Pesantren Luhur Al-Husna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pesantren Luhur Al-Husna
Alamat
Jalan Jemur Wonosari Gang. Masjid No. 42

,
Telepon/Faks.(031) 8434250
Informasi
JenisPondok pesantren
AfiliasiIslam
Didirikan2000
PendiriProf.Dr.KH. Ali Maschan Moesa.M.Si
PengasuhProf.Dr. KH. Ali Maschan Moesa, M.Si
Kalender akademisHijriah
Lain-lain
JulukanAl-Husna
Warna almamaterHijau
MaskotPesantren Mahasiswa beraswaja
Moto
MotoSantri Al-Husna[1] penerus Ulama,


Pesantren Luhur Al-Husna[2] Surabaya (Al-Husna) atau lebih dikenal dengan Pesantren Al-Husna adalah salah satu pesantren mahasiswa yang terletak di Kota Surabaya Jawa Timur. Pesantren ini terkenal dengan penerapan disiplin, penguasaan ilmu nahwu, kaderisasi dan jaringan alumni yang sangat kuat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pesantren Luhur Al-Husna didirikan oleh Prof. Dr. KH Ali Maschan Moesa,M. Si pada tahun 2000. Nama Al-husna disematkan oleh beliau, karena nama Al-husna memiliki arti nama-nama yang baik. Menurut beliau sifat-sifat Allah SWT harus dibumikan serta dilaksanakan dalam perilaku sehari-hari. Selain itu hal yang menjadi dasar berdirinya Pesantren Luhur Al-husna adalah pesan dari ayah Prof. Dr. Kh. Ali Maschan Moesa, M. Si beserta para gurunya. Pesan tersebut beliau diperintah untuk mendirikan lembaga yang bisa bermanfaat untuk orang banyak, khususnya untuk menimba ilmu agama salah satunya dengan mendirikan pesantren. Pesantren yang telah didirikan oleh Prof. Dr. Kh. Ali Maschan Moesa, M. Si ini dapat memberikan manfaat diantaranya:

a. Membekali generasi muda dengan pengetahuan ilmu agama (religion).

b. Membekali para santri dengan akhlak yang sesuai dengan ajaran agama.

c. Membangun sumber daya manusia yang patuh terhadap ajaran agama.

Pesantren Luhur Al-husna terletak di Kelurahan Jemurwonosari Kec. Wonocolo tepatnya di Jl. Jemur Wonosari Gang Masjid No. 42 Surabaya. Pesantren ini berjarak 100 M dari jalan utama frontage sebelah selatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pesantren Luhur Al-husna membawa pengaruh yang cukup besar didalam kehidupan masyarakat. Khususnya dalam membentengi generasi muda dari arus budaya asing yang ada sekarang ini. Bangunan Pesantren Luhur Al-husna ini berdiri di tanah 15 x 30 m yang terdiri dari komplek putra dan terdiri dari tiga lantai.[3] Mahasiswa sebagai agent of change, keberadaannya akan selalu diharapkan masyarakat. Sebagaimana santri desa yang menjalankan pendidikan tinggi di wilayah perkotaan akan selalu memperhatikan pendidikan pesantrennya seperti beberapa santri yang kuliah di kota Surabaya. Berdasar fenomena ini, beberapa mahasiswa memohon kepada Prof. Dr. KH. Ali Maschan Moesa untuk menerapkan model pendidikan baru dan berdirilah Pesantren Luhur Al-Husna yang memberikan penekanan pada pengajaran diniyah berkurikulum perguruan tinggi. Pesantren Luhur Al-Husna hadir mempertahankan tradisi pesantren salaf dan melakukan penggabungan metode pengajaran pesantren yang bersistem sorogan dengan pengajaran perguruan tinggi yakni kajian.[4]

Forum dan orientasi[sunting | sunting sumber]

Forum dan orientasi Pesantren Luhur Al-Husna meliputi Penguatan Peran Pendidikan Pesantren dalam lingkup masyarakat yang beragama dan kepesantrenan yang terpadu dan dinamis.

Forum[sunting | sunting sumber]

Pesantren Luhur Al-Husna Surabaya berusaha melakukan kegiatan lintas agama dalam berbagai forum yang diadakan di lingkungan Pesantren Luhur Al-Husna. Berdasar pada beberapa kejadian radikalisme, Pesantren Luhur Al-Husna berusaha mewujudkan sebuah kedamaian antar agama. Beberapa forum perdamaian yang digalang oleh Pesantren Luhur Al-Husna adalah:

  • Forum Terorisme dan Radikalisasi Agama, diskusi kebangsaan yang mengusung tema; Penguatan Peran Pendidikan Madrasah dalam Penanggulangan Gerakan Terorisme dan Radikalisasi Agama dilaksanakan tanggal 23 Februari 2016 di Pesantren Luhur `Al Husna` Jemur Wonosari Masjid, Surabaya.[5]
  • Forum Persaudaraan Sejati, diskusi kebangsaan yang mengusung tema; Memperkokoh Persaudaraan Sejati Untuk Indonesia, ini bertujuan untuk menyikapi situasi politik akhir-akhir ini dan fenomena orang gila yang menyerang berbagai tempat ibadah dan pemuka agama dilaksanakan tanggal 24 Februari 2018 di Pesantren Luhur `Al Husna` Jemur Wonosari Masjid, Surabaya.[6]

Orientasi[sunting | sunting sumber]

Orientasi Pesantren Luhur Al-Husna adalah membentuk pribadi beriman, bertakwa, dan berakhlak karimah yang dapat mengabdi pada umat dengan penuh keihlasan dan berperan aktif dalam memberdayakan masyarakat. Secara Garis besar arah dan tujuan pendidikan dan pengajaran di Pesantren Luhur Al-Husna adalah:

  • Pendidikan Kemasyarakatan
  • Kesederhanaan
  • Menuntut ilmu karena Allah

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pembelajaran[sunting | sunting sumber]

Dalam sistem pendidikan di pesantrennya, KH Ali Maschan Moesa lebih mengandalkan sistem sorogan dan diskusi. Sistem ini menjadikan santri-santrinya menyimak dengan saksama. Karena sorogan yang dipakai oleh Pesantren Luhur Al-Husna adalah “sorogan tak langsung”. Artinya para santri mengulangi membaca kitab yang telah dibaca oleh Ustadz beberapa hari sebelumnya. Jadi para santri secara otomatis akan mendengarkan dengan saksama ketika sang Ustadz sedang membacakan, karena mereka harus mengulanginya secara terjadwal. Pesantren Luhur Al-Husna sangat mengutamakan penguasaan ilmu alat, nahwu dan shorof. Meski tentu saja kitab2 tafsir juga menjadi kajian utama para santrinya.

Materi kependidikan[sunting | sunting sumber]

Keimanan, Keislaman, Akhlak Karimah, Keilmuan, Kewarganegaraan, Kesenian & Keterampilan, Kewirausahaan, Dakwah & Kemasyarakatan, Kepemimpinan, Manajemen, Keguruan, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Program pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • Intra Kurikuler: Dirasah Arabiyah (Arabic Studies), Dirasah Islamiyah (Islamic Studies), Keaswajaan
  • Ko Kurikuler: Ibadah amaliyah sehari-hari, Extensive Learning (belajar tutorial), kajian kitab, pembinaan bahasa asing, pidato/diskusi, penerbitan,[7] seminar, dll.), Praktik dan Bimbingan (mengajar, etiket/sopan santun, dakwah)
  • Ekstra Kurikuler: Latihan dan praktik berorganisasi (leadership, administrasi dan manajemen), latihan dan kursus-kursus (keterampilan, kesenian, kesehatan, pidato/ diskusi, olahraga, & sadar lingkungan), dinamika kelompok wajib & atau pilihan/minat.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Kompleks pesantren pada umumnya terdiri dari musholla, aula, gedung dua lantai, gedung madrasah dan kamar santri. Bangunan asrama putra bisa menampung lebih dari 200 santri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pengaruh manajemen waktu terhadap peningkatan prestasi belajar santri di Pesantren Luhur al Husna Surabaya Hanafi". UIN Sunan Ampel Surabaya. 5 Agustus 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-22. Diakses tanggal 23 Oktober 2005. 
  2. ^ "Pendidikan Multikulturalisme di Pesantren (Studi Deskriptif Interaksi Santri Pesantren Luhur Al-Husna Surabaya Dengan Warga Non Muslim dan Kelompok Keagamaan Lainnya)". Universitas Airlangga. 1 September 2012. Diakses tanggal 9 September 2012. 
  3. ^ Yuwafik, Hamdan (2020). "STRATEGI DAKWAH PESANTREN LUHUR AL-HUSNA DALAM MENJAGA TOLERANSI BERAGAMA DI KOTA SURABAYA". Muharrik. Vol 3 No 02 (2020): Muharrik: Jurnal Dakwah dan Sosial (Diakses pada 20 September 2020). 
  4. ^ "kegiatan diskusi yang berbarakah di Pesantren Luhur Al-Husna, Surabaya, pada malam gerhana bulan ini, 31 Januari 2018". Penerbit Imtiyaz. 31 Januari 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-22. Diakses tanggal 2 Februari 2018. 
  5. ^ "NU Jatim: 10 Juta Pengikut Pemahaman Radikal". Satu Harapan. 11 Februari 2016. Diakses tanggal 23 Februari 2016. 
  6. ^ "Diskusi Forum Persaudaraan Sejati Di Pesantren Luhur Al Husna". indochinatown. 23 Februari 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-22. Diakses tanggal 28 Februari 2018. 
  7. ^ "Memahami Nahdlatul Ulama: urgensi besar membangun kembali jembatan putus/ Ali Maschan Moesa". National Library Of Australia. 5 Maret 2010. Diakses tanggal 12 Maret 2010. 

Templat:Pesantren di Surabaya