Pertempuran Plataia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran Plataia
Bagian dari Perang Yunani-Persia
Plain of Plataea, from Mount Cithaeron engraving by William Miller after H W Williams.jpg
Ukiran pemandangan Platai dari Gunung Kithairon
Tanggal Agustus 479 SM
Lokasi Plataia, Yunani
Hasil Kemenangan telak Yunani
Perubahan
wilayah
Persia kehilangan Attika dan Boiotia
Pihak yang terlibat
negara kota Yunani Kekaisaran Akhemeniyah
Komandan
Pausanias Mardonios-
Kekuatan
110,000 (Herodotos)
100,000 (Pompeius)

~40,000
(sejarawan modern)
300,000 (Herodotos)

70,000–120,000
(sejarawan modern, termasuk sekutu Yunani)
Korban
10,000+ (Ephoros and Diodoros)
1,360 (Plutarkhos)
159 (Herodotos)
257,000 (Herodotos)

Pertempuran Plataia (bahasa Yunani: Μάχη τῶν Πλαταιῶν, Machē tōn Plataiōn) adalah pertempuran antara pasukan Yunani melawan Persia, yang dipimpin oleh Xerxes I, dalam invasi kedua Persia ke Yunani. Pertempuran ini berlangsung pada tahun 479 SM di dekat kota Plataia di Boiotia. Pasukan Yunani sendiri merupakan suatu persekutuan yang meliputi negara kota Sparta, Athena, Korinthos, dan Megara.

Setahun sebelumnya, pasukan Persia menang dalam Pertempuran Thermopylae dan Pertempuran Artemision, serta menaklukan Thessalia, Boiotia, dan Attika. Namun dalam Pertempuran Salamis yang terjadi kemudian, pasukan persekutuan Yunani berhasil mengalahkan Persia dan mencegah Persia menginvasi Peloponnesos. Akibatnya, Xerxes mundur bersama sebagian besar pasukannya, dan meninggalkan jenderalnya, Mardonios bersama sebagian kecil pasukan untuk menuntaskan invasi di Yunani.

Pada musim panas tahun 479 SM, pasukan besar Yunani bergerak dari Peloponessos. Pasukan Persia mundur ke Boiotia dan mendirikan pertahanan di dekat Plataia. Namun, pasukan Yunani tak mau menyerang perkemahan Persia karena tempat tersebut akan menguntungkan kavaleri Persia. Akibatnya, terjadi kebuntuan selama sebelas hari. Lama-kelamaan supai pasukan Yunani terganggu sehingga barusan tempur mereka terpecah. Mardonios menyadari ini dan mengerahkan seluruh pasukannya untuk menyerang pasukan Yunani. Akan tetapi, pasukan Yunani balas menyerang dan pada akhirnya mengalahkan Persia, sementara Mardonios sendiri terbunuh.

Sejumlah besar pasukan Persia terperangkan di kamp mereka dan akhirnya dibantai. Selain di Plataia, Persia juga kemudian mengalami kekalahan dalam Pertempuran Mykale. Semua kekalahan itu secara efektif menghentikan invasi Persia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]