Louis Antoine de Bougainville

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Louis Antoine de Bougainville

Louis Antoine de Bougainville (lahir di Paris, 12 November 1729 – meninggal di Paris, 31 Agustus 1811 pada umur 81 tahun) adalah seorang laksamana dan penjelajah Perancis . Seperti James Cook , ia mengambil bagian dalam Perang Perancis dan India melawan Inggris. Dia kemudian memperoleh ketenaran karena ekspedisi-ekspedisinya, pembuatan permukiman pertama di Kepulauan Falkland, dan pelayaran ke Samudera Pasifik.[1]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Bougainville lahir di Paris , putra seorang notaris, pada 11 atau 12 November 1729. Dalam kehidupan awal, ia belajar hukum, tapi segera meninggalkan profesi, dan pada tahun 1753 masuk tentara di korps penembak . Pada usia dua puluh lima ia menerbitkan sebuah risalah pada kalkulus integral , sebagai suplemen untuk De l'Hôpital risalah 's, Des infiniment petits . Pada 1755 ia dikirim ke London sebagai sekretaris kedutaan Perancis, dan menjadi anggota dari Royal Society .

Keliling dunia[sunting | sunting sumber]

Pada 1766 Bougainville menerima izin Louis XV untuk mengelilingi dunia[2]. Dia akan menjadi navigator-14 dalam sejarah Barat, dan navigator Prancis pertama yang berlayar keliling dunia dan penyelesaian misinya akan meningkatkan kebanggaan Prancis menyusul kekalahan selama Perang Tujuh Tahun . Ini adalah ekspedisi pertama mengelilingi dunia dengan naturalis profesional dan geografer kapal.

Bougainville meninggalkan Nantes pada 15 November 1766 dengan dua kapal: La Boudeuse (kapten: Nicolas Pierre Duclos-Guyot) dan Étoile (diperintahkan oleh François Chenard de la Giraudais). Ini adalah ekspedisi besar dengan awak 214 kapal La Boudeuse dan 116 kapal Étoile .

Pada kapal terdapat ahli botani Philibert Commerçon, penemu bunga Bougainvillea, dan pelayan-nya, yang kemudian dibuka kedoknya oleh dokter bedah kapal sebagai Jeanne Baré, mungkin wanita simpanan Commerçon; dia akan menjadi wanita pertama yang diketahui mengelilingi dunia. Orang terkenal lainnya dalam ekspedisi ini adalah Count Jean-François de Galaup de la Pérouse (anggota kru), astronom Pierre-Antoine Veron , ahli bedah dari La Boudeuse Dr Louis-Claude Laporte, ahli bedah dari Étoile Dr François Vives, insinyur dan kartografer abourd Étoile Charles Routier de Romainville, penulis dan sejarawan Louis-Antoine Starot de Saint-Germain.[3]

Pensiun[sunting | sunting sumber]

Pada 1787, ia menjadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis . Ia memperoleh pangkat wakil-laksamana pada 1791, dan pada 1794, setelah lolos dari Pemerintahan Teror , ia pensiun ke rumahnya di Normandia . Kembali ke Paris ia adalah salah satu anggota pendiri Biro des Longitudes . Pada tahun 1799, Konsul Napoleon membuatnya senator. Dia membuat Grand Officier de la Legio d'honneur pada 1804. Dan, pada tahun 1808, Napoleon diberikan kepadanya gelar count (Comte de Bougainville). Ia meninggal di Paris pada 31 Agustus 1811. Dia menikah sejak 1781, dan memiliki empat anak, termasuk Hyacinthe de Bougainville yang semuanya bertugas di tentara Perancis.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Nama Bougainville diberikan untuk menamai pulau terbesar di Papua Nugini (Pulau Bougainville)
  • Di Falklands, Port Louis , dan " Isla Bougainville "(nama Spanyol Lincah Island) untuk memperingati Bouganville.
  • Genus tanaman hias berwarna-warni kembang kertas, Bougainvillea , dinamai menurut namanya.
  • Tiga belas kapal dari Angkatan Laut Perancis telah dinamai untuk menghormatinya, lihat Kapal Bougainville .

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Waggaman, Beatrice Elisabeth. Le Voyage autour du monde de Bougainville: droit et imaginaire. (Nancy: Presses universitaires de Nancy, 1992).
  • Alfred A. Cave. The French and Indian War (New York, Greenwood Press, 2004).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]