Pulau Tenerife

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tenerife

Tenerife, sebuah pulau milik Spanyol, adalah pulau terbesar dari tujuh Kepulauan Canaria di Samudera Atlantik, lepas pantai Afrika. Populasi pulau ini adalah 839.000 menjadikan pulau dengan penduduk terbanyak di Kepulauan Canaria dan Spanyol.

Ibukota, Santa Cruz de Tenerife, adalah juga kota terbesar kedua di kepulauan tersebut, ibukota pulau dan tempat kedudukan cabildo insular (pemerintahan pulau); merupakan pula ibukota dari Provinsi Santa Cruz de Tenerife dan resminya ibukota kedua dari Wilayah otonomi Spanyol, Kepulauan Canaria bersama dengan Las Palmas de Gran Canaria, yang membagi institusi pemerintahan, seperti presidensial, parlemen, kementerian dan mahkamah agung.

Di pulau gunung berapi Teide berdiri di 3.718 meter adalah gunung tertinggi di Spanyol dan gunung berapi terbesar ketiga di dunia dari alasnya.

Pada Tahun 1977, Pulau Tenerife Terkenal Akan Peristiwa Musibah Tenerife. Dimana 2 Pesawat Boeing 747 Bertabrakan Di Landasan Bandara Las Palmas (Sekarang Menjadi Tenerife North Airport) Dan Menewaskan 583 Korban Jiwa.

Pulau ini terdiri dari 31 munisipalitas:

Adeje Granadilla de Abona Puerto de la Cruz
Arafo Guía de Isora San Cristóbal de La Laguna
Arico Güímar San Juan de la Rambla
Arona Icod de los Vinos San Miguel de Abona
Buenavista del Norte La Guancha Santa Cruz de Tenerife
Candelaria La Matanza de Acentejo Santa Úrsula
El Rosario La Orotava Santiago del Teide
El Sauzal La Victoria de Acentejo Tacoronte
El Tanque Los Realejos Tegueste
Fasnia Los Silos Vilaflor
Garachico

Pranala luar[sunting | sunting sumber]