SdKfz 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kettenkard di Rusia

SdKfz 2 atau yang dikenal sebagai Kleines Kettenkraftrad HK 101 atau Kettenkrad dipakai sebagai traktor ringan untuk pasukan udara. Kendaraan itu dirancang untuk dikirim oleh pesawat Junkers Ju 52, meskipun tidak dengan parasut. Kendaraan itu memiliki keuntungan menjadi traktor yang dapat membawa senjata di dalam pegangan dari Ju 52.

Pengarah Kettenkrad itu dilakukan dengan memutar setang: jika gerakan kecil itu digunakan maka roda akan mengarahkan kendaraan, namun jika mereka berbalik lebih lanjut mereka akan melibatkan rem track untuk membantu membuat tikungan tajam. Itu juga mungkin untuk menjalankan kendaraan tanpa roda depan dipasang dan ini direkomendasikan dalam kondisi ekstrim off-road di mana kecepatan akan tetap rendah. SdKfz 2 dirancang dan dibangun oleh NSU Werke AG di Neckarsulm, Jerman. Pertama dirancang dan dipatenkan pada bulan Juni 1939, pertama kali digunakan dalam invasi Uni Soviet di 1941.

Kettenkrad Kebanyakan terlihat di front Timur, di mana mereka digunakan untuk meletakkan kabel komunikasi, menarik beban berat dan membawa tentara melalui lumpur Rusia yang dalam. Kemudian dalam perang, Kettenkrad digunakan sebagai kapal tunda landasan pacu untuk pesawat, terutama untuk pesawat tempur Me 262. Untuk menghemat bahan bakar penerbangan, pesawat akan ditarik ke landasan pacu, ketimbang meluncur di bawah kekuasaan mereka sendiri.

Kendaraan itu juga digunakan dalam teater Afrika Utara dan di Front Barat.

Kettenkrad datang dengan sebuah trailer khusus (Sd.Anh.1) yang dapat melekat padanya untuk meningkatkan kapasitas muatannya.

Kettenkrad bisa naik 24° di pasir dan bahkan lebih di tanah keras, asalkan sopir memiliki keberanian untuk itu.

Hanya dua sub-signifikan variasi Kettenkrad itu dibangun, dan produksi kendaraan dihentikan pada tahun 1944, di mana waktu 8345 telah dibangun. Setelah perang produksi di NSU berlangsung hingga 1949 untuk penggunaan pertanian. Sekitar 550 Kettenkrads dibangun pasca perang hingga tahun 1948 (Beberapa sumber mengatakan 1949).