Jinseong dari Silla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jinseong dari Silla
Hangeul 진성여왕
Hanja 眞聖女王
Alih Aksara yang Disempurnakan Jinseong yeowang
McCune–Reischauer Chinsŏng yŏwang
Nama lahir
Hangeul 김만, also 김원
Hanja 金曼, also 金垣
Alih Aksara yang Disempurnakan Gim Man, also Gim Won
McCune–Reischauer Kim Man, also Kim Wŏn

Ratu Jinseong dari Silla (wafat pada tahun 897) (bertahta pada tahun 887–897) merupakan raja ke-51 Silla. Ia juga merupakan pemimpin ketiga dan yang terakhir sebagai ratu (kedua yang lainnya: Ratu Seondeok dari Silla dan Jindeok dari Silla). Pemerintahannya melihat akhir Silla Bersatu dan awal periode Tiga Kerajaan Akhir Korea.

Jinseong merupakan putri Raja Gyeongmun. Adik perempuan Heongang dan Jeonggang, ia naik keatas tahta ketika kedua abanya wafat tanpa keturunan.

Jinseong dicatat di dalam riwayat Samguk Sagi karena perilakunya yang tidak bermoral, mulai dari menerima suap untuk membawa pemuda-pemuda tampan ke istana dan melakukan tindakan tidak senonoh dengan mereka. Ia juga terus berselingkuh dengan komandan tinggi (Gakgan) Wihong.

Ratu juga membubarkan Yeoseong Susagwan karena anggota lembaga itu berusaha untuk menjatuhkan ratu dari tahkta dengan mencari kesalahannya. Ratu kesal dan membubarkan lembaga ini yang sudah berdiri selama 160 tahun pada tahun 892.

Selama ia memerintah, ketertiban umum runtuh. Pajak tidak dapat dikumpulkan lagi dan sistem wajib militer gagal. Mengambil kesempatan dari kekacauan domestik tersebut, Yang Gil di bagian barat laut dan Gyeon Hwon di bagian barat daya memberontak dan mendirikan kerajaan mereka masing-masing.

Pada tahun 895, Jinseong menunjuk anak haram Heongang Kim Yo sebagai Putra Mahkota. Di bulan lunar ke-6 tahun 897, ia mengabdikasikan tahta, dan sekarat setahun kemudian. Ia dimakamkan di bagian utara kuil Sajasa di Gyeongju.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]