Puss in Boots: The Last Wish

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Puss in Boots: The Last Wish
Poster perilisan teatrikal
SutradaraJoel Crawford
ProduserMark Swift
Skenario
Cerita
Berdasarkan
Puss in Boots
oleh Giovanni Francesco Straparola
Pemeran
Penata musikHeitor Pereira
PenyuntingJames Ryan
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 13 Desember 2022 (2022-12-13) (Lincoln Center)
  • 21 Desember 2022 (2022-12-21) (Amerika Serikat)
  • 28 Desember 2022 (2022-12-28) (Indonesia)
Durasi102 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris dan Spanyol
Anggaran$90 juta[2]
Pendapatan
kotor
$370.8 juta[3][4]

Puss in Boots: The Last Wish adalah film petualangan komedi animasi komputer Amerika yang akan datang yang diproduksi oleh DreamWorks Animation dan didistribusikan oleh Gambar Universal. Sebuah spin-off dari seri Shrek, film ini adalah sekuel dari Puss in Boots (2011) . Film ini disutradarai oleh Joel Crawford dengan penyutradaraan bersama oleh Januel Mercado, ditulis oleh Paul Fisher, dan dibintangi oleh suara Antonio Banderas dan Salma Hayek yang mengulang peran mereka masing-masing sebagai Puss in Boots dan Kitty Softpaws, bersama Olivia Colman, Harvey Guillén, Samson Kayo, Wagner Moura, Anthony Mendez, John Mulaney, Florence Pugh, Da'Vine Joy Randolph, dan Ray Winstone.

Rencana untuk sebuah sekuel dari Puss in Boots dimulai pada November 2012, ketika produser eksekutif Guillermo del Toro berbagi rencana untuk membawa karakter tituler dalam petualangan ke "tempat yang sangat eksotis", yang juga menyatakan beberapa draf skenario telah selesai. Pengerjaan sekuel dimulai pada April 2014, menurut Banderas. Judul film diumumkan sebagai Puss in Boots 2: Nine Lives & 40 Thieves pada Juni 2014.

Puss in Boots: The Last Wish tayang perdana di Lincoln Center di Kota New York pada 13 Desember 2022, dan secara teatrikal di Amerika Serikat pada 21 Desember 2022 dan di Indonesia pada 28 Desember 2022, setelah tertunda dalam jadwal perilisan yang diharapkan karena restrukturisasi di DreamWorks. Film ini mendapat pujian kritik, memuji animasi, cerita, adegan aksi, gaya visual, tema, akting suara, dan humornya, dengan banyak yang menganggapnya lebih unggul dari pendahulunya secara langsung, dan telah mendapat lebih dari $370.8 juta di seluruh dunia dengan anggaran produksi sebesar $90 juta. Ini dinominasikan untuk Film Fitur Animasi Terbaik di Penghargaan Golden Globe ke-80, dan juga menerima nominasi dalam kategori yang sama di Critics' Choice Awards ke-28, dan Penghargaan British Academy Film.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Di dalam kota Del Mar, pahlawan terkenal dan penjahat Puss in Boots mengadakan pesta saat raksasa tanah menyerang mereka. Puss berhasil menaklukkan raksasa itu tetapi akhirnya tertimpa sampai mati oleh lonceng setelahnya. Terbangun di klinik lokal, Puss diinformasikan oleh dokter bahwa dia menggunakan delapan dari sembilan nyawanya dan didesak untuk pensiun dari berpertualang. Puss awalnya menolak, tetapi setelah pertemuan dan kalah dalam sebuah duel dengan seekor serigala berkerudung hitam di sebuah pub terdekat malam itu yang menggores dahinya, dia dengan ketakutan melarikan diri ke rumah seorang wanita kucing lokal bernama Mama Luna dan dengan upacara mengubur pakaiannya di tamannya.

Seiring berjalannya waktu, keluarga kriminal Goldilocks dan Tiga Beruang muncul ke kediaman Luna untuk mencari Puss, hanya untuk menemukan "makamnya". Puss sengaja mendengar mereka berbicara tentang Bintang Harapan, sebuah bintang jatuh yang dapat mewujudkan segala keinginan, dengan petanya dikirimkan malam ini ke Jack Horner, seorang koki kue yang korup dan kolektor artefak magis. Melihat itu sebagai kesempatan memulihkan nyawanya yang hilang, Puss membobol toko roti Horner untuk mencuri peta; tiba-tiba bersatu kembali dengan mantan tunangannya yang kesal, Kitty Softpaws, yang juga mencari Bintang Harapan. Setelah pertempuran singkat dengan Goldilocks dan Horner, Puss, Kitty, dan seekor anjing liar yang disebut para kucing Perrito[a], yang sebelumnya ditemui Puss di rumah Luna, berhasil melarikan diri dengan peta tersebut. Goldilocks, para beruang, dan Horner serta anak buahnya mengejar. Saat melarikan diri, Puss sempat melihat serigala berkerudung itu lagi.

Peta tersebut mengarahkan ketiganya ke Hutan Gelap, sebuah dimensi yang berubah menjadi lanskap yang berbeda tergantung pada pemegang peta; Keduanya Puss dan Kitty menerima pengaturan yang sama seperti neraka, sementara Perrito menerima jalan yang penuh warna dan tampak tenang di depan. Selama pertempuran lain dengan kelompok Horner dan Goldilocks, Puss melihat serigala berkerudung lagi dan melarikan diri, mengalihkan Kitty dan membiarkan Goldilocks untuk mendapatkan petanya. Setelah Perrito menenangkannya dari sebuah serangan panik, Puss mengungkapkan bahwa dia meninggalkan Kitty di altar pada hari pernikahan mereka, yang sangat dia sesali. Menguping percakapan mereka, Kitty mengungkapkan bahwa dia juga tidak pernah menghadiri pernikahan tersebut, merasa bahwa dia tidak akan pernah bisa bersaing dengan seseorang yang mencintai dirinya sendiri lebih dari dia.

Puss dan Kitty mendapatkan kembali petanya dari Goldilocks saat kelompok mereka teralihkan oleh sebuah manifestasi dari pondok hutan mereka. Saat lingkungannya berubah, Perrito tertinggal dan tertangkap oleh Goldilocks sementara Puss secara tidak sengaja menjebak dirinya sendiri di gua kristal setelah menyentuh peta, meninggalkan Kitty untuk membawa Perrito sendiri. Sementara di dalam, Puss bertemu refleksi kristal dari kehidupan masa lalunya, yang mengejeknya karena mengubah sikapnya. Serigala berkerudung kemudian muncul dan memperkenalkan dirinya sebagai kematian, mengungkapkan bahwa dia berusaha untuk mengambil nyawa terakhir Puss sebagai pembalasan karena menyia-nyiakan kehidupan sebelumnya. Dengan panik, Puss melarikan diri dengan membawa peta, tindakan yang disaksikan Kitty dan Perrito dari jauh. Sementara itu, Goldilocks mengungkapkan bahwa dia menginginkan keluarga manusia, mengecewakan para beruang yang mendukung keputusannya.

Sampai di Bintang Harapan, Kitty memarahi Puss karena keegoisannya sambil juga mengakui keinginannya untuk bertemu seseorang yang bisa dia percayai. Goldilocks, prara beruang, dan Horner kemudian sampai, dan pertarungan lain pun terjadi, di mana Goldilocks merelakan peta untuk menyelamatkan nyawa Bayi Beruang. Pada waktu yang sama, Kitty melempar Horner ke dalam tas ajaibnya sendiri yang tak berdasar. Tidak lama kemudian, Kematian juga menunggangi bintang dan berduel dengan Puss setelah menjebak mereka berdua di dalam lingkaran api neraka. Puss berhasil melucuti serigala dan dengan berani menyatakan bahwa dia tidak bisa benar-benar mengalahkan Kematian, dia tidak akan berhenti bertarung untuk nyawa terakhirnya. Melihat bahwa Puss telah kehilangan kesombongannya dan akhirnya menerima kefanaannya, Kematian dengan enggan menyelamatkannya dengan jaminan bahwa mereka akan bertemu lagi.

Horner raksasa muncul kembali dari tasnya, setelah memakan kue pertumbuhan ajaib, dan merebut peta dari Puss dan Kitty. Saat Horner mencoba membuat sebuah permohonan, Perrito mengalihkan perhatiannya cukup lama untuk Puss, Kitty, dan Goldilocks merobek peta menjadi tercabik-cabik, menyebabkan Bintang Harapan runtuh dan memakan Horner. Menerima para beruang sebagai keluarganya, Goldilocks berangkat bersama mereka untuk mengambil alih bisnis roti Horner, sementara Puss menghidupkan kembali cintanya pada Kitty, ingin menghabiskan hidup terakhirnya bersamanya. Beberapa hari kemudian, Puss, Kitty, dan Perrito memakai kapal curian dan berlayar ke kerajaan Far Far Away untuk bertemu "beberapa teman lama."

Pemeran suara[sunting | sunting sumber]

Dari kiri ke kanan: Salma Hayek Pinault, Antonio Banderas, dan maskot Puss in Boots di pemutaran perdana film pertama.
  • Antonio Banderas sebagai Puss in Boots, buronan kucing petualang dari hukum dan pahlawan San Ricardo yang kehilangan delapan dari sembilan nyawanya.[5]
  • Salma Hayek Pinault sebagai Kitty Softpaws, seekor kucing Tuxedo yang pendekar jalanan yang merupakan mantan tunangan Puss, dan mencari sang bintang untuk menemukan seseorang yang dapat dia percayai.[6][7]
  • Harvey Guillén sebagai Perrito, seekor anjing terapi yang ramah dan naif yang awalnya adalah salah satu kucing peliharaan Mama Luna, karena menyamar sebagai kucing.[6]
  • Florence Pugh sebagai Goldilocks, pemimpin Keluarga Kejahatan Tiga Beruang yang ingin mendapatkan Last Wish untuk menggunakannya untuk mendapatkan kembali keluarga kandungnya.[8]
    • Kailey Crawford as Young Goldilocks
  • Olivia Colman sebagai Mama Beruang, Istri Papa Beruang, ibu Baby Beruang dan ibu angkat Goldilocks.[6]
  • Ray Winstone sebagai Papa Beruang, Suami Mama Beruang, ayah Baby Beruang, dan ayah angkat Goldilocks.[6]
  • Samson Kayo sebagai Bayi Beruang, Putra Papa Beruang dan Mama Beruang, dan saudara angkat Goldilocks.[6] Karakter ini sebelumnya disuarakan oleh Bobby Block di Shrek.
  • John Mulaney sebagai "Big" Jack Horner, seorang koki kue yang ditakuti dan raja kejahatan yang berencana untuk mencapai Bintang Harapan untuk menguasai semua sihir. Dia mengumpulkan berbagai benda magis, makhluk, dan manusia sejak dia dilecehkan dari ketenaran dongeng dengan menyebut dirinya Jack Horner "Kecil" saat masih kecil..[8] Kelompok antek juru masaknya dipanggil "Baker's Dozen".
  • Wagner Moura sebagai si Serigala,[b] kemudian diungkapkan menjadi perwujudan fisik Kematian. Dia menggunakan sabit kembar yang digabungkan menjadi glaive berbilah ganda.[8]
  • Da'Vine Joy Randolph sebagai Mama Luna, seorang wanita kucing tua yang awalnya membawa Puss.
  • Anthony Mendez sebagai dokter yang memberi tahu Puss untuk pensiun setelah memberi tahu dia tentang delapan kematiannya.
  • Kevin McCann sebagai si Kumbang Etika, parodi dari Jiminy Cricket.[9]
  • Bernardo De Paula sebagai gubernur dari del Mar
  • Betsy Sodaro and Artemis Pebdani sebagai Jo dan Jan Serpent, saudari perempuan kriminal kembar yang mengantarkan peta Bintang Harapan ke Jack.
  • Conrad Vernon sebagai Gingy.
  • Cody Cameron sebagai Pinocchio.

Shrek dan Keledai membuat penampilan tidak berbicara pada kilas balik singkat, seperti halnya Imelda dari Puss in Boots yang pertama;[10] juga dari film sebelumnya, nama depan Humpty Alexander Dumpty muncul di buku yang dibaca Goldi.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada November 2012, produse eksekutif Guillermo del Toro berbagi niat sutradara Chris Miller untuk membawa karakter tituler dalam petualangan ke "tempat yang sangat eksotis." Dia juga mengatakan beberapa draf untuk skenario telah selesai.[11] Pada April 2014, aktor suara Antonio Banderas mengatakan pekerjaan pada sekuel telah dimulai.[12] Pada 12 Juni 2014, film ini diberi judul Puss in Boots 2: Nine Lives & 40 Thieves.[13] Pada Maret 2015, Banderas mengatakan naskah sedang dalam restrukturisasi. Dia juga mengisyaratkan kemungkinan Shrek muncul di film ini.[14]

Pada November 2018, pendiri dan CEO Illumination Chris Meledandri telah diangkat sebagai produser eksekutif Shrek 5 dan Puss in Boots 2 keduanya.[15][16] Pada Februari 2019, dilaporkan bahwa Bob Persichetti ditetapkan untuk menyutradarai film sementara Latifa Ouaou, produser film pertama, akan mengawasi pengembangan sekuelnya dengan Meledandri; Persichetti dan Ouaou sebelumnya mengerjakan film pertama masing-masing sebagai kepala cerita dan produser.[17] Pada 19 Agustus, 2020, DreamWorks menetapkan merek dagang Puss in Boots: The Last Wish sebagai judul baru dari sekuelnya, yang disetujui pada bulan Desember.[18] Pada Maret 2021, Joel Crawford menggantikan Persichetti sebagai sutradara, setelah sebelumnya memimpin The Croods: A New Age (2020) DreamWorks, dengan produser Mark Swift, editor James Ryan, dan penulis skenario Paul Fisher kembali sebagai kolaborator bersama dengan Januel Mercado sebagai wakil-sutradara film.[19][20] Bersama dengan Salma Hayek (sekarang dikreditkan sebagai Salma Hayek Pinault) mengulangi peran suaranya, anggota pemeran baru diumumkan pada Maret 2022, termasuk Harvey Guillén, Florence Pugh, Olivia Colman, Ray Winstone, Samson Kayo, John Mulaney, Wagner Moura, Da'Vine Joy Randolph, and Anthony Mendez.[19]

Animasi dan desain[sunting | sunting sumber]

Seperti film DreamWorks sebelumnya The Bad Guys (2022), desain film ini terinspirasi oleh Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018) Sony Pictures Animation, untuk membuat film terlihat lebih seperti ilustrasi buku cerita, dari ide yang disarankan oleh desainer produksi Nate Wragg.[21][22][23] Pada bulan Februari 2019, sutradara Spider-Man: Into the Spider-Verse Bob Persichetti ditetapkan untuk menyutradarai Puss in Boots: The Last Wish,[24] sebelum dia digantikan oleh Crawford pada Maret 2021.[25] Menggunakan teknologi baru, tim di DreamWorks lebih fokus pada desain gaya pelukis, untuk membuat film terlihat seperti dunia dongeng, berbeda dari aslinya di Shrek (2001) dari studio mereka yang mati Pacific Data Images.[26][27]

Musik[sunting | sunting sumber]

Heitor Pereira menyusun skor film, menggantikan Henry Jackman dari film pertama.[28] Selain itu, tiga lagu asli dibuat untuk film ini oleh Karol G, Daniel Oviedo, Heitor Pereira, Paul Fisher, Dan Navarro, dan Gaby Moreno. Karol G menyanyikan "La Vida es Una", ditulis bersama oleh dirinya sendiri dan Daniel Oviedo dan dirilis pada 8 Desember, 2022[29] sementara Heitor Pereira ikut menulis dua lagu berjudul "Fearless Hero", dinyanyikan oleh Antonio Banderas dan ditulis bersama oleh Dan Navarro dan Paul Fisher, dan "Por Que Te Vas", ditulis bersama dan dinyanyikan oleh Gaby Moreno.[30] Soundtrack dirilis pada 16 Desember 2022 oleh Back Lot Music, selain cover dari "This Is the End" the Doors dinyanyikan oleh Dan Navarro.[31] Musik dari Shrek 2 digunakan dalam film oleh Harry Gregson-Williams dari trek "Obliged to Help" dan "The End / Happily Ever After".

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Puss in Boots: The Last Wish ditayangkan perdana di Lincoln Center di Kota New York pada 13 Desember 2022,[32] dan secara teatrikal dirilis pada 21 Desember 2022. Awalnya dijadwalkan akan dirilis pada 2 November 2018,[33] dan kemudian pada tanggal 21 Desember 2018,[34] sebelum dihapus dari jadwal perilisan sama sekali pada Januari 2015 karena restrukturisasi perusahaan dan kebijakan baru DreamWorks Animation untuk merilis hanya dua film dalam setahun.[35][36] Setelah proyek dibangkitkan kembali, diberikan tanggal perilisan 23 September 2022 pada Maret 2021,[37] tetapi pada April 2022, tanggal rilis dipindahkan ke tanggal 21 Desember saat ini, mengambil alih perilsan The Super Mario Bros. Movie Illumination.[38] Sebuah pemutaran publik satu hari ditayangkangkan pada 26 November 2022, di bioskop tertentu.[39][40]

Film ini juga memulai debut pembukaan logo animasi baru untuk DreamWorks Animation, menampilkan karakter dari The Bad Guys, How to Train Your Dragon, Kung Fu Panda, The Boss Baby, Trolls, dan Shrek dengan membawakan remaster dari kemeriahan 2010 yang disusun oleh Harry Gregson-Williams dicampur dengan beberapa catatan dari kemeriahan 2019 yang disusun oleh John Powell, diproduksi oleh Suzanne Buirgy dari Abominable dan Kendall Cronkhite dari Trolls menjabat sebagai desainer produksi.[41]

Sebagai bagian dari perjanjian 18 bulan dengan Netflix, film ini akan tayang di Peacock selama empat bulan pertama jendela TV berbayar, lalu pindah ke Netflix selama sepuluh bulan berikutnya, dan kemudian akan kembali ke Peacock untuk empat bulan sisanya.[42]

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Puss in Boots: The Last Wish dirilis di digital pada 6 Januari 2023, 16 hari setelah perilisan teatrikal.[43][44]

Sebuah film animasi CGI pendek berdurasi 4 menit, Puss in Boots: The Trident, dirilis sebagai bagian dari perilisan digital dari Puss in Boots: The Last Wish Collector`s Edition pada 21 Februari, 2023 dan dirilis kemudian di Ultra HD Blu-ray, Blu-ray, dan DVD pada tanggal 28 Februari.[45][46][47] Film pendeknya memperlihatkan Eric Bauza mengulangi perannya sebagai Puss dari The Adventures of Puss in Boots.

Sebagai bagian dari kesepakatan 18 bulan mereka dengan Netflix, film ini akan streaming di Peacock selama empat bulan pertama di layar TV berbayar, kemudian pindah ke Netflix untuk sepuluh berikutnya, dan kemudian akan kembali ke Peacock untuk empat sisanya.[48]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Hingga 6 Februari 2023, Puss in Boots: The Last Wish telah mendapat pendapatan kotor $151.6 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $219.1 juta di wilayah lain, dengan total seluruh dunia sebesar $370,8 juta.[3][49]

Di Amerika Serikat dan Kanada, Puss in Boots: The Last Wish diproyeksikan untuk memperoleh pendapatan kotor $25–30 juta dari 4.000 bioskop selama empat hari akhir pekan pembukaannya.[2] Film ini mendapat $3,2 juta pada hari pertama dan $2,9 juta pada hari kedua, dengan The Hollywood Reporter mencatat bahwa Badai Salju Elliot dan ancaman gelombang tripledemic pada COVID-19 dan kasus flu bisa mempengaruhi box office di hari-hari berikutnya.[50] Itu kemudian debut menjadi $ 12,4 juta pada akhir pekan pembukaannya (dan perkiraan total $ 26,2 juta selama enam hari), ditempatkan selesai kedua di belakang peninggalan Avatar: The Way of Water.[51][52] Meskipun dibuka di bawah proyeksi, Presiden distribusi domestik Universal Jim Orr dan analis box office percaya film ini dapat bertahan dalam beberapa minggu mendatang melalui mulut ke mulut dan sekolah pada liburan.[53] Pada minggu keduanya, Puss in Boots: The Last Wish naik 35% dari akhir pekan debutnya, mendapat $16,8 juta.[54][55] Akhir pekan ketiganya, film ini turun 19% dengan $13,5 juta, yang merupakan akhir pekan non-liburan pertama dalam penayangannya.[56][57]

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 95% dari 181 ulasan kritik adalah positif, dengan penilaian rata-rata 7.6/10. Konsensus situs web berbunyi, "Tiba lebih dari satu dekade setelah film sebelumnya, yang pintar, manis, dan lucu Puss in Boots: The Last Wish membuktikan beberapa waralaba hanya menjadi lebih baik seiring bertambahnya usia."[58]Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberi film ini skor 73 dari 100, berdasarkan 29 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya disukai".[59] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "A" pada skala A+ hingga F, sementara PostTrak melaporkan 89% penonton memberikan skor positif.[60]

Rafael Motamayor IGN memberikan sebuah penilaian 9 dari 10 dan menulis: "Puss in Boots: The Last Wish memadukan animasi yang menakjubkan dengan kisah yang mengharukan dan sangat dewasa untuk memberikan jawaban warabala Shrek untuk Logan yang kami tidak tahu kami butuhkan."[61] Christy Lemire dari RogerEbert.com menulis bahwa setelah "awal yang menderu", film "sedikit melorot di bagian tengah karena menjadi jelas bahwa kita sedang dalam pencarian standar yang cantik." Dia melakukannya, namun pujilah bahwa film ini berhasil "menyampaikan pesan tanpa pamrih dan kerja tim dengan cara yang tidak terasa berat atau menjemukan", bersama dengan penampilan suara dan visual.[62]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bahasa Spanyol: puppy
  2. ^ In promotional material, the character was referred to as "[the] Big Bad Wolf", though he is not credited as such in the film -- and is separate from the character of the same name from the previous films in the main Shrek franchise.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama RT
  2. ^ a b "Avatar 2 to Dominate at Christmas Over Babylon and Puss in Boots Sequel". Variety. December 20, 2022. Diakses tanggal December 20, 2022. 
  3. ^ a b "Puss in Boots: The Last Wish (2022)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 16, 2023. 
  4. ^ "Puss in Boots: The Last Wish". The Numbers. Diakses tanggal January 16, 2023. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama PIB2
  6. ^ a b c d e Cordero, Rosy (March 14, 2022). "Puss In Boots: The Last Wish Sets Salma Hayek Pinault Return; Harvey Guillén, Florence Pugh & Olivia Colman Among New Cast". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 15, 2022. Diakses tanggal March 14, 2022. 
  7. ^ Puss in Boots: The Last Wish
  8. ^ a b c "Puss in Boots 2 Casts Florence Pugh as Shrek Universe's Goldilocks". ComicBook.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal March 14, 2022. 
  9. ^ Scheck, Frank (November 26, 2022). "'Puss in Boots: The Last Wish' Review: Antonio Banderas in Fine Feline Form". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal November 27, 2022. 
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama castlist2
  11. ^ Chitwood, Adam (November 12, 2012). "Guillermo del Toro Talks Puss in Boots 2, Kung Fu Panda 3, & Trollhunters; Says Panda 3 Has the 'Most Formidable Villain in the Series'". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 18, 2014. Diakses tanggal September 18, 2019. 
  12. ^ Chitwood, Adam (April 16, 2014). "Antonio Banderas Says He Just Started Work on Puss in Boots 2". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 17, 2014. Diakses tanggal September 18, 2019. 
  13. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Nov20183
  14. ^ de Semlyen, Phil (March 27, 2015). "Shrek To Return For Puss In Boots 2?". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 1, 2015. Diakses tanggal January 24, 2021. 
  15. ^ "Shrek, Puss in Boots Getting Rebooted (Exclusive)". Variety (dalam bahasa Inggris). 2018-11-06. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 6, 2018. Diakses tanggal January 24, 2021. 
  16. ^ "Shrek & Puss in Boots Rebooting at Universal with Chris Meledandri". Animation Magazine. November 6, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 7, 2018. Diakses tanggal January 24, 2021. 
  17. ^ D'Alessandro, Anthony (February 26, 2019). "Puss In Boots 2 In The Works: Spider-Verse Oscar Winner Bob Persichetti Directing". Deadline Hollywood. Penske Media Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 6, 2019. Diakses tanggal September 18, 2019. 
  18. ^ "DreamWorks Puss in Boots The Last Wish Trademark Application of DreamWorks Animation L.L.C. – Serial Number 90123955". Justia Trademarks. August 19, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 2, 2020. Diakses tanggal January 24, 2021. 
  19. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama castlist3
  20. ^ D'Alessandro, Anthony (March 17, 2021). "DreamWorks Animation's Puss In Boots Sequel & The Bad Guys Get Release Dates At Universal". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 20, 2021. Diakses tanggal March 18, 2021. 
  21. ^ Spry, Jeff (2022-12-03). "How Puss in Boots: The Last Wish Filmmakers Put the Cavalier Cat Back in Action". Animation Magazine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-03. 
  22. ^ "The Animation in the Puss in Boots: The Last Wish Trailer Has Us Way More Excited Than We Ever Thought Possible". June 15, 2022. 
  23. ^ "Puss in Boots: The Last Wish: The Shrek Spin-Off Gets a Spider-Verse-Inspired Makeover [Annecy]". June 14, 2022. 
  24. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Persichetti
  25. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Sept2022
  26. ^ "Puss in Boots: The Last Wish Director and Producer on Making a Spaghetti Western in the Shrek Universe [Annecy 2022]". June 18, 2022. 
  27. ^ Croll, Ben (June 14, 2022). "Puss in Boots: The Last Wish Sneak Peek in Annecy Reveals Darker Tone, New Look for Spaghetti Western Fairytale". Variety. Diakses tanggal June 15, 2022. 
  28. ^ "Heitor Pereira Scoring DreamWorks Animation's Puss in Boots: The Last Wish". Film Music Reporter. June 29, 2022. Diakses tanggal June 30, 2022. 
  29. ^ Karol G's Original Song 'La Vida Es Una' from 'Puss in Boots: The Last Wish' Released
  30. ^ 'Puss in Boots: The Last Wish' to Feature Original Songs by Karol G, Daniel Oviedo, Heitor Pereira & Others
  31. ^ "Puss in Boots: The Last Wish Soundtrack Album Details". Film Music Reporter. December 15, 2022. Diakses tanggal December 16, 2022. 
  32. ^ "Puss in Boots: The Last Wish premiere in New York City". New York Daily News. December 15, 2022. 
  33. ^ "Dates Set for Madagascar 4, The Croods 2, Puss in Boots 2, Captain Underpants, and Hitman". ComingSoon.net. June 13, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 16, 2014. Diakses tanggal June 30, 2022. 
  34. ^ "DreamWorks Animation Shifts Two Sequels Back Slightly". ComingSoon.net. August 21, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 24, 2014. Diakses tanggal June 30, 2022. 
  35. ^ Lieberman, David (January 22, 2015). "DreamWorks Animation Restructuring To Cut 500 Jobs With $290M Charge". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 25, 2015. Diakses tanggal January 24, 2021. 
  36. ^ "New Dates & Changes". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 27, 2015. Diakses tanggal January 24, 2021. 
  37. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Sept20222
  38. ^ D'Alessandro, Anthony (April 25, 2022). "Puss In Boots Takes Over 'Super Mario' Christmas 2022 Release Date". Deadline Hollywood. Penske Media Corporation. Diakses tanggal April 26, 2022. 
  39. ^ PUSS IN BOOTS: THE LAST WISH - EARLY SCREENING (2022)
  40. ^ Cantini, Elise (November 21, 2022). "Free screening pass to "Puss in Boots: The Last Wish"". CBS News. Diakses tanggal November 26, 2022. 
  41. ^ White, Abbey (November 25, 2022). "DreamWorks Animation Unveils New Curtain Raiser, Introduces Reimagined "Moon Child" (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal November 25, 2022. 
  42. ^ Moon, Mariella (2021-07-14). "Netflix extends exclusive rights to Universal's animated films in the US". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-14. 
  43. ^ Prange, Stephanie (2023-01-09). "'Puss in Boots: The Last Wish' Tops Weekly Vudu Chart". Media Play News (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal January 14, 2023. Diakses tanggal 2023-02-15. 
  44. ^ Cohen, Steven. "'Puss in Boots: The Last Wish' is now available to watch at home — here's how to stream the new animated adventure". Business Insider (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal February 15, 2023. Diakses tanggal 2023-02-15. 
  45. ^ "Puss in Boots: The Last Wish". www.uphe.com (dalam bahasa Inggris). 2022-11-16. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 15, 2023. Diakses tanggal 2023-02-15. 
  46. ^ King, Aidan (2023-02-15). "'Puss in Boots: The Last Wish' Sets Blu-Ray, Digital and DVD Release Dates". Collider (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal February 16, 2023. Diakses tanggal 2023-02-16. 
  47. ^ Milligan, Mercedes (2023-02-15). "'Puss in Boots: The Last Wish' Finds Next Life on Disc & Digital". Animation Magazine (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal February 16, 2023. Diakses tanggal 2023-02-16. 
  48. ^ Moon, Mariella (2021-07-14). "Netflix extends exclusive rights to Universal's animated films in the US". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal July 10, 2022. Diakses tanggal 2021-07-14. 
  49. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama NUM
  50. ^ McClintock, Pamela (December 22, 2022). "'Avatar: Way of Water' Box Office Flies Past $600M Globally, 'Puss in Boots 2' Posts $3.2M Opening Day". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal December 22, 2022. 
  51. ^ D'Alessandro, Anthony (December 25, 2022). "Christmas Delivers Box Office Miracle For 'Avatar: The Way Of Water' Despite Winter Weather: James Cameron Sequel Finals At $95.5M+ 2nd Weekend". Deadline Hollywood. Diakses tanggal December 25, 2022. 
  52. ^ "Domestic 2022 Weekend 51". Box Office Mojo. 
  53. ^ Rubin, Rebecca (December 25, 2022). "Box Office: 'Avatar 2' Scores $56 Million in Second Weekend, 'Babylon' Bombs at Christmas". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 25, 2022. Diakses tanggal December 25, 2022. 
  54. ^ Mendelsohn, Sam (January 1, 2023). "'Avatar: The Way of Water' Nabs 4th Best 3rd Weekend Ever With $63.4 Million As Overall Box Office Rises In New Year's Weekend". Box Office Mojo (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal January 1, 2023. Diakses tanggal January 1, 2023. 
  55. ^ "Domestic 2022 Weekend 52". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 1, 2023. Diakses tanggal January 2, 2023. 
  56. ^ Mendelsohn, Sam (January 8, 2023). "'Avatar: The Way of Water' Stays On Top With $45 Million, Races To $517 Million Domestic & $1.7 Billion Worldwide To Become 7th Highest Global Grosser Ever; 'M3GAN' Smashes Expectations With $30 Million Start". Box Office Mojo (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal January 15, 2023. Diakses tanggal January 15, 2023. 
  57. ^ "Domestic 2023 Weekend 1". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 12, 2023. Diakses tanggal January 13, 2023. 
  58. ^ Puss in Boots: The Last Wish (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2023-01-18 
  59. ^ Puss in Boots: The Last Wish, diakses tanggal 2023-01-18 
  60. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2022-12-27). "Christmas Delivers Box Office Miracle For 'Avatar: The Way Of Water' Despite Winter Weather: James Cameron Sequel Finals At $95.5M+ 2nd Weekend". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-18. 
  61. ^ Motamayor, Rafael (December 21, 2022). "Puss in Boots: The Last Wish Review". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 30, 2022. Diakses tanggal December 31, 2022. 
  62. ^ Lemire, Christy (December 21, 2022). "Puss in Boots: The Last Wish movie review". RogerEbert.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 31, 2022. Diakses tanggal December 31, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]