Ratu surga (zaman kuno)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Patung Isis menyusu putranya, disimpan di Louvre

Ratu surga adalah gelar yang diberikan kepada sejumlah dewi langit yang meliputi Inanna, Anat, Isis, Astarte, Hera, dan mungkin Asherah (oleh nabi Yeremia). Pada zaman Yunani-Romawi, Hera, dan aspek Romawi-nya Juno menyandang gelar tersebut. Bentuk dan konten pemujaannya beragam. Pada zaman modern, gelar "Ratu Surga" masih dipakai oleh pagan kontemporer untuk merujuk kepada Dewi Agung, sementara umat Katolik, Ortodoks dan beberapa Kristen Anglikan sekarang menerapkan gelar tersebut kepada Maria, bunda Yesus.

Inanna[sunting | sunting sumber]

Inanna adalah dewi cinta dan perang Sumeria. Disamping asosiasinya dengan pembuahan dan kesuburan manusia dan hewan, Inanna bukanlah dewi ibu, dan jarang diasosiasikan dengan kelahiran anak.[1] Inanna juga diasosiasikan dengan hujan dan angin ribut dan dengan planet Venus.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fiore, Silvestro. Voices From the Clay: the development of Assyro-Babylonian Literature. University of Oklahoma Press, Norman, 1965.
  2. ^ Jacobsen, Thorkild. The Treasures of Darkness: a History of Mesopotamian Religion. Yale University Press, New Haven and London, 1976.