STMIK Pelita Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
STMIK Pelita Nusantara
Pelita Nusantara School of Informatics and Computer Management
Moto Success is Nothing without God
Didirikan 2002
Jenis Perguruan Tinggi Swasta Berbentuk Sekolah Tinggi
Rektor Yusak Tri Kuncoro, S.Kom
Lokasi Jl. C. Simanjuntak No. 99 Terban Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Situs web http://www.pelitanusa.ac.id

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Pelita Nusantara, dikenal STMIK Pelita Nusantara atau Pelita Nusantara merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta. Sekolah Tinggi bernuansa Kristen ini berada dibawah naungan Yayasan Pelita Nusantara.

Sekolah Tinggi ini berdiri pada tahun 2002 (Dies Natalies 20 Mei), dengan memiliki dua Program Studi dengan tingkatan strata satu (S-1). STMIK Pelita Nusantara berlokasi di gedung bekas Golden Kampus yang berada dipusat kota Yogyakarta.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Dibentuk pada Tahun 2002 yang dikukuhkan dengan SK Mendiknas RI No. 291/D/0/2002. Akhirnya tanggal 30 Desember 2002, lahirlah STMIK Pelita Nusantara dengan dua program studi atau jurusan, yaitu:

  1. Teknik Informatika (terakreditasi dengan nilai C pada tahun 2010)
  2. Sistem Informasi (dalam Proses Akreditasi)

Program studi ini masing-masing dikelola oleh seorang Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan yang didukung oleh Perangkat Dosen, dan Staff Administrasi.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarkat dan juga sebagai bentuk tuntutan global. STMIK Pelita Nusantara melakukan berbagai perkembangan sistem, mulai dari administrasi hingga akademis. Perkembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bisa sedikit dilihat dengan adanya Mahasiswa yang sudah mampu mengikuti, menjadi finalis atau bahkan menjuarai kompetisi tingkat internasional. Kedepannya Pelita Nusantara berencana untuk menjadi sebuah private college berkurikulum dan berkualitas internasional.

Ketua Sekolah Tinggi (Rektor)[sunting | sunting sumber]

Ketua STMIK Pelita Nusantara adalah Pimpinan Eksekutif tertinggi STMIK Pelita Nusantara yang dipilih oleh Senat Yayasan dalam suatu sidang Senat. Untuk saat ini jabatan Ketua Sekolah Tinggi di pegang oleh Yusak Trikuncoro, S.Kom.

Aktivitas Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Selain melaksanakan kegiatan perkuliahan, mahasiswa juga didorong untuk menyalurkan bakat dan minat. Sehingga mahasiswa tidak hanya memiliki kemampuan secara akdemis akan tetapi juga mempunyai kemampuan berorganisasi yang didukung dengan ketrampilan lapangan.

Organisasi mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Campus Organizer[sunting | sunting sumber]

Campus Organizer STMIK Pelita Nusantara adalah lembaga pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan yang dibentuk sebagai lembaga Eksekutif Mahasiswa (BEM), dengan kepengurusan yang terdiri dari Seorang Ketua Umum , Seorang Wakil, Seorang Sekretaris dan Seorang Bendahara.

Campus Community[sunting | sunting sumber]

STMIK Pelita Nusantara memiliki lima Campus Community yang berada dibawah Campus Organizer atau CO atau BEM, sebagai wadah bakat dan minat setiap mahasiswa. Campus Community yang dimaksud adalah :

  • Community of Art
Komunitas yang berkaitan dengan seni Jurnalistik.
  • Community of Friendship
Komunitas yang berkaitan dengan hubungan kekeluargaan. COF adalah satu-satunya Komunitas yang mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk menjadi anggotanya.
  • Community of Network
Komunitas yang berkaitan dengan teknologi jaringan dan komputer.
  • Community of Sport'
Komunitas yang berkaitan dengan olahraga, yang didalamnya terdapat futsal, basket, dan sebagainya.
  • Community of Technopreneur
Sehubungan dengan jurusan pada STMIK Pelita Nusantara yang mempelajari disiplin ilmu teknologi informasi maka di bentuklah sebuah wadah yang mampu menciptakan seorang wirausaha yang melibatkan perkembangan teknologi informasi. Community of Technopreneur memiliki kegiatan rutin yang diadakan setiap minggu dan juga memberikan berbagai kegiatan lain.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]