Roh Moo-hyun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Roh Moo-hyun
노무현
Roh Moo-hyun, Oktober 2003.
Presiden Korea Selatan ke-16
Masa jabatan
25 Februari 2003 – 25 Februari 2008
Perdana Menteri Goh Kun
Lee Hae Chan
Lee Hae Chan
Han Myeong-sook
Han Duck-soo
Didahului oleh Kim Dae-jung
Digantikan oleh Lee Myung-bak
Informasi pribadi
Lahir 1 September 1946
Gimhae, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan
Meninggal 23 Mei 2008 (umur 61)
Yangsan, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan
Partai politik CRDP
YUP
UNDP
Suami/istri Kwon Yang-sook
Agama Katolik Roma
Roh Moo-hyun
Hangeul 노무현
Hanja 盧武鉉
Alih Aksara yang Disempurnakan No Mu-hyeon
McCune–Reischauer No Muhyŏn

Roh Moo-hyun (Korea: 노무현, API: [no.mu.hjʌn]) (lahir di Gimhae, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan, 1 September 1946 – meninggal di Yangsan, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan, 23 Mei 2009 pada umur 62 tahun) adalah Presiden Korea Selatan ke-16. Ia menjabat sejak 25 Februari 2003 sampai 24 Februari 2008. Sebelum terjun di dunia politik, Roh adalah seorang pengacara HAM.

Karier politiknya diwarnai upaya-upaya untuk mengatasi regionalisme dalam dunia politik Korea Selatan, sebelum kemudian akhirnya ia dilantik menjadi presiden. Lawan-lawan politiknya mencoba untuk memecatnya melalui pemakzulan pada tahun 2004, namun gagal. Setelah peristiwa tersebut ia kembali menjabat dengan mandat yang lebih kuat dibandingkan dengan saat ia baru menjadi presiden, namun sejak saat itu popularitasnya telah menunjukkan penurunan.

Antara kebijakan yang diambilnya sebagai presiden adalah pengiriman tentara Korea ke Irak, upayanya yang gagal untuk memindahkan ibu kota korea Selatan dari Seoul ke Chungcheong, dan keinginannya untuk membentuk sebuah koalisi besar dengan Partai Nasional Utama yang dikritik dengan luas. Ketidakpopuleran Roh diperparah dengan kebijakan perjanjian atas Korea Selatan, yang menarik kontroversi pada berbagai peristiwa seputar uji peluru dan nuklirnya.

Roh Moo-Hyun meninggal dalam usia 62 tahun setelah terjun bebas dari jurang pegunungan di belakang rumahnya di desa Bongha. Ia menderita cedera kepala berat dan dikirim ke rumah sakit di Busan sekitar pukul 8:15 a.m. (23:15 GMT) dan dinyatakan meninggal sekitar pukul 9:30 a.m. (00:30 GMT). Menurut pengacaranya, Roh meninggalkan catatan yang mengatakan bahwa hidupnya "sulit" dan meminta maaf telah "membuat banyak orang menderita". Kepolisian KorSel kemudian menegaskan kematian Roh.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Kim Dae-jung
Presiden Korea Selatan
2003-2004
Diteruskan oleh:
Go Kun
(Acting)
Didahului oleh:
Go Kun
(Acting)
Presiden Korea Selatan
2004-2008
Diteruskan oleh:
Lee Myung-bak