Reuben Fine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Reuben Fine (lahir 11 Oktober 1914 – meninggal 26 Maret 1993 pada umur 78 tahun) adalah salah satu pemain catur terbaik dunia pada 1930-an. Ia juga mengarang sejumlah buku catur yang masih populer hingga sekarang. Setelah Perang Dunia II, ia belajar psikologi dan juga menulis buku-buku tentang topik itu.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Fine dilahirkan di New York City, Amerika Serikat. Ia belajar untuk bermain catur pada tingkat turnamen di Klub Catur Marshall yang terkenal di New York City dan merintis jalan bagi banyak grandmaster terkenal seperti Bobby Fischer. Fine juga also dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam catur kilat di dunia - bahkan pada awal tahun 1930-an, ia dapat bertanding melawan juara catur dunia saat itu, Alexander Alekhine, meskipun Fine mengakui bahwa beberapa kali ketika ia bermain melawan pendahulu Alekhine, José Raúl Capablanca, ia dibantai "tanpa kasihan".

Pada 1937 ia telah memenangkan serangkaian turnamen internasional dan menjadi salah satu pemain yang paling berhasil di dunia. Ia telah mewakili AS dalam sejumlah Olimpiade Catur, dan tim AS terus-menerus memperoleh tempat pertama. Meskipun ia aktif dalam pertandingan-pertandingan AS ia tidak pernah berhasil mencapai tempat pertama dalam Kejuaraan Catur Amerika Serikat. Biaasnya ia mendududki tempat kedua setelah lawannya orang Amerika, Samuel Reshevsky. Namun demikian, rekor pertandingan internasional Fine pada 1930-an lebih unggul daripada rekor Reshevsky. Pada 1938, Fine berusaha merebut tempat pertama bersama Paul Keres dalam pertandingan bergengsi Turnamen AVRO di Belanda. Ini adalah salah satu turnamen yang paling terkenal pada abad ke-20. Pertandingan ini diorganisir dengan harapan bahwa pemenang AVRO, sebuah turnamen round robin berganda, akan menjadi penantang berikutnya dari juara dunia Alexander Alekhine.

Permainan penting[sunting | sunting sumber]

Buku[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]