Ronald McDonald House Charities

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Serena Williams mengunjungi salah satu Rumah Sosial Ronald McDonald.

Ronald McDonald House Charities (Rumah Sosial Ronald McDonald), yang mengambil nama Ronald McDonald, tokoh badut dari restoran cepat saji McDonald's, adalah suatu losmen yang didirikan dekat rumah sakit, tempat menginap untuk para orang tua dari anak-anak yang sedang dirawat. Biaya menginap di losmen ini sangat murah. Rumah Sosial Ronald McDonald yang pertama didirikan pada tahun 1974 di Philadelphia, Pennsylvania dan yang pertama di luar Amerika Serikat didirikan pada tahun 1985 di Amsterdam, Belanda. Pada 5 Juli 2005, Rumah Sosial Ronald McDonald yang ke-250 dibuka di Caracas, Venezuela.

Biaya menginap yang sangat murah bahkan cuma-cuma[sunting | sunting sumber]

Menurut FAQ dari situs web resmi Rumah Sosial Ronald MacDonald, biaya pengoperasian satu kamar berkisar andara 50 hingga 100 USD per malam, namun keluarga yang menginap hanya diminta untuk menyumbang kira-kira sebesar 5 hingga 25 USD per malam. Bagi keluarga-keluarga tak mampu, mereka sama sekali tak diminta untuk membayar.

Penyandang dana[sunting | sunting sumber]

Dana untuk rumah sosial ini berasal dari sumbangan masyarakat. Di banyak restoran cepat saji McDonalds, terdapat kotak amal yang hasilnya diteruskan ke rumah sosial ini. Meskipun demikian, Rumah Sosial Ronald McDonald bukan milik restoran cepat saji McDonald's, tetapi perusahaan franchise ini menyumbangkan perabotan dan pelayanan secara cuma-cuma dengan tujuan untuk mengurangi biaya operasi dan meningkatkan kesadaran sosial masyarakat. Pada tahun 2003, Joan Kroc, istri dari pendiri McDonald's, Ray Kroc, menyumbangkan 60 juta USD kepada Rumah Sosial Ronald McDonald.

Melalui Program Pengumpulan Tutup Minuman Kaleng (Pop Tab Collection Program) yang dilaksanakan oleh Rumah Sosial Ronald McDonald, hingga kini telah terkumpul dana sebesar 4 juta USD. Program ini dilaksanakan agar orang-orang dan perusahaan-perusahaan dapat mengumpulkan tutup minuman kaleng dan menyumbangkannya kepada rumah sosial ini.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001 dan 2002, majalah Worth memberi penghargaan kepada Rumah Sosial Ronald McDonald sebagai salah satu dari "100 organisasi sosial terbaik di Amerika Serikat".

Fakta[sunting | sunting sumber]

Hingga tahun 2005:

  • Telah didirikan di 48 negara, dan pada 27 negara terdapat lebih dari satu Rumah Sosial Ronald McDonald.
  • Menyediakan lebih dari 6.000 kamar tidur setiap malamnya untuk keluarga dari anak-anak yang sedang dirawat di rumah sakit melalui lebih dari 250 Rumah Sosial Ronald McDonald.
  • Menyediakan tempat tinggal sementara di dekat rumah-rumah sakit atau tempat-tempat pelayanan kesehatan lainnya bagi lebih dari 10 juta keluarga yang memiliki anak yang sedang dirawat.
  • Didukung oleh lebih dari 30.000 sukarelawan yang membantu di Rumah Sosial Ronald McDonald di seluruh dunia.
  • Rumah Sosial Ronald McDonald telah menyediakan lebih dari 400 juta USD untuk program-program di seluruh dunia bagi anak-anak.
  • Ikut membantu dalam penanggulangan bencana Tsunami di Asia pada tahun 2004.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs web resmi Rumah Sosial Ronald McDonald