PlayStation Home

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
PlayStation Home
Pengembang SCE London Studio
Sony Pictures Loot (Products)
Outso (Content)
Heavy Water (Content)
Virtuos (Content)
Tipe Layanan komunitas daring
dunia virtual[1]
Tanggal diluncurkan 11 Desember 2008 (Open Beta)
Versi saat ini 1.70
Terakhir Diperbarui 12 September 2012[2]
Landasan PlayStation 3
Anggota 23 juta (Agustus 2011) [3]
Situs web situs Asia
situs Eropa
situs Jepang
situs Amerika Utara


PlayStation Home (kadangkala disebut Home) adalah sebuah pelayanan berbasis komunitas untuk PlayStation Network yang dikembangkan sejak awal 2005. Home membolehkan para penggunanya menciptakan sebuah avatar untuk konsol PlayStation 3 mereka. Avatar ini akan mendapatkan ruang apartemen virtual pribadi yang bisa dihiasi dengan berbagai item. Item-item itu bisa diperoleh dalam berbagai cara. Nantinya kamu bisa memiliki berbagai macam baju atau apartemen-apartemen yang berukuran lebih besar lagi.

Lingkungan dan tata ruang[sunting | sunting sumber]

The square (alun-alun) merupakan tempat dari sebuah permainan arkade, teater film, zona musik, serta sejumlah toko dan meeting area. Pada permainan arkade, kamu bisa memainkan sejumlah permainan simpel bersama dengan gamer yang lain. Adapun permainan yang bisa kamu mainkan diantaranya adalah catur, pool, dan bowling. Sedang di dalam zona musik, kamu bisa mendengarkan musik komunal dan membuat karaktermu berdansa seiring dengan irama musik. Sebuah sistem menu membolehkanmu memilih berbagai gaya dansa seperti tarian robot yang sangat lucu. Kamu bisa menonton film bersama teman-temanmu di cinema.

Tempat tinggal virtualmu adalah aspek paling pribadi di Home sebab hanya bisa dilihat oleh orang yang kamu undang. Di beranda kamu dapat menikmati pemandangan dok yang indah lengkap dengan beberapa kapal pesiar mewah dan burung camar yang beterbangan mengitari dok. Tidak cuma apartemen, kalau mau kamu bisa memiliki berbagai macam properti.

Berbagai poster dan video wall menghiasi area umum. Ada pula zona khusus yang disponsori perusahaan atau produk tertentu, seperti Nike dan Ubisoft. Sony mendemonstrasikan 2 zona khusus—Uncharted: Drake's Fortune dan Warhawk. Zona Uncharted berbentuk sebuah bar dimana kamu bisa duduk, minum, memainkan permainan arkade, atau bahkan menyaksikan film-film lama di TV hitam putih. Di sana terdapat pula sejumlah pintu yang baru dapat dibuka dengan menemukan kode-kode yang letaknya tersembunyi di seluruh penjuru bar. Zona Warhawk mengusung suasana militer dan memiliki sebuah kotak pasir. Di kotak pasir itulah kamu dapat merencanakan taktik sebelum melompat masuk ke dalam sebuah game.

Dengan begitu banyak area yang bisa dikunjungi, rasanya sulit menjelajahi semua pelosok dunia Home dalam 1 atau 2 jam. Untunglah aplikasi ini menggunakan sebuah sistem peta yang simpel dan membolehkanmu melakukan perpindahan antar zona hanya dengan mengklik peta. Komunikasi mudah dilakukan sebab kamu bisa menggunakan sebuah Bluetooth headset untuk berbicara atau USB keyboard untuk mengetikkan pesan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PlayStation Home Page". GamePro. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2007-03-17. Diakses 2008-06-10. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama v1.70
  3. ^ "PlayStation Home – Over 23 Million Strong, Evolving With A New Major Redesign Page". PlayStation Lifestyle. Diakses 2011-08-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]