Salicaceae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Salicaceae
Salix caprea
Salix caprea
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Angiospermae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk) Rosids
Ordo: Malphigiales
Famili: Salicaceae
Mirb.
Genera

Lihat artikel.

Suku dedalu-dedaluan atau Salicaceae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut Sistem klasifikasi APG II suku ini dimasukkan ke dalam bangsa Malpighiales, klad eurosids I.

Dedalu adalah pohon atau perdu peluruh yang daunnya sederhana, bunganya tunggal, dan tak berdaun mahkota. Kebanyakan tumbuh di tempat lembap seperti rawa atau tanggul sungai di daerah beriklim-sedang utara. Namun ada juga yang tumbuh sebagai perdu kecil pada lingkungan yang sulit di atas batas tumbuhnya pepohonan, dan juga di tundra Arktika. Dedalu tangis (Salix babylonica) ditanam di seluruh dunia. Aspirin (bahan aktif salisilat, namanya diambil dari nama genus) pada mulanya dibuat dari pepagan dedalu, akan tetapi sekarang dibuat secara sintetis. Tugu Jepang (Populus sieboldi) juga termasuk dedalu-dedaluan, akan tetapi daunnya relatif lebih besar. Kayu dari salah satu kultivar tugu ini digunakan untuk membuat kertas.

Genera

Ke dalam suku ini dimasukkan sekitar 57 genera dengan 330 lebih jenis. Sebagian anggota suku Flacourtiaceae (yang tidak diakui lagi keberadaannya dalam sistem APG II) dimasukkan ke dalam Salicaceae, termasuk genus tipe Flacourtia. Berikut adalah genera yang tergabung dalam suku ini.