Ronald McDonald

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ronald McDonald
Ronald mcdonald thailand.jpg
Penampilan pertama 1963
Pencipta Willard Scott, George Voorhis, dan Terry Teene (dipertanyakan)
Pemeran Willard Scott, Bev Bergeron, Viv Weekes, George Voorhis, Bob Brandon, King Moody, Squire Fridell, Jack Deopke, Joe Maggard, and Brad Lennon
Informasi
Jenis kelamin Laki-laki
Pekerjaan Maskot badut McDonald's

Ronald McDonald adalah tokoh badut maskot utama restoran cepat saji McDonald's. Dalam iklan televisi, badut ini tinggal di dunia fantasi bernama McDonaldland, tempatnya bertualang bersama teman-temannya Mayor McCheese, the Hamburglar, Grimace, Birdie the Early Bird, dan The Fry Kids. Namun belakangan ini, McDonaldland sebagian besar sudah tidak dipakai lagi. Ronald lebih sering digambarkan bermain bersama anak-anak di dunia nyata.

Pekerjaan sebagai badut Ronald McDonald banyak dilakukan orang sebagai mata pencaharian tetap. Mereka mengenakan kostum Ronald McDonald, dan mengunjungi anak-anak di rumah sakit. Ada pula penginapan Ronald McDonald House, tempat orang tua dapat menginap ketika harus menjagai anak yang sedang dirawat di rumah sakit.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Willard Scott[sunting | sunting sumber]

Model tokoh Ronald McDonald berawal dari seorang penyiar radio lokal bernama Willard Scott. Ia juga memerankan tokoh Badut Bozo di televisi WRC-TV, Washington, D.C. dari tahun 1959 hingga 1962. Willard Scott tampil pada tahun 1963 dengan nama panggung "Ronald McDonald, the Hamburger-Happy Clown" dalam tiga iklan televisi yang berbeda. Ketiga iklan tersebut merupakan iklan televisi pertama yang menampilkan tokoh Ronald McDonald.[1]

Scott nantinya menjadi penyiar cuaca di program berita Today di NBC-TV, dan mengaku sebagai "pencipta tokoh Ronald McDonald" menurut buku Joy of Living yang ditulisnya,

Pada waktu itu, Badut Bozo adalah acara anak-anak paling populer di televisi. Anda mungkin saja menggunakan Pluto atau Dumbo, dan keduanya mungkin sama suksesnya. Namun aku yang dipakai, dan aku adalah Bozo.... Ada sesuatu di balik kombinasi hamburger dan Bozo yang membuat anak-anak terpikat.... Itulah alasannya ketika beberapa tahun kemudian Bozo berhenti ditayangkan, orang-orang McDonald's setempat memintaku untuk membuat karakter baru sebagai pengganti Bozo. Begitulah, aku duduk dan menciptakan tokoh Ronald McDonald.[1]

George Voorhis/Terry Teene[sunting | sunting sumber]

George Voorhis adalah aktor seni pertunjukan Amerika Serikat dari akhir abad ke-20 yang sering berperan sebagai badut. Ia mengaku sebagai Ronald McDonald yang "asli". Kliping surat kabar lokal Valley News (surat kabar San Fernando Valley) mengenali George Voorhis sebagai "Ronald McDonald" di "restoran McDonald's setempat". Menurut pengakuan George Voorhis dan Terry Teene, mereka berdua—pada awal tahun 1963—menciptakan tokoh asli dan mendesain badut Ronald McDonald yang telah menjadi ikon periklanan Amerika Serikat. Keduanya juga merancang kostum yang dilengkapi kantong "French-fry bag pockets" dan gambar raut muka Ronald McDonald untuk sebuah penampilan yang dibayar di restoran lokal McDonald's di Los Angeles, California.

Versi McDonald's[sunting | sunting sumber]

McDonald's tidak menyebut soal Voorhis atau klaim Willard Scott "menciptakan Ronald" dalam pernyataan berikut,

Senyumnya dikenal di seluruh dunia," Ronald McDonald berada di urutan kedua setelah Sinterklas dalam soal dikenali [anak-anak]. (Menurut sebuah survei, 96% dari semua anak-anak sekolah di Amerika Serikat mengenali Ronald (stunning-stuff.com)). Dalam iklan televisi pertama McDonald's pada tahun 1963, badut gembira tersebut memang diperankan oleh Willard Scott.

Selanjutnya pada 28 Maret 2000, Henry Gonzalez, Presiden Divisi Northeast McDonald's berterima kasih kepada Scott untuk jasanya menciptakan tokoh Ronald McDonald dalam tribut yang direkam untuk Scott dalam acara Today Show.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Big Burger Business: McDonald's and Burger King". Heavyweights. Food Network. 2008-04-21. No. 3, season 2.

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Schlosser, E. (2006) Chew on this: everything you don’t want to know about fast food. Boston, MA: Houghton Mifflin Co.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]