Republik Federal Amerika Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Republik Federal Amerika Tengah
República Federal de Centroamérica

1823–1838
Bendera Lambang
Lagu kebangsaan
La Granadera
Ibu kota Guatemala City (sampai 1834)
San Salvador
Bahasa Spanyol
Pemerintahan Republik
Sejarah
 -  Kemerdekaan 1 Juli 1823
 -  Dibubarkan 21 Mei 1838
Mata uang Real Republik Amerika Tengah
Pendahulu
Pengganti
Kekaisaran Meksiko Pertama
Kosta Rika
El Salvador
Guatemala
Honduras
Nikaragua
Los Altos
Sekarang bagian dari  Costa Rica
 El Salvador
 Guatemala
 Honduras
 Mexico
 Nicaragua

Republik Federal Amerika Tengah, yang dikenal sebagai Provinsi Bersatu Amerika Tengah adalah negara berdaulat di Amerika Tengah, yang terdiri dari wilayah-wilayah bekas Captaincy Jenderal Guatemala dari Spanyol Baru. Negara ini berdiri dari September 1821 sampai 1841, dan merupakan republik demokrasi.

Lambang pada bendera negara ini pada tahun 1823-1824 disebut federasi (di Spanyol) sebagai Provincias Unidas del Centro de América ("Provinsi Bersatu Dari Amerika Tengah"), namun, pada konstitusi 1824 negara ini , lambang, dan bendera disebut República federal de Centroamerica / Centro América ("Republik federal Amerika Tengah ").

Bendera negara ini dirancang oleh Commodore Louis - Michel Aury berdasarkan bendera Argentina . Istilah Wilayah - wilayah Bersatu juga pernah digunakan pada gelar pertama Argentina " Provincias Unidas del Río de la Plata " ( Wilayah - wilayah Bersatu Sungai Perak ) . Commodore Aury menciptakan republik merdeka pertamanya di Old Providence Island ( Isla de Providencia ) pada tahun 1818 , di luar pantai Nikaragua .

Republik ini terdiri dari negara-negara yang kini adalah Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, dan Kosta Rika. (Panama waktu itu adalah bagian dari Kolombia). Pada tahun 1830-an, negara keenam ditambahkan yaitu Los Altos, dengan ibukota Quetzaltenango - bagian yang sekarang adalah dataran tinggi barat Guatemala dan Chiapas. Meskipun negara ini baru merdeka dari Spanyol, negara ini langsung dianeksasi Meksiko. Kemerdekaannya diproklamasikan pada tahun 1823 dan berakhir tahun 1838.

Refrensi[sunting | sunting sumber]