Pulau Rupat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rupat

Peta lokasi pulau Rupat
Koordinat 2°1′0″LU 101°34′0″BT / 2,01667°LU 101,56667°BT / 2.01667; 101.56667
Negara Indonesia
Gugus kepulauan Sumatra
Provinsi Riau
Kabupaten Bengkalis
Luas 1.500 km²
Populasi 47.000 jiwa
(?)

Pulau Rupat adalah sebuah pulau di Kabupaten Bengkalis, Riau. Pulau ini memiliki luas lebih kurang 1.500 km2 dan dihuni sekitar 47.000 jiwa penduduk.

Administrasi Rupat[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Rupat[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Rupat merupakan salah satu kecamatan yang termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bengkalis. Kecamatan Rupat terdiri dari 8 (delapan) desa dan 4 (empat) kelurahan dengan ibukota kecamatan berada di Batu Panjang. Secara geografis, Kecamatan Rupat berbatasan dengan:

Utara Rupat Utara, Bengkalis
Selatan Kota Dumai
Barat Kota Dumai
Timur Selat Melaka

Berdasarkan data dari BPN Kabupaten Bengkalis, luas wilayah Kecamatan Rupat adalah 894,35 Km dengan desa terluas adalah Desa Makeruh seluas 151,00 Km atau sebesar 16,88 persen dari luas Kecamatan Rupat keseluruhnya.

Jumlah penduduk Kecamatan Rupat sebanyak 32.667 jiwa yang terdiri dari 16.904 jiwa adalah laki-laki dan 15.763 jiwa adalah perempuan. Kepadatan penduduk Kecamatan Rupat secara total adalah sebanyak 36,53 jiwa per Km2 dengan desa terpadat adalah Kelurahan Batu Panjang yaitu 144 jiwa per Km2.

Pada bidang pendidikan Kecamatan Rupat tercatat memiliki 9 (sembilan) buah Taman Kanak-Kanak dengan 39 orang guru dan dan 318 orang murid. Pada level Sekolah Dasar, terdapat 29 Sekolah Dasar dengan 428 orang guru dan 5.028 orang murid. Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Kecamatan Rupat sebanyak 4 (empat) buah dengan73 orang guru dan 1.175 orang murid. Untuk MTs di Kecamatan Rupat tercatat 6 (enam) buah dengan 95 orang guru dan 310 orang murid. Sedangkan Sekolah Menengah Umum yang diniliM Kecamatan Rupat tercatat sebanyak 3 (tiga) buah dengan 52 orang guru dan 889 orang murid, SMK sebanyak 1 (satu) buah dengan 17 orang guru dan 81 orang murid Untuk MA sebanyak 4 (empat) buah dengan 58 orang guru dan 579 orang murid.

Sarana kesahatan yang terdapat di Kecamatan Rupat terdiri dari 1 (satu) Puskesmas dan 9 (sembilan) Pustu. Tenaga kesehatan tercatat sebanyak 4 (empat) dokter umum, 1 (satu) dokter gigi, 10 bidan, dan 13 apoteker.

Dari data Kancab Depag Kecamatan Rupat, didapatkan data mengenai jumlah tempat ibadah yang digunakan masyarakat Kecamatan Rupat untuk beribadah, yaitu 42 buah masjid, 29 langgar/surau/mushola, 2 (dua) gereja, dan 4 (empat) vihara/klentheng.

Bidang pertanian di Kecamatan Rupat menunjukkan tanaman bahan makanan yang terbanyak (930 ton) diproduksi oleh masyarakat Kecamatan Rupat adalah tanaman Padi dengan luas panen sebesar 1.245 hektare. Area perkebunan yang terluas adalah perkebunan karet dengan produksi sebanyak 3605,5 ton.

Secara keseluruhan, bidang perhubungan di Kecamatan Rupat tergolong baik dengan kondisi jalan tingkatan baik dan sedang sepanjang 86 Km berdasarkan data dari UPTD Kimpraswil Kecamatan Rupat, .seluruh desa dan kelurahan di Kecamatan Rupat dapat dijangkaumenggunakan transportasi darat.

Secara perekonomian, tercatat sebanyak 75 industri mikro terdapat di Kecamatan Rupat dan sebanyak 19 koperasi berada di sana (18 KUD dan 1 non KUD) [1].

Kecamatan Rupat Utara[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Rupat Utara merupakan salah satu kecamatan yang termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bengkalis. Kecamatan Rupat Utara terdiri dari 5 (lima) desa dengan ibukota kecamatan berada di Tanjung Medang. Secara geografis, Kecamatan Rupat Utara berbatasan dengan:

Utara Selat Malaka
Selatan Rupat, Bengkalis
Barat Selat Malaka
Timur Selat Malaka

Berdasarkan data dari BPN Kabupaten Bengkalis, luas wilayah Kecamatan Rupat Utara adalah 628,50 Km dengan desa terluas adalah Desa Titi Akar seluas 300,00 Km atau sebesar 47,73 persen dari luas Kecamatan Rupat Utara keseluruhnya.

Jumlah penduduk Kecamatan Rupat Utara sebanyak 13.342 jiwa yang terdiri dari 6.589 jiwa adalah laki-laki dan 6.753 jiwa adalah perempuan. Kepadatan penduduk Kecamatan Rupat Utara secara total adalah sebanyak 21,23 jiwa per Km2 dengan desa terpadat adalah Desa Teluk Rhu yaitu 30,36 jiwa per Km2.

Pada bidang pendidikan Kecamatan Rupat Utara tercatat memiliki 3 (tiga) buah Taman Kanak-Kanak dengan 18 orang guru dan dan 146 orang murid. Pada level Sekolah Dasar, terdapat 11 Sekolah Dasar dengan 145 orang guru dan 2.178 orang murid. Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Kecamatan Rupat Utara sebanyak 3 (tiga) buah dengan 44 orang guru dan 560 orang murid. Untuk MTs di Kecamatan Rupat Utara tercatat 1 (satu) buah dengan 11 orang guru dan 98 orang murid. Sedangkan Sekolah Menengah Umum yang dimiliki Kecamatan Rupat Utara tercatat sebanyak 1 (satu) buah dengan 16 orang guru dan 235 orang murid, MA sebanyak 1 (satu) buah dengan 17 orang guru dan 25 orang murid. Sarana kesahatan yang terdapat di Kecamatan Rupat Utara terdiri dari 1 (satu) Puskesmas dan 5 (lima) Pustu, 2 (dua) praktik dokter, dan 6 (enam) praktik bidan. Tenaga kesehatan tercatat sebanyak 5 (lima) dokter umum, 1 (satu) dokter gjgi, dan 7 (tujuh) bidan.

Dari data Kancab Depag Kecamatan Rupat Utara, didapatkan data mengenai jumlah tempat ibadah yang digunakan masyarakat Kecamatan Rupat Utara untuk beribadah, yaitu 13 buah masjid, 11 langgar/surau/mushola, 2 (dua) gereja, dan 8 (delapan) vihara/klentheng.

Bidang pertanian di Kecamatan Rupat Utara menunjukkan tanaman bahan makanan yang diusahakan oleh masyarakat Kecamatan Rupat Utara adalah tanaman padi dengan luas panen sebesar 58 hektare dengan produksi sebanyak 48 ton. Bidang peternakan di Kecamatan Rupat Utara terbanyak adalah ternak babi sebanyak 917 ekor dan unggas ayam kampung sebanyak 12.294 ekor.

Kualitas jalan di Kecamatan Rupat Utara termasuk kategori sedang dengan panjang jalan dengan kualitas sedang hanya sepanjang 88 Km. Berdasarkan data dari Kantor Camat, seluruh desa di Kecamatan Rupat Utara dapat dijangkau menggunakan transportasi darat. Secara perekonomian, tercatat terdapat 2 (dua) buah industri besar di Kecamatan Rupat Utara [2].

Transportasi ke Rupat[sunting | sunting sumber]

Pulau ini dapat dijangkau dari Pekanbaru, Dumai atau Bengkalis. Jalur utama pengangkutan dari dan ke pulau ini adalah melalui laut. Telah ada jadwal transportasi tetap menuju ke pulau ini, yaitu jadwal penyebrangan Roro dumai rupat.

Perjalanan dari Dumai ke Pulau Rupat dapat ditempuh dalam waktu 20 - 30 menit dengan menggunakan Roro. Sedangkan berangkat dari Bengkalis membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam perjalanan.

Pulau Rupat terbagi dua, yakni Rupat dan Rupat Utara. Penduduk di Rupat Utara lebih banyak dibandingkan di Rupat. Kira-kira hanya ada puluhan kepala keluarga di Rupat. Namun kini, penduduk Rupat dan Rupat Utara tidak jauh berbeda.Sepanjang perjalanan kita akan melihat pemandangan yang indah

Objek wisata[sunting | sunting sumber]

Objek wisata di Rupat sebagai berikut:

Di Rupat tidak ada hotel, wisma yang ada di pulau tersebut terletak di Batupanjang dan Tanjung Rhu. Di Pulau ini suasana Melayu sangat kental dan bahasa Melayu yang digunakan adalah bahasa Melayu Malaysia. Bahkan, mata uang Ringgit pun bisa digunakan sebagai alat transaksi.namun yang menjadi daya tarik tersendiri dipulau ini adalah pantainya nan luas..yang mana lansung berhadapan dengan selat melaka dan merupakan titik terdekat menuju negara jiran Malaysia..bahkan turis asal malaysia sering mengijak kaki dipulau rupat menggunakan kapal cepat dan lansung bersandar di pantai.hal ini tentu merupakan petunjuk buat pemda setempat untuk memperhatikan potensi2 yang ada dipulau rupat tersebut terutama dibidang pariwisatanya.

Kecamatan dan Kelurahan/Desa[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kecamatan Rupat dalam Angka 2009, BPS Kabupaten Bengkalis
  2. ^ Kecamatan Rupat dalam Angka 2009, BPS Kabupaten Bengkalis

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

http://riautrust.com/read-1931--dewan-setujui-nama-pansus-hti-pt-srl-pulau-rupat.html