Sidney Prescott

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sidney Prescott
Tokoh Scream
Sidneyprescott.jpg
Penampilan pertama Scream
Penampilan terakhir Scream 4
Pencipta Kevin Williamson
Pemeran Neve Campbell
Informasi
Panggilan Sid
Spesies Human
Jenis kelamin Female
Umur 30
Lahir 1979
Pekerjaan Konselor Wanita
Keluarga Neil Prescott
(ayah)
Maureen Roberts-Prescott
(ibu, meninggal)
Kerabat Roman Bridger
(saudara tiri, meninggal)
Jill Kessler
(cousin)
Alamat Woodsboro, California
Kewarganegaraan Amerika

Sidney Prescott (lahir 1979) adalah tokoh fiksi utama dalam serial Scream.[1] Dia berada dalam ketiga film Scream, dan diperankan oleh aktris asal Kanada, Neve Campbell.[1] Dalam ketiga film tersebut, dia selalu dihantui oleh pembunuh bertopeng yang disebut sebagai "Ghostface."[2] Dia ditampilkan sebagai sosok yang pintar, mandiri, dan semakin lama semakin kuat dalam perkembangan serialnya, yang selalu diburu oleh kejahatan pembunuhan dalam hidupnya.[3] Setelah rumor bahwa dirinya tidak akan muncul di seri ini lagi, Neve Campbell akhirnya resmi kembali berperan sebagai Sidney dalam Scream 4 yang akan rilis pada April 2011.

Scream[sunting | sunting sumber]

Setelah ayahnya berselingkuh dengan ibu Sidney Prescott, Maureen (yang membuat ibunya meninggalkannya), remaja gila Billy Loomis (Skeet Ulrich) menjadi gila dan, ditemani temannya Stu Macher (Matthew Lillard), mereka membunuh Maureen dan menimpakan kesalahannya pada kekasih Maureen, Cotton Weary (Liev Schreiber).

Setahun kemudian, Billy mulai menjalani hubungan dengan Sidney, anak dari Maureen untuk mengincar balas dendam untuk ibunya. Billy mengincar kesempatan untuk membunuhnya tepat setahun setelah ia membunuh Maureen. Dan hal itu dimulai dengan serangkaian pembunuhan misterius yang diinspirasi dari film slasher favorit Billy dan Stu, dan mulai bergantian meneror Sidney dengan berpakaian tudung dan jubah hitam serta topeng hantu.

Setelah "diteror" oleh seorang jurnalis obsesional Gale Weathers (Courteney Cox) dan menyaksikan beberapa kematian secara langsung, Sidney akhirnya mengetahui bahwa penyebab dari pembunuhan dan teror adalah Billy dan Stu. Dalam adegan terakhir, Sidney selamat dan dengan bantuan Gale, membunuh Billy dan Stu. Ia pergi dari rumah tersebut saat para polisi tiba.

Scream 2[sunting | sunting sumber]

Dua tahun setelah kejadian dalam film pertama, serangkaian pembunuhan yang sama kembali terjadi. Kali ini pembunuhan yang juga meneror Sidney datang dari Mrs. Loomis, ibu dari Billy yang membalas dendam kematian anaknya dan mulai mengikuti Sidney dalam rangka membunuhnay. Kali ini ia mendapatkan bantuan dari seorang pria bernama Mickey (Timothy Olyphant).

Ketika ditanyai motifnya oleh Sidney, ia menjawab bahwa itu adalah "balas dendam dengan gaya lama" yang ia lakukan untuk Billy. Setelahnya, Mickey berkata bahwa motifnya karena banyak terpengaruh dari film yang dibintanginya dimana ia berperan sebagai penjahat dan mulai ingin merasakan "kenyataan". Akhirnya, Sidney membunuh Mrs. Loomis dan dengan bantuan Gale, membunuh Mickey. Sekali lagi mereka selamat dari pembunuhan.

Scream 3[sunting | sunting sumber]

Dua tahun sebelum bertemu ayah Sidney, Maureen Prescott sang ibu bekerja sebagai aktris (dengan nama Reena Reynolds) dan mulai membintangi sejumlah film horor berbujet murah yang disutradari oleh John Milton (Lance Henrikson), yang berhasil membawa Mrs. Prescott ke rumahnya, dan ramai-ramai memperkosanya bersama teman John. Hasilnya, Maureen hamil dan mendapatkan anak bernama Roman Bridger (Scott Foley), dan meninggalkannya di Hollywood sebelum Maureen kembali ke Woodsboro untuk menjalani hidup yang normal dan bahagia untuk melepaskan masa lalunya.

Ketika Roman mencoba untuk menghubungi Maureen, dia berkata bahwa Sidneylah satu-satunya anaknya (karena Sidney hanyalah anak Maureen yang keberadaannya "direstui" dirinya). Karena kesal telah ditolak, Roman menjadi seorang psikopat. Penuh dengan dendam, ia memanipulasi Billy Loomis untuk membunuh Maureen dengan berkata kepadanya tentang hubungan Maureen dengan ayah Billy. Dia juga memberikan Billy seorang kambing hitam. Mengartikan bahwa Romanlah yang membuat kejadian di kedua film sebelumnya terjadi. Setelah menyaksikan Roman membunuh Milton, Sidney membunuh saudaranya sendiri di kepala. Uniknya, dalam film Scream, para penjahat yang tampil terakhir meninggal dengan tembakan Sidney di kepala.

Trilogi berakhir dengan keadaan yang ambiguisme akan keadaan Sidney. Mungkin ia sudah tidak merasakan ketakutan lagi karena sumbernya sudah selesai.

Scream 4[sunting | sunting sumber]

Campbell telah setuju dan bermain lagi sebagai Sidney di Scream 4, dan akan dirilis tanggal 15 April 2011. Dalam sebuah wawancara, Craven berkata bahwa tiada lagi pembunuhan sejak tahun 2000, beberapa sekuel Stab telah dibuat dan dirilis. Dia menyatakan bahwa Sidney telah bisa mengontrol masa lalunya, bahkan membuat sebuah buku yang sukses tentang serangan yang diterimanya.

Aktris Emma Roberts akan bermain sebagai sepupu Sidney, Jill Roberts, yang akan menjadi tokoh utama dalam film ini.[4]

Hubungan[sunting | sunting sumber]

  • Ayah: Neil Prescott
  • Ibu: Maureen Prescott (dibunuh September 1995)
  • Saudara-tiri: Roman Bridger (dibunuh 2000)
  • Teman: Tatum Riley (sahabat, dibunuh 1996), Dewey Riley (1996-), Gale Weathers (1996-), Stu Macher (dibunuh 1996), Randy Meeks (dibunuh 1998), Hallie McDaniel (sahabat, dibunuh 1998), Mickey Altieri (dibunuh 1998), Mark Kincaid (2000-)
  • Pacar: Billy Loomis (dibunuh 1996), Derek Feldman (dibunuh 1998)
  • Sepupu: Jill Kessler

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Reel Views 2: The Ultimate Guide to the Best 1,000 Modern Movies on DVD and Video by James Berardinelli, Roger Ebert; Published by Justin, Charles & Co., 2005; ISBN 1-932112-40-5, 9781932112405.
  2. ^ The Movies That Make You Scream! by R. David Fulcher; Published by AuthorHouse, 2007; ISBN 1-4259-9427-X, 9781425994273.
  3. ^ Wes Craven: The Art of Horror by John Kenneth Muir; Published by McFarland, 2004, ISBN 0-7864-1923-7, 9780786419234.
  4. ^ Sperling, Nicole (May 27, 2010). "'Scream 4' exclusive: Emma Roberts to join cast". Entertainment Weekly. Diakses May 28, 2010. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]