan kemudian memeriksa amibis Tang untuk mendirikan hegemoninya di atas semenanjung itu. Di akhir musim panas pada tahun 681, tidak lama setelah mendapatkan kekuasaan (periode resmi masa berkabung sebenarnya masih terasa atas wafatnya Raja Munmu), yang menyebabkan timbulnya pemberontakan yang serius melawan wewenang kerajaan. Yang disebut "Pemberontakan Kim Heumdol 金欽突", dinamakan sama dengan pemimpinnya, seorang pejabat tinggi Silla, meskipun tantangan serius kepada wewenang kerajaan atas bagian dari golongan pejabat aristokratik, juga menyediakan Sinmun dengan motif untuk menguatkan kekuatannya melalui pembersihan dari aristokrat tertentu. Sebab dari pemberontakan Kim diperdebatkan. Kim Heumdol adalah ayah mertua Sinmun, yang menikahi putrinya. Kegagalan Sinmun untuk memiliki pewaris laki-laki melaluinya, dan erosi lebih lanjut mendukung Kim dan pengaruh di istana mungkin telah menjadi faktor kunci. Para pelajar yang lainnya melihatnya sebagai tantangan yang lebih serius atas bagian pemimpin militer (beberapa diantaranya juga terlibat), yang mengikuti kesimpulan keberhasilan perang penyatuan melihat pengaruh mereka sendiri dan status yang terkikis. Tetapi yang lain melihat sumber dari keluhan bangsawan memengaruhi peningkatan pejabat kerajaan non aristokratik, yang secara meningkat digunakan untuk memenuhi jabatan di dalam pemerintahan. Dalam hal apapun, pemberontakan pada tahun 681 segera diredakan dan Kim Heumdol beserta mereka yang terlibat dieksekusi.

Pemerintahan Sinmun juga melihat ekspansi pemerintahan Silla dan pengaturan kembali wilayah Silla. Beberapa departemen baru didirikan dan untuk pertama kalinya mengatur sebuah sistem sembilan provinsi nasional (sebuah organisasi yang memiliki sindiran yang jelas terhadap sembilan provinsi di Cina selama masa pemerintahan Raja Yu 禹王, pendiri legendaris Dinasti Xia). Didirikan pula sebuah seri dari "ibukota-ibkota kedua" 小京, yang dimana merupakan kebijakan Sinmun untuk menempatkan kembali rakyat yang menyerah dari negara yang dikalahkan, Baekje dan Goguryeo. Pada tahun 682 Sinmun juga mendirikan Gukhak, atau akademi nasional, yang didedikasikan untuk melatih para pejabat di dalam pelajaran konfusian klasik. Ia kemudian segera mengirimkan seorang duta besar ke Tang, sekarang dibawah pemerintahan Kaisar Wanita Wu Zetian, untuk meminta salinan Buku Upacara dan buku klasik yang lainnya.

Sinmun wafat pada tahun 692, berhasil menembus beberapa tantangan serius kewenangan kerajaan dan membentuk suatu kerangka untuk mengorganisasi dan memerintah negara Silla yang berkembang. Tantangan aristokratik pada wewenangnya, meskipun dikalahkan, adalah tanda kerusuhan sosial dan pergolakan politik yang akan tampil di Silla pada masa berikutnya.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]