Rekaman promosi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Singel promosi)

Rekaman promosi adalah rekaman audio atau video yang didistribusikan secara gratis, biasanya untuk mempromosikan rekaman yang sedang atau akan segera tersedia secara komersial. Promo biasanya dikirim langsung ke lembaga penyiaran, seperti stasiun radio dan televisi musik, dan kepada pembuat selera, seperti DJ, jurnalisme musik dan kritikus, sebelum rilis dalam edisi komersial, dengan harapan dapat diputar, ulasan dan bentuk lainnya. Pemaparan akan menghasilkan dan merangsang minat masyarakat terhadap rilis komersial.

Promo seringkali dibagikan dalam kemasan polos, tanpa teks atau sampul seperti yang muncul pada versi komersial. Biasanya suatu promo ditandai dengan beberapa variasi teks berikut: "Berlisensi hanya untuk penggunaan promosi. Penjualan dilarang." Dapat juga dinyatakan bahwa promo tersebut masih menjadi milik distributor dan "dikembalikan sesuai permintaan". Namun, menjual rekaman promosi bukanlah tindakan ilegal, dan penarikan kembali promo sangat jarang dan tidak dilakukan. Rilis promosi dapat berdiri sendiri atau sebagai bagian dari perangkat pers, yang dapat mencakup item seperti foto promosi, video musik, siaran pers, atau biografi artis, dengan perangkat pers elektronik yang umum.[1]

Karena promo diproduksi dalam jumlah yang lebih kecil dibandingkan rilisan yang tersedia untuk masyarakat umum, terkadang promo tersebut dianggap sebagai barang koleksi yang berharga. Mereka tidak pernah dimaksudkan untuk dijual di toko kaset.

Singel promosi[sunting | sunting sumber]

Single promosi adalah single yang disediakan ke stasiun radio, klub malam, publikasi musik, dan outlet media lainnya oleh label rekaman untuk mempromosikan single atau album komersial. Sebuah lagu dapat dirilis sebagai single promosi meskipun tidak ada versi komersial dari single tersebut yang tersedia untuk dibeli. Contohnya adalah lagu "Theme to St. Trinian's" oleh Girls Aloud yang dirilis sebagai single promosi untuk film St. Trinian's. Lagu tersebut kemudian dihapus sebagai singel untuk menghindari kebingungan dengan singel sebenarnya dari Girls Aloud, "Call the Shots".

Single promosi biasanya dikenali dari catatan liner dan karya seni sampulnya yang terbatas serta nomor katalog uniknya (atau kadang-kadang tidak ada nomor katalognya). Seringkali, piringan hitam akan diterbitkan dalam jaket karton umum atau selongsong kertas putih, sementara CD akan diterbitkan dalam kotak tipis atau selongsong karton.

Mungkin juga ada istilah khusus promosi yang tertera pada disk atau sampulnya, terutama "Hanya Untuk Penggunaan Promosi" dan "Tidak Untuk Dijual Kembali".

Single promosi awalnya diberikan kepada DJ, terkadang berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum rilis domestik untuk memberikan kesempatan kepada label rekaman untuk membangun minat terhadap single tersebut dan mengukur respons terhadap single tersebut. Berbeda dengan single promosi yang sudah jadi, single promo ini biasanya berupa test press atau label putih dan karenanya diproduksi dalam jumlah terbatas. Secara tradisional, salinan promosi ini diberikan kepada DJ melalui kumpulan musik. Meskipun ada niat baik, terdapat perselisihan dalam industri ini apakah promosi lanjutan merupakan hal yang baik atau tidak. Membangun minat secara alami dianggap sebagai hal yang baik, namun mungkin memiliki efek sebaliknya ketika peminat tidak dapat menemukan lagu baru di toko kaset selama beberapa waktu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kelaey, Melanie (8 February 2021). "The 8 things that should be part of every band's electronic press kit". Bandzoogle. Diakses tanggal 3 April 2021.