Polivinilpirolidon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Polivinilpirolidon
150pxc
Nama
Nama IUPAC
1-Etenilpirolidin-2-ona
Nama lain
PVP, Povidon, Polyvidone, PNVP

Poli[1-(2-okso-1-pirolidinil)etilen]
1-Etenil-2-pirolidon homopolimer
1-Vinil-2-pirolidinon-Polimer,

Kolidon
Poli-N-vinilpirolidina
Penanda
Model 3D (JSmol)
3DMet {{{3DMet}}}
Singkatan PVP, NVP, PNVP
ChEMBL
ChemSpider
  • None
Nomor EC
Nomor RTECS {{{value}}}
UNII
  • N1(C(CCC1)=O)[C@@H](C*)*
Sifat
(C6H9NO)n
Massa molar 2,500 – 2,500,000 g·mol−1
Penampilan bubuk putih sampai kuning muda, higroskopis, amorf
Densitas 1.2 g/cm3
Titik lebur 150–180 °C (302–356 °F; 423–453 K) (suhu kaca)
Kecuali dinyatakan lain, data di atas berlaku pada suhu dan tekanan standar (25 °C [77 °F], 100 kPa).
N verifikasi (apa ini YaYN ?)
Referensi

Polivinilpirolidon (disingkat PVP), juga biasa disebut polividon atau povidon, adalah senyawa polimer yang larut dalam air yang terbuat dari monomer N-vinilpirolidon.[1] PVP tersedia dalam berbagai berat molekul dan viskositas terkait, dan dapat dipilih sesuai dengan sifat aplikasi yang diinginkan.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

PVP pertama kali disintesis oleh ahli kimia BASF, Walter Reppe, dan paten diajukan pada tahun 1939 untuk salah satu turunan kimia asetilena. PVP awalnya digunakan sebagai pengganti plasma darah dan kemudian digunakan dalam berbagai aplikasi dalam bidang kedokteran, farmasi, kosmetik, dan produksi industri.[3][4] BASF terus membuat PVP, termasuk portofolio farmasi dengan merek "Kollidon".[5]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Medis[sunting | sunting sumber]

Struktur kompleks iodin povidon, suatu antiseptik umum[6]

Ada jenis PVP suntik dengan kemurnian tinggi yang tersedia di pasaran, yang digunakan khusus dalam aplikasi intravena, intramuskular, dan subkutan.[7]

PVP digunakan sebagai eksipien di banyak tablet farmasi;[8] ia hanya melewati tubuh ketika dikonsumsi secara oral.

PVP yang ditambahkan ke yodium membentuk kompleks yang disebut "iodin povidon" yang memiliki sifat disinfektan.[9] Kompleks ini digunakan dalam berbagai produk seperti larutan, salep, pesari, sabun cair, dan skrub bedah. PVP dijual dengan nama dagang antara lain "Pyodine" dan "Betadine".

PVP digunakan dalam pleurodesis (peleburan pleura karena efusi pleura yang terus-menerus). Untuk tujuan ini, iodin povidon sama efektif dan amannya dengan talk, dan mungkin lebih disukai karena ketersediaannya yang mudah dan biayanya yang rendah.[10]

PVP digunakan pada beberapa lensa kontak dan larutan kemasannya. PVP mengurangi gesekan sehingga bertindak sebagai pelumas atau bahan pembasah, yang tertanam di dalam lensa. Contoh penggunaan ini termasuk lensa kontak Ultra Bausch & Lomb dengan Teknologi MoistureSeal[11] dan larutan kemasan lensa kontak Air Optix (sebagai bahan yang disebut "kopolimer 845").[12]

PVP digunakan sebagai pelumas pada beberapa obat tetes mata.[13]

PVP digunakan sebagai perluasan volume plasma untuk korban trauma setelah tahun 1950an. PVP tidak disukai sebagai penambah volume karena kemampuannya memicu pelepasan histamin dan juga mengganggu pengelompokan darah.

Otopsi menemukan bahwa krospovidon (PVPP) berkontribusi terhadap cedera pembuluh darah paru pada pengguna zat yang telah menyuntikkan tablet farmasi yang dimaksudkan untuk konsumsi oral.[14] Efek jangka panjang dari crospovidone atau povidone pada paru-paru tidak diketahui.

Teknik[sunting | sunting sumber]

PVP juga digunakan dalam banyak aplikasi teknis yakni:

Kegunaan Lain[sunting | sunting sumber]

PVP berikatan dengan molekul polar dengan sangat baik karena polaritasnya. Hal ini menyebabkan penerapannya pada pelapis kertas sembur tinta dan transparansi berkualitas foto, serta tinta untuk pencetak sembur-tinta.

PVP juga digunakan dalam produk perawatan pribadi seperti sampo dan pasta gigi, serta pada cat dan perekat yang harus dibasahi seperti prangko dan amplop model lama. PVP juga telah digunakan dalam larutan lensa kontak dan larutan pendinginan baja.[21][22] PVP adalah dasar dari formula awal semprotan rambut dan gel rambut, dan masih terus menjadi komponen dari beberapa formula tersebut.

Sebagai bahan tambahan pangan, PVP merupakan zat penstabil dan mempunyai nomor E E1201. Sedangkan PVPP (polivinilpolipirolidon) adalah nomor E-nya yakni E1202. PVP juga digunakan dalam industri minuman anggur sebagai bahan penghalus untuk minuman anggur putih dan beberapa bir.

Di laboratorium fertilisasi in vitro, polivinilpirolidon digunakan untuk memperlambat spermatozoa guna menangkapnya, misalnya ICSI.

Dalam biologi molekuler, PVP dapat digunakan sebagai agen pemblokiran selama analisis blot Southern sebagai komponen larutan dapar Denhardt. Ia juga sangat baik dalam menyerap polifenol selama pemurnian DNA. Polifenol umum ditemukan di banyak jaringan tanaman dan dapat menonaktifkan protein jika tidak dihilangkan sehingga menghambat banyak reaksi hilir seperti PCR.

Dalam mikroskop, PVP berguna untuk membuat media pemasangan berair.[23]

PVP dapat digunakan untuk menyaring sifat fenolik, sebagaimana dirujuk dalam penelitian tahun 2000 tentang pengaruh ekstrak tumbuhan terhadap produksi insulin.[24]

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah menyetujui bahan kimia ini untuk banyak kegunaan,[25] dan secara umum diakui aman (GRAS). PVP termasuk dalam database Bahan Tidak Aktif untuk digunakan dalam formulasi oral, topikal, dan injeksi.

Namun, terdapat beberapa kasus reaksi alergi terhadap PVP/povidon, khususnya terkait penggunaan subkutan (dioleskan di bawah kulit) dan situasi dimana PVP bersentuhan dengan serum darah autologus (cairan darah internal) dan membran mukosa.

Contoh-contoh reaksi alergi yang terdokumentasi:

  • Seorang anak laki-laki mengalami respon anafilaksis setelah penerapan iodin povidon untuk pengobatan impetigo. Dia ditemukan alergi terhadap komponen PVP dari larutan tersebut.[26]
  • Seorang wanita pernah mengalami urtikaria (gatal-gatal) akibat berbagai produk rambut yang diketahui mengandung PVP. Wanita tersebut mengalami respons anafilaksis setelah larutan iodin povidon dioleskan secara internal selama pembedahan. Dia diketahui alergi terhadap PVP.[27]
  • Seorang pria yang mengalami anafilaksis setelah mengonsumsi tablet parasetamol secara oral diketahui alergi terhadap PVP.[28]

Selain itu, Povidon biasanya digunakan bersamaan dengan zat kimia lainnya. Beberapa di antaranya, seperti yodium, dianggap sebagai penyebab respons alergi. Namun hasil pengujian selanjutnya pada beberapa pasien tidak menunjukkan tanda-tanda alergi terhadap bahan kimia yang dicurigai. Alergi yang disebabkan oleh bahan kimia lain ini mungkin disebabkan oleh PVP.[29][30]

Sifat[sunting | sunting sumber]

PVP larut dalam air dan pelarut polar lainnya. Misalnya, ia larut dalam berbagai alkohol, seperti metanol dan etanol,[31] serta dalam pelarut yang lebih eksotik seperti pelarut eutektik dalam yang dibentuk oleh kolin klorida dan urea (Relin).[32] Saat kering, bubuk ini berbentuk bubuk higroskopis bersisik ringan, mudah menyerap hingga 40% beratnya di air atmosfer. Dalam larutan, ia mempunyai sifat pembasahan yang sangat baik dan mudah membentuk film. Hal ini membuatnya baik sebagai pelapis atau bahan tambahan pada pelapis. Sebuah studi tahun 2014 menemukan sifat fluoresen PVP dan hidrolisat teroksidasinya.[33]

Derivatif terkait silang[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Haaf, F.; Sanner, A.; Straub, F. (1985). "Polymers of N-Vinylpyrrolidone: Synthesis, Characterization and Uses". Polymer Journal. 17: 143–152. doi:10.1295/polymj.17.143alt=Dapat diakses gratis. 
  2. ^ "Povidones, Copovidones, and Crospovidones for Pharmaceutical Products". BASF Pharma (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-06-11. 
  3. ^ Fischer, Frank; Bauer, Stephan (2009). "Polyvinylpyrrolidon. Ein Tausendsassa in der Chemie". Chemie in unserer Zeit. 43 (6): 376–383. doi:10.1002/ciuz.200900492. 
  4. ^ Koczkur, Kallum M.; Mourdikoudis, Stefanos; Polavarapu, Lakshminarayana; Skrabalak, Sara E. (2015). "Polyvinylpyrrolidone (PVP) in nanoparticle synthesis" (PDF). Dalton Transactions (dalam bahasa Inggris). 44 (41): 17883–17905. doi:10.1039/C5DT02964C. PMID 26434727. 
  5. ^ "Povidones, Copovidones, and Crospovidones for Pharmaceutical Products". BASF Pharma (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-06-11. 
  6. ^ Kutscher, Bernhard (2005), "Dermatologicals (D), 4. Antiseptics and Disinfectants (D08), Anti‐Acne Preparations (D10), and Other Dermatological Preparations (D11)", Ullmann's Encyclopedia of Industrial Chemistry, Weinheim: Wiley-VCH, hlm. 1–22, doi:10.1002/14356007.w08_w03 
  7. ^ "Povidones, Copovidones, and Crospovidones for Pharmaceutical Products". BASF Pharma (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-06-11. 
  8. ^ Bühler, Volker (2005). Polyvinylpyrrolidone Excipients for Pharmaceuticals: Povidone, Crospovidone and CopovidoneAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan. Berlin, Heidelberg, New York: Springer. hlm. 1–254. doi:10.1007/b138598. ISBN 978-3540234128. 
  9. ^ PVP-Iodine. ispcorp.com. 2004.
  10. ^ Das SK, Saha SK, Das A, Halder AK, Banerjee SN, Chakraborty M (2008). "A study of comparison of efficacy and safety of talc and povidone iodine for pleurodesis of malignant pleural effusions". Journal of the Indian Medical Association. 106 (9): 589–90, 592. PMID 19552086. 
  11. ^ "Contact Lens Design & Materials: New Lens Technology Targets Improved Vision and Comfort". Contact Lens SPECTRUM. May 1, 2014. Diakses tanggal Sep 27, 2017. 
  12. ^ "Contact Lens Design & Materials: The Evolution of Contact Lens Wetting Agents". Contact Lens SPECTRUM. October 1, 2009. Diakses tanggal Sep 27, 2017. 
  13. ^ "Soothe Hydration Lubricant Eye Drops". Bausch & Lomb. Diakses tanggal Sep 27, 2017. 
  14. ^ Ganesan, S; Felo, J; Saldana, M; Kalasinsky, V. F.; Lewin-Smith, M. R.; Tomashefski Jr, J. F. (2003). "Embolized crospovidone (polyN-vinyl-2-pyrrolidone) in the lungs of intravenous drug users". Modern Pathology. 16 (4): 286–92. doi:10.1097/01.MP.0000062653.65441.DAalt=Dapat diakses gratis. PMID 12692192. 
  15. ^ Swei, J.; Talbot, J. B. (2006). "Development of high-definition aqueous polyvinylpyrrolidone photoresists for cathode ray tubes". Journal of Applied Polymer Science. 102 (2): 1637–1644. doi:10.1002/app.23950. 
  16. ^ Chen, Tianming "Dental bleach", Templat:US Patent, Priority date January 27, 2001
  17. ^ "Pharmaceutical Povidones, Copovidones, Crospovidones". pharmaceutical.basf.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-27. 
  18. ^ Kavakka, J. S.; KilpeläInen, I.; Heikkinen, S. (2009). "General Chromatographic NMR Method in Liquid State for Synthetic Chemistry: Polyvinylpyrrolidone Assisted DOSY Experiments". Organic Letters. 11 (6): 1349–52. doi:10.1021/ol9001398. PMID 19231850. 
  19. ^ Koczkur, Kallum M.; Mourdikoudis, Stefanos; Polavarapu, Lakshminarayana; Skrabalak, Sara E. (2015). "Polyvinylpyrrolidone (PVP) in nanoparticle synthesis" (PDF). Dalton Transactions (dalam bahasa Inggris). 44 (41): 17883–17905. doi:10.1039/C5DT02964C. PMID 26434727. 
  20. ^ Li, Bo; Zhang, Yanan; Fu, Lin (2018). "Surface passivation engineering strategy to fully-inorganic cubic CsPbI 3 perovskites for high-performance solar cells" (PDF). Nature. 9 (1): 8. Bibcode:2018NatCo...9.1076L. doi:10.1038/s41467-018-03169-0. PMC 5852044alt=Dapat diakses gratis. PMID 29540764. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2018-10-30. 
  21. ^ Fischer, Frank; Bauer, Stephan (2009). "Ein Polyvinylpyrrolidon (PVP): ein vielseitiges Spezialpolymer – Verwendung in der Keramik und als Metallabschreckmedium". Keramische Zeitschrift. 61 (6): 382–385. 
  22. ^ Göthlich, Alexander; Koltzenburg, Sebastian; Schornick, Gunnar (2005). "Funktionale Polymere im Alltag: Vielseitig". Chemie in unserer Zeit. 39 (4): 262–273. doi:10.1002/ciuz.200400346. 
  23. ^ Lillie RD & Fullmer HM (1976) Histopathologic Technic and Practical Histochemistry, 4th ed. New York: McGraw-Hill, p. 411. ISBN 0-07-037862-2.
  24. ^ Broadhurst, C. Leigh; Polansky, Marilyn M; Anderson, Richard A (March 2, 2000). "Insulin-like Biological Activity of Culinary and Medicinal Plant Aqueous Extracts in Vitro". Journal of Agricultural and Food Chemistry. 48 (3): 849–52. doi:10.1021/jf9904517. PMID 10725162. 
  25. ^ Inactive Ingredients in FDA Approved Drugs. FDA/Center for Drug Evaluation and Research, Office of Generic Drugs, Division of Labeling and Program Support. Database Update Frequency: Quarterly. Data Through: January 6, 2010. Database Last Updated: January 13, 2010 – search on povidone for list of approved items
  26. ^ Yoshida K, Sakurai Y, Kawahara S, et al. (2008). "Anaphylaxis to polyvinylpyrrolidone in povidone-iodine for impetigo contagiosum in a boy with atopic dermatitis". International Archives of Allergy and Immunology. 146 (2): 169–73. doi:10.1159/000113522. PMID 18204285. 
  27. ^ Adachi A, Fukunaga A, Hayashi K, Kunisada M, Horikawa T (March 2003). "Anaphylaxis to polyvinylpyrrolidone after vaginal application of povidone-iodine". Contact Dermatitis. 48 (3): 133–6. doi:10.1034/j.1600-0536.2003.00050.x. PMID 12755725. 
  28. ^ Rönnau AC, Wulferink M, Gleichmann E, et al. (November 2000). "Anaphylaxis to polyvinylpyrrolidone in an analgesic preparation". The British Journal of Dermatology. 143 (5): 1055–8. doi:10.1046/j.1365-2133.2000.03843.x. PMID 11069520. 
  29. ^ Katelaris, Constance (2009). "'Iodine Allergy' label is misleading". Australian Prescriber. 32 (5): 125–128. doi:10.18773/austprescr.2009.061alt=Dapat diakses gratis. 
  30. ^ van Ketel WG, van den Berg WH (January 1990). "Sensitization to povidone-iodine". Dermatologic Clinics. 8 (1): 107–9. doi:10.1016/S0733-8635(18)30531-X. PMID 2302848. 
  31. ^ Wohlfarth, C (2010). "Thermodynamic Properties of Polymer Solutions.". Landolt-Börnstein, New Series, Group VIII, Volume 6D. Landolt-Börnstein - Group VIII Advanced Materials and Technologies. 6D2. Springer Verlag. hlm. 1266–1267. Bibcode:2010LanB..6D2.1266W. doi:10.1007/978-3-642-02890-8_752. ISBN 978-3-642-02889-2. 
  32. ^ Sapir, L.; Stanley, CB.; Harries, D. (2016). "Properties of Polyvinylpyrrolidone in a Deep Eutectic Solvent". J. Phys. Chem. A. 120 (19): 3253–3259. Bibcode:2016JPCA..120.3253S. doi:10.1021/acs.jpca.5b11927. OSTI 1424493. PMID 26963367. 
  33. ^ Song, Guoshan; Lin, Yannan; Zhu, Zhongcheng; Zheng, Heying; Qiao, Jinping; He, Changcheng; Wang, Huiliang (2015). "Strong Fluorescence of Poly(N-vinylpyrrolidone) and Its Oxidized Hydrolyzate". Macromolecular Rapid Communications. 36 (3): 278–85. doi:10.1002/marc.201400516. PMID 25420749.