Nomor CAS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nomor CAS [1], adalah identitas / nomor unik untuk unsur kimia, senyawa, polimer, biologi sequence, campuran dan berbagai aloi. Mereka juga disebut sebagai nomor CAS, CAS RNs atau CAS #s.

Chemical Abstracts Service (CAS), yang merupakan bagian dari American Chemical Society, memberikan identitas / tanda ini untuk setiap bahan kimia yang telah dijelaskan dalam literatur, untuk memudahkan pencarian, karena bahan kimia sering memiliki banyak nama. Hampir semua database molekul sekarang bisa dicari dengan nomor CAS.

Pada Desember 2008, terdapat lebih dari 40 juta zat organik dan anorganik dan lebih dari 60 juta di urutan CAS registri. [2] Sekitar 50.000 nomor baru akan ditambahkan setiap minggunya.

CAS juga memantau dan menjual database ini, yang dikenal sebagai CAS registri.

Format[sunting | sunting sumber]

Nomor registrasi CAS dipisah menjadi tiga bagian dengan tanda hyfen, bagian pertama terdiri sampai 7 digit, bagian kedua 2 digit, dan bagian ketiga terdiri dari digit tunggal yang berfungsi sebagai digit pemeriksa. Nomor ini diberikan dengan urutan semakin tinggi dan tidak mempuyai arti.

Digit pemeriksa dihitung sebagai berikut digit terakhir dikali 1, berikutnya dikali 2, berikutnya lagi dikali 3, dst, semuanya kemudian dijumlah lalu dimaksuan fungsi modulo 10. Sebagai contoh, nomor CAS untuk air adalah 7732-18-5: digit cheksum-nya adalah 5, yang dihitung sebagai berikut (8×1 + 1×2 + 2×3 + 3×4 + 7×5 + 7×6) = 105; 105 mod 10 = 5.

Chemical Abstracts Service telah mengumumkan pada halaman webnya bahwa mereka akan menambahkan digit baru di CAS registr-, dimulai Januari 2008.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

To find the CAS number of a compound given its name, formula or structure, the following free resources can be used: