SMA Muhammadiyah 1 Makassar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Logo default Sekolah Muhammadiyah
Informasi
Didirikan 2006
Jenis Swasta
Kepala Sekolah Dr. Ir. Nasrullah MSc
Jumlah kelas 5 Kelas setiap tingkat
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah siswa 510 Siswa (34 siswa per kelas)
Nilai masuk terendah 26,21 (2007)
Nilai masuk tertinggi 28,00 (2007)
Nilai masuk rata-rata 23,66 (2007)
Alamat
Lokasi Jl Muhammadiyah No 51B, Makassar, Sulawesi Selatan
Situs web smamuh1mks.sch.id

SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Swasta yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan , Indonesia . Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA MUH 1 UNISMUH Makassar ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Didirikan pada tahun 2006 .

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sebelumnya dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Muhammadiyah I Unismuh (Universitas Muhammadiyah) Makassar adalah lembaga pendidikan menengah yang berada di bawah naungan Badan Pelaksana Harian Universitas Muhammadiyah Makassar (BPH UMM). Sekolah ini terletak di Jl Muhammadiyah No 51 B Makassar. Sekolah ini menjadi salah satu sekolah unggulan Muhammadiyah yang mampu melaksanakan ujian seleksi penerimaan siswa baru seperti yang dilakukan oleh sekolah negeri. Selain itu, alumninya juga sudah bisa berbicara di tingkat regional maupun nasional pada berbagai bidang, baik eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Keberhasilan itu tidak terlepas dari peran para pengajar yang sudah senior di bidangnya masing-masing dan dipilih dari sekolah negeri. Selain itu, kegiatan laboratorium aktif dan dilaksanakan di luar jam pelajaran. Sehingga setiap praktikum dapat dituntaskan karena tidak terdesak oleh waktu. Kedisiplinan terpelihara dan siswa senantiasa diikutkan pada kegiatan diskusi-diskusi remaja. Termasuk mengikutkan mereka dalam lomba bidang studi, baik yang diadakan oleh pemerintah maupun oleh lembaga pendidikan lain. Tahun 1995 muncul kemelut internal yang tidak kunjung padam. Masalah ini akhirnya diselesaikan melalui kebijakan kepala sekolah. Kepada semua siswa saat itu diberikan surat pindah melanjutkan pendidikan ke sekolah lain. Bersamaan dengan itu maka hilanglah SMA Muhammadiyah yang selama ini menjadi kebanggaan dari warga Muhammadiyah Sulawesi Selatan. Barulah pada tahun 2003, dengan dipelopori KH Jamaluddin Amin yang juga Ketua BPH Unismuh, muncul inisiatif untuk membuka kembali SMA Muhammadiyah I. Bak gayung bersambut, keinginan itupun direspon positif. Hal itu ditandai dengan adanya serah terima dari pimpinan Unismuh Makassar sebagai pihak yang diberi tanggung jawab untuk membangkitkan kembali SMA Muhammadiyah I. Serah terima ini dilaksanakan 15 Desember 2003, yang disaksikan Ketua Majelis Dikdasmen Wilayah Sulsel dan daerah Kota Makassar. Lokasi SMA Muhammadiyah I pindah dari Jl Muhammadiyah 51 B ke kompleks Unismuh Jl Sultan Alauddin 259. Nama sekolah inipun ikut berubah, dari SMA Muhammadiyah Cabang Makassar menjadi SMA Muhammadiyah I Unismuh Makassar. Pada tahun 2006, tepatnya 23 Maret diadakan reuni akbar SMA Muhammadiyah I. Kegiatan ini dihadiri sekitar 200 alumni dan telah memutuskan untuk membentuk ikatan alumni SMA Muhammadiyah, sekaligus memberi amanah untuk membuka SMA Muhammadiyah I. Maka pada bulan Juni 2006, BPH Unismuh Makassar mengangkat Dr Nasrullah sebagai kepala sekolah periode 2006-2010. Sekolah ini juga diperkuat dengan tim pengajar yang handal, seperti Muh. Zia Ul Haq S.Pd, Drs Hamzah Zaidin M.Pd, Dr Rahman Rahim M.Hum, Kaharuddin Abdi S.Pd, Sudarman M.Sc, Dr Nasrullah, M.Sc , Drs Yose Risal, Dra Marlia, Nurlaila Syarfiah, Takdir S.Pd, Arif Sikki S.Sos serta pengajar lainnya.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Fasilitas-fasilitas di SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar semakin bertambah dari waktu ke waktu. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:

Kesiswaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa kegiatan Ektrakulikuler siswa SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar diantaranya,

Pranala luar[sunting | sunting sumber]