Pulau Bougainville

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pulau Bouganville

Pulau Bougainville adalah pulau utama dari Daerah Otonom Bougainville Papua Nugini. Wilayah ini juga dikenal sebagai Provinsi Bougainville atau Solomon Utara. Populasi pulau ini adalah 175.160 (sensus 2000), yang meliputi berdekatan pulau dari Buka dan berbagai macam pulau-pulau terpencil termasuk Carterets. Meskipun Pulau Bougainville secara geografis merupakan bagian dari Kepulauan Solomon namun merupakan provinsi terpisah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pulau ini ini dinamakan Bougainville setelah navigator Perancis Louis Antoine de Bougainville pada tahun 1885 datang di bawah pemerintahan Jerman menemukan pulau ini sebagai bagian dari Nugini Jerman. Australia mendudukinya pada tahun 1914 dan, sebagai Liga Bangsa-Bangsa wajib listrik, dikelola sejak tahun 1918 sampai Jepang menyerbu pada tahun 1942 dan kemudian lagi dari tahun 1945 sampai kemerdekaan Papua Nugini pada tahun 1975.

Pulau ini kaya akan tembaga dan emas. Sebuah tambang besar didirikan di Panguna pada awal tahun 1970 oleh Bougainville Copper Limited, anak perusahaan Rio Tinto. Perselisihan atas dampak lingkungan, pembaian keuangan dan perubahan sosial yang dibawa oleh tambang memperbaharui gerakan separatis gerakan yang telah aktif sejak 1970-an. Kemerdekaan Bougainville (Republic of North Solomons) telah berhasil diproklamirkan pada tahun 1975 dan pada tahun 1990.

Refensi[sunting | sunting sumber]

  • Robert Young Pelton, Hunter Hammer and Heaven, Journeys to Three Worlds Gone Mad. ISBN 1-58574-416-6