Rumah Dara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rumah Dara
Film-rumahdara-id-.jpg
Poster rilis Indonesia
Sutradara Mo Brothers
Produser Delon Tio
Penulis Mo Brothers
Pemeran Shareefa Daanish
Imelda Therinne
Arifin Putra
Ruli Lubis
Julie Estelle
Ario Bayu
Sigi Wimala
Daniel Mananta
Mike Lucock
Dendy Subangil
Distributor Gorylah Pictures
Merah Prod
Guerillas Visuals
Tanggal rilis 22 Januari 2010
Durasi 95 Menit
Negara Bendera Indonesia Indonesia

Rumah Dara (Internasional: Macabre, Singapura: Darah) adalah film horor jagal dari Indonesia yang dirilis pada tanggal 22 Januari 2010. Film yang bersemboyan "Horor menemukan seorang ibu" ini disutradarai oleh Mo Brothers dan dibintangi oleh Shareefa Daanish dan Julie Estelle sebagai tokoh utama. Film Rumah Dara berkisah mengenai sekelompok pemuda-pemudi yang terjebak di rumah milik seorang pembunuh misterius yang bernama "Dara". Film ini menjadi reuni antara aktris Julie Estelle dan Imelda Therinne setelah kolaborasi mereka dalam Kuntilanak 3.

Sebelum ditayangkan di Indonesia, karakter Dara telah lebih dahulu dipopulerkan lewat segmen film pendek "Dara" dalam film horor antologi "Takut: Faces of Fear" yang juga disutradarai Mo Brothers dan dirilis pada tahun 2008 di festival-festival film di seluruh dunia. Segmen film pendek Dara mendapat begitu banyak tanggapan positif sehingga akhirnya Rumah Dara mendapat harapan besar dari para penggemar film Dara. Pada tahun 2008-2009, Rumah Dara juga telah dilayarkan lebih dahulu di berbagai festival film internasional dan banyak meraih penghargaan. Pada akhir 2009, film ini ditayangkan di Singapura terlebih dahulu dan mendapatkan rating M18 (untuk adegan sadis dan kekerasan).[1] Rumah Dara lalu dirilis secara serempak di seluruh Indonesia pada tanggal 21 Januari 2010. Distribusi film ini ke Amerika Utara dan Eropa telah dibeli oleh Overlook Entertainment.[2]

Dalam twitter resmi Rumah dara, diumumkan bahwa film ini dicekal dan dilarang untuk tayang di Malaysia karena tema yang dianggap bertentangan dengan hukum sensor film Malaysia. Film ini menjadi film Indonesia pertama yang dicekal dan dilarang untuk tayang di Malaysia.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Film dibuka dengan ditampilkannya video seorang perempuan yang mengajarkan 3 anaknya mengenai manusia. Wajah perempuan itu tidak terlihat, lalu ia mengajarkan membunuh seorang laki-laki yang kepalanya ditutup.

Film berlanjut dengan Adjie dan Astryd (sedang hamil 8 bulan) akan pergi ke Sydney, Australia, untuk memulai hidup baru. Bersama temannya, Eko, Alam dan Jimmie, mereka pergi dari Bandung ke bandara di Jakarta. Mereka berhenti sebentar di tempat kerja Ladya. Adjie ingin Ladya pergi dengannya, atau paling tidak menemaninya ke bandara. Ladya tidak mau pergi bersamanya karena masih menyalahkan Adjie atas kematian orang tuanya. Namun, atas bujukan Astryd, Ladya mengalah dan dengan sungkan ikut mengantar Adjie dan Astryd.

Dalam perjalanan, mereka bertemu seorang perempuan cantik yang bernama Maia. Ia mengatakan bahwa ia baru saja dirampok. Merasa kasihan, mereka membawa Maia pulang. Setelah sampai di rumahnya, mereka hendak melanjutkan perjalanan, tetapi Maia mengajak mereka masuk untuk diperkenalkan dengan ibunya, perempuan misterius yang bernama Dara. Setelah perkenalan singkat, Dara memberi Astryd ramuan yang dikatakan akan membuat bayi dalam kandungannya lebih sehat. Hendak melanjutkan perjalanan, mereka diundang untuk menyantap sajian makan malam yang telah dimasak oleh Dara. Mereka mengikuti, namun Astryd dan Adjie ingin istirahat, dan dibawa ke kamar di lantai atas.

Saat makan malam, terlihat saudara Maia yang lainnya, Adam dan Armand. Selama makan malam, Maia pergi ke lantai atas sambil memberikan tanda kepada Eko untuk mengikutinya. Di ruangan atas, mereka melakukan hubungan seks dan berakhir dengan Eko pingsan. Pada makan malam, satu per satu tamu yang menyantap masakan Dara lalu pingsan (Dara memberi makanan tersebut obat tidur).

Setelah itu, Alam bangun dan menemukan bahwa ia sendirian di meja makan malam. Ia lalu bertemu Maia, yang lalu menggodanya. Alam malah mencari Ladya, sehingga Maia marah dan berkali-kali berusaha menyayat Alam dengan pisau. Mereka bertarung dan Alam menang. Ia melarikan diri ke pintu depan untuk lari, tetapi pintu tersebut dikunci. Ia melihat ke belakang dan terlihat wajah Maia dan Adam. Alam berusaha melawan, tetapi lengannya dipatahkan oleh Adam. Saat lengannya dipatahkan, Adjie dan Astryd melihatnya dan melarikan diri ke lantai atas. Astryd selamat, tetapi kaki Adjie dipatahkan oleh Adam. Astryd lari ke kamarnya dan menguncinya dengan lemari besar.

Sementara itu, Ladya, Eko dan Jimmie disekap di ruangan gelap. Ladya, orang yang paling dekat dengan lubang pintu, melihat Alam sedang disiksa dan dipotong-potong oleh Armand. Setelah itu, Armand masuk ke ruangan dan membawa Ladya ke meja pemotongan dan mengikatnya. Mencoba menyelamatkan Ladya, Jimmie dan Eko meneriakan kata-kata kasar kepada Armand. Armand kembali ke ruangan dan menendangnya, sementara itu Ladya berhasil membebaskan salah satu tangannya. Armand lalu kembali ke ruangan, dan mencoba memperkosanya. Mulut Ladya dibuka dan Armand menjilat mulutnya, tetapi Ladya mengigit lidahnya dan memutuskannya. Armand kesakitan, dan Ladya menusuk perutnya dan melepaskan diri, lalu membuatnya pingsan. Ladya lalu membebaskan Jimmie dan Eko, dan menemukan lubang untuk keluar dari rumah.

Saat berusaha melarikan diri, Maia datang dengan busurnya, memanah panahnya dan membuat telinga kiri Eko berlubang. Mereka melarikan diri ke hutan. Dara mengambil busurnya dan memanah bahu Ladya, membuat ketiganya terpencar sementara dikejar oleh Adam.

Astryd merasakan sakit pada perutnya. Ternyata, obat yang diberikan Dara adalah obat agar bayi terlahir lebih cepat. Astryd yang masih terperangkap melihat keluar jendela. Ia melihat mobil berplat D 461 NG (daging) di depan rumah. Astryd mencoba memanggil mereka, tetapi perempuan itu ternyata teman Dara. Mereka mengambil beberapa peti dengan foto berbagai orang. Mobil itu lalu pergi, dan mengambil mobil Jimmie. Selanjutnya, air ketuban Astryd pecah, dan ia melahirkan bayinya.

Di hutan, Ladya jatuh di semak-semak yang tinggi. Saat itu hujan, sehingga penglihatan menjadi kabur. Eko dan Jimmie masih bersama. Jimmie mencoba mencari Ladya, dan berhasil membuat Ladya tidak ditemukan oleh Adam. Namun, Jimmie tiba-tiba ditarik dari semak-semak oleh Adam, dan lehernya dipatahkan oleh Adam, sehingga Jimmie tewas. Eko lalu mencoba mengalahkan Adam, tetapi Adam memukulnya dan mengejar Ladya. Eko lalu berhasil mencapai jalan kecil, dan tiba-tiba terlihat cahaya mobil mendekatinya.

Astryd, setelah melahirkan, keluar dan bertemu dengan Adjie. Dara lalu datang dan mengambil anak mereka. Astryd meminta agar anaknya dikembalikan, tetapi Dara memberitahu mereka bahwa mereka bisa keluar dari rumah itu jika mereka menyerahkan bayinya. Dara memasuki ruangan di depan mereka, dan Astryid mengikutinya. Adjie berjalan dan memasuki ruangan itu, yang penuh dengan mayat bayi. Ia lalu melihat istrinya datang dan lehernya tertusuk oleh tongkat besi. Astryd lalu meninggal dunia. Dara melihatnya, lalu Adjie marah dan menyerang Dara. Dara lalu menusuk dan membuat Adjie pingsan. Ladya, yang berhasil lolos dari Adam, melihatnya dan hendak menolong Adjie, tetapi Armand membawanya ke ruangan atas untuk memperkosanya.

Maia lalu memanggil Dara karena kedatangan tamu, yaitu polisi. Polisi tersebut membawa kembali Eko ke rumah itu. Dara lalu berbohong kepada kepala polisi. Polisi-polisi itu lalu berpencar untuk memeriksa rumah tersebut, dua naik tangga dan dua lagi masih di bawah. Salah satu polisi melihat video yang menunjukan video yang ditampilkan pada pembukaan film. Polisi itu ketakutan, lalu secara tidak sengaja melihat foto tua. Foto Dara bertahun 1889, dan wajahnya masih sama. Di atas, Armand sedang memperkosa Ladya, sementara tangan Ladya bergerak ke meja kecil dipinggirnya. Ia mengambil pensil tajam dan menusuknya ke mata Armand. Armand berteriak, dan polisi bertanya teriakan apa itu. Adam lalu mematikan listrik, dan satu per satu polisi dibunuh oleh keluarga Dara. Kepala polisi berhasil mencapai mobilnya dan mengambil senapan. Saat Maia membunuh anak buahnya, polisi itu menembak kepala Maia. Dara, yang marah, membunuh kepala polisi tersebut.

Ladya lalu bertemu kembali dengan Adjie di ruangan bayi. Adjie marah dan memecahkan beberapa tempat mayat bayi, membuat Adam dan Dara mengetahui lokasi mereka. Dara lalu mengirim Adam untuk membunuh mereka. Saat terjadi pergulatan antara Adam dan Adjie, Eko menusuk dada Adam, dan Ladya melempar lighter ke Adam. Adam terbakar dan pergi ke ruangan lain, sementara Adjie dan Ladya mengambil bayinya. Eko yang turun kebawah melihat Dara dengan gergaji mesin. Adjie dan Ladya turun, tetapi dicegat oleh Adam yang wajahnya terbakar. Setelah terjadi pergulatan, akhirnya Adam berhasil dibunuh oleh Ladya dan Adjie.

Ladya lalu mengambil pedang dan mencari Dara. Di meja makan, Ladya melihat tubuh Eko telah tercincang, dan Dara berlari menuju Ladya sambil membawa gergaji mesin. Ladya berusaha melawan dengan pedangnya dan melarikan diri ke sisi lain meja makan. Ladya mencoba berlari ke pintu depan, dan melompat untuk melewati gergaji mesin Dara. Kakinya sedikit terkena gergaji mesin, tetapi tidak sampai terputus. Adjie lalu datang dan membuat Dara jatuh, tetapi bahu Adjie dicincang oleh gergaji mesin. Sebelum kematiannya, ia menemukan senapan disampingnya dan melemparnya ke Ladya. Ladya mengambilnya dan menembak Dara. Dara terbaring di lantai. Adjie lalu meminta maaf kepada Ladya dan meninggal dunia.

Ladya membawa bayi keluar, dan meletakannya di belakang mobil polisi. Ketika Ladya siap pergi, Dara tiba-tiba datang dan berusaha menghentikan Ladya. Ladya lalu memundurkan kendaraan, membuka pintu mobil dan mengarahkan pintu tersebut ke pohon. Dara dan pintu lalu tertabrak pohon dan jatuh. Ladya lalu berhasil meloloskan diri. Namun, tanpa diketahui oleh Ladya, tangan Dara pelan-pelan bergerak dan film berakhir.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapat reaksi kritikan yang bagus, dan juga banyak nominasi, rata-rata untuk set dekorasi dan performa dari Shareefa Daanish. Dalam Independent Film Award, film ini menerima lima nominasi, memenangkan Aktris Terbaik untuk Shareefa Daanish. Film ini juga dinominasikan untuk empat kategori lainnya, yaitu Best Supporting Actress untuk Julie Estelle (dimenangkan oleh Happy Salma untuk 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita), Best Art Direction - Set Decoration (dimenangkan oleh Minggu Pagi di Victoria Park), Best Sound dan Best Score (dimenangkan oleh Jermal).

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil
2007 LA Screamfest Horror Film Festival - Macabre (Rumah Dara) Menang
International Horror and Sci Fi Film Festival of Phoenix, Arizona Film Pendek Internasional Terbaik Macabre (Rumah Dara) Menang
Freakshow Film Festival of Orlando, Florida, NYC Horror Film Festival Audience Choice Award Macabre (Rumah Dara) Menang
Horrorthon Horror Film Festival of Dublin, Ireland Opening Short for Surprise Film Macabre (Rumah Dara) Menang
2009 Puchon Choice Feature - International Competition Aktris Terbaik Shareefa Daanish Menang[4]
2010 Jakarta International Film Festival Film Indonesia Terbaik Rumah Dara Menang[4]
2011 Ajang Apresiasi KASKUS untuk Film Indonesia (KuFI) Film Indonesia Terbaik Rumah Dara Menang[4]
Pemeran Utama Perempuan Film Indonesia Terbaik Shareefa Daanish Menang[4]
Pemeran Pembantu Laki-laki Film Indonesia Terbaik Arifin Putra Menang[4]
Kaskus Banget: Page One Terkeren Rumah Dara Menang[4]
Kaskus Banget: Momen Tergila Rumah Dara Menang[4]
IMBlog Choice Awards Untuk Film Indonesia Poster Jawara Rumah Dara Nominasi[5]
Poster Tersohor Rumah Dara Nominasi[5]
2011 Independent Film Award Aktris Terbaik Shareefa Daanish Menang
Aktris Pendukung Terbaik Julie Estelle Nominasi
Set Dekorasi Terbaik Rumah Dara Nominasi
Penataan Suara Terbaik Rumah Dara Nominasi
Penataan Musik Terbaik Rumah Dara Nominasi

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Darah *Blog Aloud*" (dalam bahasa Bahasa Inggris). Golden Village. 2009. 
  2. ^ Noh, Jeah (2009). "Overlook turns Macabre for Europe and US" (dalam bahasa Bahasa Inggris). ScreenDaily. 
  3. ^ "Film "Rumah Dara" Dicekal di Malaysia" (dalam bahasa bahasa Indonesia). ESQmagazine. 2010. 
  4. ^ a b c d e f g "Penghargaan bagi Rumah Dara". FilmIndonesia.or.id. Diakses 2014-01-26. 
  5. ^ a b "The 1st Indonesian Movie Bloggers Choice Awards Winners". raditherapy.com. Diakses 2014-01-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]