Pulau Kijang, Reteh, Indragiri Hilir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pulau Kijang
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Riau
Kabupaten Indragiri Hilir
Kecamatan Reteh
Kodepos 29273
Luas ... km2
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km2

Pulau Kijang merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir, provinsi Riau, Indonesia.


Sedikit pemandangan pulau kijang dari perairan saat naik speed boat Letak geografis Kabupaten Indragiri Hilir terletak antara 104° 10' BT - 102° 32' BT dan 0° 36' LU - 1° 07' LU dengan luas wilayah mencapai 1.160.597 Ha. Iklim di wilayah ini adalah iklim tropis basah dengan curah hujan 2.300 mm.

Sektor yang menjadi andalan potensial di Kabupaten Indragiri Hilir antara lain sektor perkebunan kelapa dan kehutanan. Aksesibilitas untuk mendukung potensi wilayah Kabupaten Indragiri Hilir telah tersedia jaringan jalan sepanjang 286,18 km. Banyak kisah di daerah inhil semenjak dari beberapa tahun yang silam, dengan berbagai cerita yang melengkapi warna kehidupan di pulau kijang sendiri khususnya dan daerah inhil seluruhnya umumnya, mulai dari datangnya suku banjar secara besar-besaran yang sampai saat ini banyak menetap di Tembilahan

ataupun daerah lainya sampai dengan berbagai berita perpolitikan, masyarakat dll, salah satunya tentang bagaimana kondisi jalan-jalan utama sebagai penghubung transportasi darat dari berbagai daerah yang menghubungkan pulau kijang. contohnya, Setelah menerima keluhan dari warga Guntung, Kecamatan Kateman, Komisi C DPRD Kabupaten Inhil kembali menampung aspirasi warga yang mengeluhkan buruknya kondisi ruas jalan di Desa Kota Baru Kecamatan Reteh-Pulau Kijang.   Meskipun kondisi jalan yang umumnya berlobang tersebut sudah terjadi sejak dua tahun terakhir, namun sampai saat ini belum ada upaya yang dilakukan untuk memperbaikinya. Warga mendesak agar Pemkab menggangarkan dana untuk perbaikan jalan utama tersebut pada APBD 2010 mendatang.
Yah....

Daerah Inhil sarat dengan berbagai kekayaan, dari perairan maupun darat, kemajuan daerah diseluruh inhil khususnya pulau kijang akan semakin positif bila masyarakat bisa saling bergotong royong dengan pemerintah daerah.