Jermal (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jermal (film)
Jermal.jpg
Sutradara Ravi Bharwani
Rayya Makarim
Utawa Tresno
Produser Orlow Seunke
Penulis Ravi Bharwani
Rayya Makarim
Orlow Seunke
Pemeran Didi Petet
Yayu Aw Unru
Iqbal S. Manurung
Chairil A. Dalimunthe
Distributor ECCO Films
Durasi 88 menit
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Bahasa Bahasa Indonesia

Jermal (Internasional: Fishing Platform) merupakan film drama dari Indonesia yang dirilis pada tanggal 12 Maret 2009. Film ini disutradarai oleh Ravi Bharwani dan dibintangi antara lain oleh Didi Petet, Yayu Aw Unru, Iqbal S. Manurung, dan Chairil A. Dalimunthe. Film ini mengangkat tema tentang isu pekerja anak yang kerap dipekerjakan di jermal yang berlokasi di tengah lautan perairan Indonesia.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian ibunya, Jaya (Iqbal S. Manurung) yang berusia 12 tahun dikirim ke ayahnya, Johar (Didi Petet), yang bekerja sebagai supervisor di sebuah jermal (pangkalan nelayan yang bertengger di panggung di tengah-tengah laut). Johar terkejut, tidak pernah tahu ia memiliki seorang putra, dan menolak anak itu sebagai anaknya. Namun ia tidak dapat membawa Jaya kembali ke daratan karena masa lalunya yang kelam, Johar terpaksa menerima Jaya sebagai pekerja di jermal tersebut.

Menghadapi penolakan konstan dari ayahnya dan terus diintimidasi oleh anak-anak lain yang bekerja di jermal tersebut, Jaya memutuskan untuk mengambil nasib ke tangannya sendiri. Dia berharap akan diterima dan belajar keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk bertahan hidup di jermal.

Jaya semakin menjadi seperti anak-anak lain: seorang yang tangguh namun kasar, sedangkan Johar terpaksa bertahap menghadapi dan menerima masa lalunya. Akhirnya, baik Johar maupun Jaya belajar bahwa mereka terikat oleh masa lalu mereka, bersatu dengan ruang di mana mereka berada, serta terhubung oleh kebenaran yang tak terhindarkan.

Catatan produksi[sunting | sunting sumber]

Syuting dilakukan di sebuah jermal bernama Jermal "Pak Tua" yang berada sekitar 6 mil di tengah laut dari Pantai Cermin, Serdang Bedagai. Proses syuting berlangsung selama bulan Februari - Maret 2008. Tayang perdana film ini adalah di Pusan International Film Festival pada bulan Oktober 2008. Film ini baru dirilis di Indonesia pada 12 Maret 2009.[1]

Piala Citra FFI 2009[sunting | sunting sumber]

  • Nominasi Pemeran Utama Pria (Didi Petet)
  • Nominasi Tata Artistik (Budi Riyanto Karung)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Buklet DVD "Jermal", 20 Juni 2013.