Minyak rambut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Minyak rambut bisa berupa minyak, gel, pomade atau krim yang digunakan untuk memudahkan, mengkilapkan dan mengatur penataan atau sisiran rambut. Minyak rambut biasanya dibuat dari bahan dasar minyak kelapa, lanolin ataupun wax serta ditambah dengan bahan-bahan lain seperti zat vitamin e atau protein untuk membuat rambut teratur atau lebih lebat dan sehat mengkilap. Bahan-bahan yang paling sering ditemui adalah minyak yang berbau harum karena ditambahkan parfum dalam pembuatannya guna membuat rambut harum dan bau yang di sukai pengguna. Minyak atau penata rambut lebih mengarah kepada pria, tetapi untuk wanita lebih mengguna hair spray untuk menata rambutnya. Alat yang cenderung sering digunakan untuk hal-hal penataan rambut berupa sisir atau comb. Produk-produk penata rambut lebih cenderung ditemukan di tempat-tempat seperti Pangkas Rambut barber ataupun Salon, untuk membeli produk penataan rambut lebih sering ditemukan di Apotek atau Supermarket dan warung-warung ataupun toko kosmetik. Penggunaan penataan rambut lebih cenderung untuk pemakaian rambut yang lembab atau bersih untuk hasil yang diidamkan.

Pomade[sunting | sunting sumber]

Pomade adalah salah satu produk penata rambut lebih cenderung kepada Pria yang paling dikenali, karena produk penata rambut ini sudah dikenali dari jaman dahulu seperti tahun 1900an. Pomade berbahan dasar minyak kelapa, lanolin, wax dan parfum atau fragrance, Pomade ini membuat rambut tampak mengkilap, licin, rapih, lebat, dan tampak basah alami, produk ini khas digunakan pria sejak jaman dahulu dan sampai sekaran, pomade khas untuk gaya rambut yang rapih dan tersisir. Pomade merupakan produk yang mungkin sulit untuk dihilangkan dari rambut kepala dan perlu menggunakan air dan shampoo untuk menghilangkanya dari rambut dan kulit kepala scalp.

Gel[sunting | sunting sumber]

Hair Gel adalah produk penata rambut pria yang lebih kasar, kaku dan keras dibanding pomade, karena produk ini membuat rambut tampak keras, berminyak, dan mengkilap. Penggunaan Gel berlebihan bisa membuat rambut berminyak daripada pomade, dan untuk membuat rambut tetap teratur dan mengkilap lebih direkomendasikan dengan pomade karena pomade tidak mengandung alkohol alcohol dan gel lebih cenderung menggunakan alkohol. Tetapi gel tidak sulit untuk dihilangkan dari rambut dan cukup menggunakan air untuk dihilangkanya.

Minyak[sunting | sunting sumber]

Minyak rambut atau hair tonic adalah salah satu produk penata rambut yang berbentuk cair dan tidak seperti pomade atau gel, minyak lebih cenderung tidak membuat rambut berminyak dan kasar, tetapi membuat rambut rapi tetapi rambut tidak mengkilap seperti digunakan dengan pomade. Minyak rambut terkenal di Indonesia adalah Urang Aring yang juga digunakan sejak jaman dahulu. Tetapi guna menahan rambut tetap rapih, lebih cenderung pomade daripada Minyak karena pomade berupakan zat yang kaku tetapi Minyak berupakan cairan.

Krim[sunting | sunting sumber]

Krim rambut atau hair cream merupakan produk dan zat seperti Pomade karena membuat rambut hasil seperti Pomade, tetapi zat krim dengan pomade berbeda, karena krim berzat enteng dan tidak kaku seperti pomade atau gel tetapi krim rambut juga digunakan untuk menata rambut. Krim rambut lebih cenderung untuk untuk mengandung lebih banyak vitamin dan protein, tetapi tidak kuat menahan rambut tetap rapih daripada pomade. Krim rambut juga merupakan produk yang mudah untuk di-sterilkan dari rambut tetapi tidak sesulit menghilangkan dari pomade.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.