Landkreuzer P. 1000 Ratte

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

LandKruezer P 1000 Ratte adalah tank pra-prototipe super berat dengan senjata artileri gerak sendiri.

Tank ini dirancang 1942 dan juga dibatalkan dalam waktu sedikit lebih dari satu tahun. Ratte bersenjatakan utama dengan dua buah meriam kapal tempur 280 mm. Senjata lainnya di Ratte adalah sebuah meriam 128 mm, delapan buah senjata anti-pesawat terbang 20 mm dan beberapa senapan mesin 15 mm.

Tank ini memiliki panjang 35 meter, berat 1000 ton, dan dioperasikan 20 sampai 40 orang awak tank.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Senjata utama Ratte adalah meriam laut 280 mm SK C/34 seperti yang dipasang dan digunakan pada kapal tempur Jerman Gneisenau. Ada rumot bahwa salah satu kubah meriamnya sempat dibangun sebelum proyek tersebut dibatalkan, meskipun dokumentasi keberadaannya hilang. Walau sempat dikabarkan bahwa prototipe kubah meriamnya telah digunakan sebagai senjata pantai di Belanda dekat Rotterdam, tetapi nyatanya kubah meriam ini sebenarnya dibangun memang untuk kapal tempur kelas Gneisenau dan tidak berhubungan dengan Program Ratte.[butuh rujukan]

Persenjataannya yang lain adalah terdiri dari senjata anti-tank 128 mm dari tipe yang digunakan dalam Jagdtiger atau Maus, dua buah senapan mesin 15 mm Mauser MG 151/15, dan delapan senjata anti-pesawat 20 mm Flak 38. Tank ini memiliki beberapa ruang penyimpanan, daerah perawatan kecil, dan sistem toilet.