SMA Katolik Santo Louis 2 Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Katolik Santo Louis 2 Surabaya
Data Sekolah
Logo:
Berdiri: 1987
Provinsi: Jawa Timur
Alamat Lengkap: Jalan Tidar No.119, Kota Surabaya, Jawa Timur
Nomor Telepon: (031) 5310256
Kepala Sekolah: Dra. Sri Wahjoeni Hadi S
Jumlah Kelas: 4 kelas setiap tingkat
Program Studi: IPA, dan IPS
Rentang kelas: X,XI IPA,XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum: KTSP
Jumlah Siswa: (30 siswa per kelas)
NUN Masuk terendah:
NUN Masuk tertinggi:
NUN Masuk rata-rata:
Status sekolah: Swasta
Website: Website Resmi SMA Katolik St.Louis Surabaya

SMA Katolik Santo Louis 2 Surabaya adalah Sekolah Menengah Atas di Surabaya, Jawa Timur. SMA Katolik ini didirikan oleh Yayasan Lazaris Surabaya, yang pada waktu itu masih bernama Yayasan Wardiwijana Surabaya sebelum berganti nama pada tahun 1985.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMAK St. Louis 2 Surabaya didirikan sebagai perluasan SMAK St. Louis di Jl. Polisi Istimewa 7, Surabaya. Perluasan tersebut didasarkan pada pertimbangan bahwa terjadi peningkatan jumlah peminat di SMAK St. Louis sehingga melebihi kapasitas yang tersedia. Akibatnya, dari tahun ke tahun semakin banyak calon siswa yang tidak dapat masuk di SMAK St. Louis tersebut.

Yayasan Mardiwijana Kota Surabaya selanjutnya mengusahakan pendirian sekolah baru untuk menampung calon-calon siswa-siswa yang tidak mendapatkan tempat. Pendirian tersebut diprakarsai R.I. Suharto dari Tarekat Imam Conggregasi Misi, selaku Ketua Yayasan Mardiwijana pada waktu itu. Selain itu, para suster Konggregasi Putri Kasih juga memiliki keinginan berdirinya suatu SMA Katolik di kawasan Sawahan, Surabaya. Yayasan Mardiwujana bekerja sama dengan Sr. Laetitia dan Sr. Tarsisia dari Konggregasi Putri Kasih merintis pendirian sebuah sekolah baru pada awal tahun ajaran 1980/1981 yang diberi nama SMA Katolik St. Louis 2 SURABAYA. Untuk sementara, sekolah tersebut menempati sebagian ruang kelas SD Katolik Don Bosco, Jl. Tidar 113 Surabaya.

Dua Tahun kemudian pada tahun 1982, Yayasan Mardiwijana mendirikan gedung berlantai tiga di kompleks Panti Asuhan DON BOSCO Surabaya, yang kini digunakan SMK Katolik St. Louis Surabaya. Pada tahun 1987, Yayasan meneruskan pembangunan tahap kedua yaitu gedung baru khusus untuk SMAK St. Louis 2 Surabaya, bersebelahan dengan tahap pertama. Gedung tersebut berlantai empat, ruangan yang tersedia antara lain:

  1. Laboratorium Biologi
  2. Laboratorium Kimia
  3. Laboratorium Fisika
  4. Perpustakaan

Pada tahun 1994, yayasan meneruskan pembangunan tahap ketiga berupa 10 ruang kelas, satu ruang doa, dan satu perpustakaan. SMAK St. Louis 2 Surabaya berdampingan dan bekerja sama dengan sekolah-sekolah lain, khususnya sekolah-sekolah yang dikelola oleh Yayasan Lazaris, yaitu SMK Katolik St. Louis dan SDK St. Aloysius.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala[sunting | sunting sumber]