Rumah Sakit Islam Siti Hajar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Rumah Sakit Islam Siti Hajar (RSI Siti Hajar) adalah sebuah rumah sakit swasta yang berada di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Rumah sakit ini awalnya dibangun khusus untuk memberikan pelayanan kesehatan terkait keluarga berencana melalui kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.[1] Status RSI Siti Hajar kini adalah rumah sakit kelas C. Perubahan status ini membuat RSI Siti Hajar juga memberikan pelayanan kesehatan di bidang medis, keperawatan, kesehatan masyarakat, farmasi, gizi dan biomedis.[2] Usulan pembangunan RSI Siti Hajar disampaikan oleh seorang dokter dari Rumah Sakit Umum Sutomo bernama Daldiri. Usulannya diterima oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat, Wasita Kusumah. Peresmian RSI Siti Hajar diadakan pada tanggal 1 Agustus 1978. Status RSI Siti Hajar adalah rumah sakit swasta. Saat pertama kali beroperasi, jumlah ranjang yang disediakan sebanyak 25 unit beserta dengan peralatan medis dan peralatan non medis. Anggaran pembelian peralatan ditanggung oleh pemerintah pusat melalui anggaran belanja Indonesia tahun 1978/1979. Perawatan medis mulai diadakan setelah diadakan pengumpulan dana dari umat muslim di Nusa Tenggara Barat. Setelah dana terkumpul, dibangunlah ruang rawat inap, ruang jaga perawat, dan perombakan ruang radiologi. RSI Siti Hajar kini dapat melayani pasien dengan fasilitas 102 tempat tidur, instalasi gawat darurat, rawat inap, rawat jalan, farmasi, laboratorium, radiologi, CT-Scan dan instalasi bedah. Selain itu, disediakan pula pelayanan kesehatan ibu dan anak serta pelayanan ibu melahirkan sesuai dengan syariat Islam.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Tentang :: Rsi Siti Hajar Mataram". rsisitihajarmataram.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-15. Diakses tanggal 16 Juli 2021. 
  2. ^ Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan. "Data Fasyankes RS Islam Siti Hajar". bppsdmk.kemkes.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-15. Diakses tanggal 16 Juli 2021.