Prokurator

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pontius Pilatus, salah satu prokurator atau lebih tepatnya, prefek Romawi untuk Provinsi Iudaea, sedang mengadili Yesus Kristus.

Prokurator adalah seorang administrator yang bertindak atas nama kaisar dan dipekerjakan pada kedutaan.[1] Prokurator juga dapat diartikan sebagai gubernur yang bekerja di wilayah Kerajaan Roma.[2] Terjemahan dari kata Yunaninya yaitu epitropos lebih tepat diartikan sebagai gubernur atau wali negeri.[1] Para prokurator yang pernah ada memimpin wilayah Yudea yang disebutkan di dalam Perjanjian Baru antara lain Antonius Feliks, dan Perkius Festus.[1][2] Menurut Tacitus Pontius Pilatus bergelar "prokurator",[3] tetapi lebih tepatnya ia mempunyai kedudukan prefek yaitu gelar dari kepada suatu daerah pemerintahan Romawi, seperti yang dipakai dalam Injil Lukas di Alkitab.[1] Menurut prasasti yang ditemukan, gelar ini dipakai dari tahun 6-41 M.[1] Dari tahun 44 sampai 66, gubernur disebut prokurator.[1] Gelar pantokrator yang dipakai untuk Pontius Pilatus berasal dari sejarawan Josephus yang tidak selalu memberi terjemahan Yunani yang tepat atas gelas-gelar Latin.[1] Seorang prokurator bertanggung-jawab secara langsung kepada Kaisar Romawi, bukan kepada Senat Romawi.[4] Untuk menjadi seorang prokurator haruslah telah memiliki pengalaman yang cukup.[4] Selain itu ada jenjang yang harus dilewati sebelum menjadi seorang prokurator misalnya seperti menjadi komandan militer.[4] Dalam Alkitab, istilah "prokurator" sebagaimana "prefek" atau gubernur (ἡγεμονεύοντος, hegemoneuontos) diterjemahkan sebagai "wali negeri"[5]

Provinsi Iudaea[sunting | sunting sumber]

Daftar Prokurator Romawi di provinsi Iudaea:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g W.R.F. Browning. 2009, Kamus Alkitab. Jakarta: BPK Gunung Mulia. hlm. 366.
  2. ^ a b (Inggris)J.D. Douglas. 1994, New Bible Dictionary. Leicester: Intervarsity Press. hlm. 974.
  3. ^ Tacitus, Annals 15.44, translated by Church and Brodribb.
  4. ^ a b c (Indonesia)William Barclay. 2009, Pemahaman Alkitab Setiap Hari - Injil Matius pasal 11-28. Jakarta: BPK Gunung Mulia. hlm. 566.
  5. ^ Matius 27:2; Lukas 3:1; Kisah Para Rasul 23:24, 26; Kisah Para Rasul 26:30