Hyoso dari Silla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hyoso dari Silla
Hangeul 효소왕
Hanja 孝昭王
Alih Aksara yang Disempurnakan Hyoso Wang
McCune–Reischauer Hyoso Wang
Nama lahir
Hangeul 이홍 atau
Hanja 理洪 atau
Alih Aksara yang Disempurnakan Ihong atau Gong
McCune–Reischauer Ihong atau Kong

Hyoso (bertahta pada tahun 692–702) merupakan raja ke 32 Silla, sebuah kerajaan yang berkembang di Semenanjung Korea dari sekitar tahun 200 sampai 927 M. Ia merupakan putra tertua Raja Sinmun dan ratunya yang kedua Sinmok 神穆. Ia memerintah selama satu dekade dan wafat karena jatuh sakit di dalam ibukota Silla pada musim gugur pada tahun 702.

Pemerintahan Hyoson dikarakterisasikan melanjutkan kecenderungan sentralisasi berikut unifikasi Silla semenanjung. Seperti ayahnya, Hyoso menghadapi beberapa oposisi dalam bentuk pemberontakan oleh anggota aristokrasi Silla ranking tinggi. Pada musim panas pada tahun 700, misalnya, ichan (seorang pejabat tinggi di dalam Silla ketat sistem ranking tulang) Gyeong-yeong 慶永 diimplikasikan di dalam rencana penghianatan dan di eksekusi. Intrik-intrik tersebut ternyata juga melibatkan Ketua Menteri Negara Silla, yang diberhentikan.[1]

Hubungan dengan Tang juga melihat perkembangan selama masa pemerintahan diikuti dengan kehancuran diplomatik yang diikuti dengan munculnya perang-perang unifikasi di dalam tahun 660 dan 670 dan pendirian aliansi Tang-Silla. Hubungan upeti terus dipertahankan dan Hyoso, sebagai Sinmun sebelumnya, oleh kaisar Tang diangkat sebagai Raja Silla.

Beberapa kutipan di dalam catatan Raja Hyoso pada abad ke-12 sejarah Korea Samguk Sagi juga menegaskan hubungan diplomatik mantap dengan jepang, dan sejarah-sejarah Jepang (terutama Shoku Nihongi) merupakan sumber yang dipercaya untuk mengkonfirmasikan tanggal kematian para raja dan ratu Silla selama periode tersebut, karena Jepang akan sering mendengar kematian mereka melalui para utusan diplomatik.

Raja Hyoso wafat pada tahun 792. Karena ia tidak memiliki seorang putra, adiknya naik ke atas tahta yang memerintah sebagai Raja Seongdeok.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Samguk Sagi, Annals of Silla, book 8, King Hyoso, year 9.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]