The Tale of Peter Rabbit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Tale of Peter Rabbit
Pengarang Beatrix Potter
Ilustrator Beatrix Potter
Negara Inggris
Bahasa Inggris
Genre Novel anak-anak
Penerbit Frederick Warne & Co
Tanggal rilis 1902
Jenis media Print (Hardback)
ISBN NA
Nomor OCLC 12533701
Diikuti The Tale of Squirrel Nutkin

The Tale of Peter Rabbit adalah seri pertama dari buku anak-anak yang ditulis dan diilustrasikan oleh Beatrix Potter, dan mungkin karyanya yang paling dikenal. Buku ini ditulis sebagai kesenangan pribadi saja, tapi temannyalah yang mendorongnya untuk mempublikasikannya.

The Tale of Peter Rabbit telah terjual lebih dari 40 juta kopi di seluruh dunia.[1][2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Peter Rabbit dan ketiga saudara perempuannya (Flopsy, Mopsy, dan Cotton-tail) tinggal bersama ibunya di bawah sebuah pohon cemara yang besar. Peter, seorang kelinci muda yang petualang, menyerang kebun milik Mr. McGregor. Di kebun inilah ayahnya pernah mengalami kejadian buruk dan akhirnya dibuat menjadi kue pie. Setelah Peter berhasil menemukan tanaman sayuran dan berkeliling mencari peterseli untuk mengisi perutnya, dia dikejar oleh seorang petani yang marah. Ketika berlari, dia kehilangan sepatunya di antara sayur-sayuran, dan kemudian terperangkap di jaring-jaring yang melindungi kumpulan semak gooseberry. Peter berhasil kabur tepat pada saatnya saat sekumpulan burung menyemangatinya untuk lolos lagi. Ia pun kehilangan jaketnya saat bergeliat melepaskan jaketnya sesaat sebelum Mr. McGregor bisa menangkapnya dengan sebuah saringan. Ia kemudian masuk ke dalam sebuah lumbung dan bersembunyi di dalam sebuah kaleng penyiram tanaman. Setelah tiga aksi lagi, (menghindari seekor kucing, dan mengelak dari Mr. McGregor dua kali), dia akhirnya berhasil keluar dengan selamat dari kebun dan kembali ke rumah, dan "terkapar" di lantai rumahnya. Mr. McGregor membuat sebuah orang-orangan sawah dari pakaian Peter yang tertinggal. Saudari-saudari Peter sangat menikmati makan malam roti dan blackberry, tapi Peter masih tidak merasa begitu baik (setelah makan terlalu banyak dan menghabiskan waktu di kaleng penyiram tanaman yang basah) dan diantar ke tempat tidur oleh ibunya dengan hanya sedikit teh chamomile untuk makanannya.

Karakter Mr. McGregor diperkirakan berdasarkan pada penduduk setempat di desa Dalguise di Perthshire, tempat Potter berlibur ketika kecil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "United Media Licensing - PETER RABBIT". United Media Licensing. Diakses 23 Juni 2006. 
  2. ^ "Peter Rabbit™". The Copyrights Portfolio. Diakses 23 Juni 2006. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]