Ria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Georges River, di pinggiran selatan Sydney (Australia) adalah sebuah ria, atau lembah sungai yang tenggelam. Bentuk menjoroknya yang dalam menyerupai pola drainase dendritik yang ada sebelum kenaikan permukaan laut yang membanjiri lembah ini.

Sebuah ria adalah suatu bentang alam, sering disebut lembah sungai tenggelam. Ria hampir semuanya berupa muara. Ria terbentuk ketika permukaan laut naik ke daratan sebagai bagian dari perubahan permukaan laut eustatik (di mana permukaan laut global naik), atau perubahan permukaan laut isostatik (di mana daratan tenggelam). Ketika hal ini terjadi, lembah yang terletak di permukaan laut menjadi tenggelam. Hasilnya biasa berupa sebuah muara yang sangat besar di mulut sungai (dan sedimen segera memenuhi ria). Kingsbridge Estuary adalah sebuah contoh ekstrem ria membentuk muara yang tak seimbang dengan sungainya; tidak ada sungai yang mengalir ke sana, hanya beberapa arus kecil.

Ria kadang-kadang dianggap sama dengan fjord. Meskipun keduanya terbentuk di lembah tenggelam, fjord tidak dibentuk oleh sungai, tapi oleh glasier. Contohnya, sebuah ria di utara Rovinj di pantai barat Istria, Kroasia, Teluk Lim (Limski kanal dalam bahasa Kroasia) biasa disebut "fjord Lim", meskipun tidak dibentuk oleh erosi glasial tapi oleh sungai Pazinčica.

Kata ria berasal dari bahasa Galisia, karena ria muncul di sepanjang pantai Galisia. Berhubungan dengan kata rio (sungai). 19 ria Galisia terbagi menjadi tiga kelompok utama: Rias Altas (Ria Atas), Rias Medias (Ria Tengah) dan Rias Baixas (Ria Bawah).

Contoh lain[sunting | sunting sumber]

Jembatan Maza melintasi Ria San Vicente de la Barquera terletak di Cantabria, Spanyol

Lihat pu;a[sunting | sunting sumber]