Peter Rabbit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Peter Rabbit adalah karakter dalam sebuah serial buku anak-anak oleh Beatrix Potter. Dia pertama muncul dalam The Tale of Peter Rabbit tahun 1902. Walaupun dia dan kelinci-kelinci lainnya digambar seperti aslinya, mereka mengenakan pakaian manusia; Peter memakai jaket biru terang dan bakiak. Serial Peter Rabbit sudah terjual lebih dari 151 juta kopi dalam 35 bahasa. Karakter-karakter ini kini dimiliki oleh Frederick Warne & Co.


Pemunculan Peter[sunting | sunting sumber]

The Tale of Peter Rabbit[sunting | sunting sumber]

Dalam buku Beatrix Potter pertama ini, Peter dan keluarganya diperkenalkan. Suatu hari, Mrs. Rabbit pergi ke pasar, meninggalkan Peter dan saudara perempuannya, Flopsy, Mopsy, dan Cottontail untuk bermain di hutan. Melanggar perintah ibunya, Peter menyelinap ke dalam kebun Mr. McGregor's dan memakan sayuran sebanyak-banyaknya sebelum Mr. McGregor melihatnya dan mengejarnya. Akhrinya, Peter berhasil kabur, tapi ia kehilangan jaket dan sepatunya, yang dipakai oleh Mr. McGregor untuk orang-orangan sawah barunya.

The Tale of Benjamin Bunny[sunting | sunting sumber]

Sepupu Peter, Benjamin Bunny, mengetahui bahwa Mr. and Mrs. McGregor meninggalkan rumah mereka dalam keadaan kosong, dan mengajak Peter ke kebun, di mana pakaian Peter berada (yang karena hujan di malam sebelumnya menyusut). Setelah mendapat pakaian Peter kembali, Peter dan Benjamin mencuri beberapa bawang merah untuk diberikan kepada ibu Peter, tapi akhirnya tertangkap kucing Mr. McGregor's. Untungnya, ayah Benjamin, Mr. Benjamin Bunny (selanjutnya dinamakan Mr. Bouncer), menyadari kehilangan mereka, muncul dan menolong mereka, dan kemudian menegur mereka karena telah pergi ke kebun Mr. McGregor's dengan memukul mereka dengan ranting yang ia bawa.

Pada 1987, VHS dari dua karakter ini dirilis dalam satu cerita.

The Tale of Mrs. Tiggy-Winkle[sunting | sunting sumber]

Peter, bersama Benjamin, membuat sebuah cameo dalam cerita ini di mana Mrs. Tiggy-Winkle memperbaiki jaket Peter.

The Tale of Ginger and Pickles[sunting | sunting sumber]

Dalam cerita ini, Peter dan keluarganya bersama dengan karakter dari beberapa cerita Potter yang sebelumnya melakukan penampilan cameo.

The Tale of the Flopsy Bunnies[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan cerita ini, Peter, sekarang telah dewasa, biasa meminjamkan kubis kepada Benjamin, Flopsy, dan anak-anaknya. Terkadang, ia tidak mempunyai kubis untuk dibagi.

The Tale of Mr. Tod[sunting | sunting sumber]

Anak-anak Benjamin dan Flopsy diculik oleh luak jahat Tommy Brock. Ketika Flopsy memarahi Mr. Bouncer karena membiarkan Brock masuk, Benjamin dan Peter mengejar Brock yang bersembunyi dalam rumah Mr. Tod (karakter yang seperti rubah, mirip dengan karakter dari The Tale of Jemima Puddle-Duck). Ketika Mr. Tod menemukan Brock tertidur di tempat tidur, dia menyiapkan perangkap sehingga seember air akan jatuh pada Brock. Tapi Brock terbangun sebelum Mr. Tod menjalankan perangkapnya, dan keduanya terlibat dalam perkelahian. Peter dan Benjamin (yang sedang menyaksikan kejadian ini) lalu menolong anak-anak.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]