DreadOut (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
DreadOut
SutradaraKimo Stamboel
Produser
Ditulis olehKimo Stamboel
Pemeran
Penata musikFajar Yuskemal
SinematograferPatrick Tashadian
PenyuntingBobby Prabowo
Perusahaan
produksi
Distributor
  • MM2 Entertainment
  • Cathay-Keris Films
  • Westec Media Limited
  • Nikkatsu
Tanggal rilis
  • 3 Januari 2019 (2019-01-03) (Indonesia)
  • 11 April 2019 (2019-04-11) (Singapura)
  • 18 April 2019 (2019-04-18) (Malaysia)
  • 24 Mei 2019 (2019-05-24) (Taiwan)
Durasi97 menit
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
Pendapatan
kotor
Rp 33.3 miliar

DreadOut adalah sebuah film horor fantasi Indonesia tahun 2019 yang disutradarai oleh Kimo Stamboel. Film ini diadaptasi dari permainan video dengan judul yang sama karya Digital Happiness, Bandung.[1] Dan selama masa tayangnya di Indonesia, film DreadOut berhasil meraih 831.150 penonton.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film DreadOut 2019 bercerita tentang Linda, seorang gadis SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat makhluk halus. Suatu hari, Linda dan teman-temannya pergi ke sebuah gedung tua yang konon angker.[2]

Sekelompok siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) bernama Jessica (Marsha Aruan), Beni (Irsyadillah), Dian (Susan Sameh), Alex (Ciccio Manassero) dan Erik (Jefri Nichol) pergi ke suatu apartemen angker yang sudah lama tidak dihuni. Tujuannya adalah untuk siaran langsung di media sosial demi mencapai popularitas. Mereka berniat merekam kondisi yang ada di dalam apartemen angker tersebut. Awalnya, mereka terkendala oleh satpam yang melarang masuk.

Namun, atas bujukan Linda (Caitlin Halderman), teman Jessica dan kawan-kawan, satpam akhirnya memperbolehkan masuk. Saat memasuki apartemen, mereka sampai pada suatu ruangan yang telah disegel polisi, kemungkinan bekas pembunuhan. Dalam ruangan tersebut, terdapat perkamen (semacam pengganti kertas zaman dahulu, terbuat dari kulit binatang) berisi tulisan-tulisan beraksara Sunda kuno.

Dari sekian orang, hanya Linda yang bisa membacanya. Setelah selesai membaca tulisan tersebut (yang kemudian diketahui ternyata mantra) tiba-tiba terlihat portal hitam menuju neraka. Makhluk penunggu portal marah dan menyerang sekelompok remaja tersebut. Makhluk-makhluk dunia lain mulai bermunculan.

Dari perempuan berkebaya yang bisa memanjat tembok dan memutar kepala, tangan keluar dari kuburan, pocong yang membawa celurit, dan lainnya. Pertarungan sekelompok siswa dan sekelompok makhluk dunia lain pun berlangsung.[3]

Linda dan teman-temannya pun terperangkap di dunia gaib yang penuh dengan makhluk-makhluk mengerikan. Mereka harus berjuang untuk bertahan hidup dan menemukan jalan pulang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Caitlin Halderman Linda
Jefri Nichol Eric
Marsha Aruan Jesicca
Irsyadillah Beni
Ciccio Manassero Alex
Susan Sameh Dian
Rima Melati Adams Hantu Kebaya Merah
Avrilla Sigarlaki Hantu Kebaya Putih
Mike Lucock Kang Heri
Salvita Decorte Nancy
Miller Khan Ketua Sekte
Cathy Fakandi Ira
Hannah Al Rashid Bu Siska
Asha Kenyeri Bermudez Linda Kecil
Richard Olson Ayah Linda
Ikhsan Lemon Siswa Yang Dibully
Stan the Man Manajer Toko
Adjat the Killer Satpam Apartemen

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bill Clinten (2 Januari 2019). Oik Yusuf, ed. "Diangkat dari Game Indonesia, Film "DreadOut" Mulai Tayang Besok". kompas.com. Diakses tanggal 15 Januari 2019. 
  2. ^ "Sinopsis Film DreadOut 2019: Petualangan Mengerikan Sekelompok Remaja di Dunia Gaib". AyoBadung. 
  3. ^ Yandri Daniel Damaledo (6 Desember 2018). "Sinopsis Dreadout, Film Horor dari Adaptasi Game". tirto.id. Diakses tanggal 15 Januari 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]